Alumni SMPN 2 Payakumbuh Akt'90 Gelar Pengajian Tahun Baru Islam 1444 H

oleh -318 klik
Alumni SMPN 2 Payakumbuh Angkatan 1990 melaksanakan pengajian dengan tema Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H, Rabu (03/08/2022) di Dangau Kawa Daun, Payolinyam, Kota Payakumbuh. IST
Alumni SMPN 2 Payakumbuh Angkatan 1990 melaksanakan pengajian dengan tema Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H, Rabu (03/08/2022) di Dangau Kawa Daun, Payolinyam, Kota Payakumbuh. IST

JERNIHNEWS.COM-Alumni SMPN 2 Payakumbuh Angkatan 1990 melaksanakan wirid pengajian rutin triwulan, Rabu (03/08/2022) sore di Dangau Kawa Daun, Payolinyam, Kota Payakumbuh. Wirid rutin kali ini bertepatan dengan momentum peringatan Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah. Yang memberikan tausiah adalah Ust. Rinaldi Abu Syafiq.

Joni Hendri alumni SMPN 2 Payakumbuh Akt 1990 yang juga Ketua IKK Jakarta. IST
Joni Hendri alumni SMPN 2 Payakumbuh Akt 1990 yang juga Ketua IKK Jakarta. IST

Sekitar 20-an orang alumni angkatan itu yang datang. Di antaranya Ketua Angkatan Devitra yang juga Kadis Peruhubungan Kota Payakumbuh, Sekretaris Yon Erizon, Bendahara Zendra Rosada Naskah, Albaga Sakti (Tata), Zulfa (Upa), Rini, Reni, Elva Falona (Poppi), Yulia Roza, Epi, Santi, Metri Yenti, Eva, Satria Ningsih (Era) dan lainnya. Turut hadir juga Joni Hendri yang juga Ketua Ikatan Keluarga Koto Nan Godang (IKK) Jakarta yang juga sedang pulang kampung.

Ust. Rinaldi menyajikan materi tentang pentingnya hijrah bagi kaum muslimin, seperti halnya yang dilakukan oleh Nabi Muhammad, SAW bersama para sahabat. Hijrah rasulullah beserta para sahabatnya itu dari Makkah ke Madinah menjadi awal dari penghitungan tahun Hijriyah. Menurut Ust. Rinaldi kaum muslimin perlu melakukan hijrah, yakni hijrah dari kehidupan yang tidak baik kepada kehidupan yang diridhoi oleh Sang Khalik.

Ust. Rinaldi yang juga dikenal luas sebagai salah satu penceramah kondang dan kritis di Sumbar menyampaikan materi lengkap dengan dasar ayat-ayat Alquran dan juga hadis yang relevan dengan tema peringatan tahun baru islam 1444 H.

Wirid rutin triwulan ini semakin menarik dan hangat, karena para peserta aktif bertanya, baik tentang tema yang disajikan atau pun tentang hal lainnya. Ada juga yang bertanya tentang riba, persoalan rumah tangga, tentang dosa gunjing dan lain sebagainya.

Pertanyaan-pertanyaan itu selain dijawab oleh Ust Rinaldi Abu Syafiq, juga ditanggapi atau direpon oleh Ust. Zendra Rosada Naskah, Ust. Devitra dan Ust. Hasbullah. "Alhamdulillah banyak yang antusias bertanya dan berdiskusi," kata Joni Hendri yang merasa gembira dengan silaturahmi yang terus berjalan baik di jajaran alumni SMPN 2 Payakumbuh Angkatan 1990.

Kegiatan yang juga diisi dengan ramah tamah dan membicarakan agenda kegiatan alumni angkatan 1990 ini juga diselingi dengan ngopi bareng dan makan snack. Acara serupa juga digelar tiga bulan sebelumnya di Kisai Agro Cafe dan Resto Payobasung. (erz)