Santri Ponpes Maarif Assaadiyah Gelar Safari Khatib Jumat

oleh -422 klik
Buya H. Sudirman Syair, Pimpinan Ponpes Maarif Assaadiyah. IST
Buya H. Sudirman Syair, Pimpinan Ponpes Maarif Assaadiyah. IST

JERNIHNEWS.COM- Pondok Pesantren (Ponpes) Maarif Assaadiyah Batu Nan Limo Kabupaten Lima Puluh Kota melaksanakan Safari Khatib Jumat dengan menurunkan sejumlah santrinya menjadi khatib jumat di berbagai masjid di wilayah Kabupaten Limapuluh Kota.

Buya Sudirman Syair, Pimpinan Ponpes Maarif Assaadiyah Batu Nan Limo mengatakan, kegiatan safari khatib jumat adalah bagian dari proses pendidikan bagi santri dalam menerapkan ilmu yang telah dipelajari di ponpes.

"Untuk menjadi khatib dibutuhkan keahlian yang khas. Mental yang kuat, ilmu yang cukup, dan terampil dalam menyusun kata-kata, itu perlu latihan," kata Buya Sudirman Syair, di Ponpes Maarif Assaadiyah Batu Nan Limo, Jumat (29/07/2022).

Dalam Safari Khatib Jumat kali ini diturunkan 5 santri sebagai khatib, yakni Rakhel, kelas XII di Masjid Kurai, Kecamatan Suliki. Diko Yosti Pratama, kelas XII di Masjid Raya Koto Tinggi, Irfan Santosa kelas XI di Masjid Pandam Gadang, Sirvan Aqila, Mahasantri, di Masjid Kampung Patai, Azim, kelas IX di Masjid Tan Malaka, Kecamatan Gunuang Omeh.

Buya menambahkan, selain sebagai sarana pembelajaran, kegiatan safari khatib juga bertujuan untuk memperkenalkan dan mendekatkan pesantren Assaadiyah kepada masyarakat. Selain itu juga menghimpun donasi dari masyarakat untuk melanjutkan pendidikan dan pembangunan Ponpes Assaadiyah.

Buya Sudirman Syair berharap, bagi para dermawan, kiranya dapat membantu proses pendidikan dan pembangunan Ponpes yang telah beliau dirikan sejak 27 tahun silam.

"Kepada para dermawan kami ucapkan terimakasih, dan kami selalu berharap kiranya tetap memberikan bantuan dan dukungan. Semoga Allah SWT memberikan balasan yang berlipat ganda," katanya menandaskan. (BM)