Muaro Paiti Juara II Lomba Nagari Tingkat Sumbar 2022

oleh -306 klik
Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo bersama dengan perangkat Nagari Muaro Paiti, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota. IST
Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo bersama dengan perangkat Nagari Muaro Paiti, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota. IST

JERNIHNEWS.COM-Nagari Muaro Paiti, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota meraih terbaik dua dalam lomba desa/nagari dan kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) 2022. Kepastian itu berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumbar Nomor : 414-512-2022.

Pemerintah Nagari Muaro Paiti dan masyarakat nagari yang terletak di kecamatan paling timur Kabupaten Limapuluh Kota ini menyambut kabar gembira ini dengan bangga dan penuh rasa syukur atas sukses meraih juara II.

"Alhamdullilah, warga Muaro Paiti bersyukur dengan prestasi sebagai nagari terbaik II se-Sumbar. Ini membuat Pemerintah Nagari Muaro Paiti semakin termotivasi untuk bahu-membahu dengan warga menjadikan Muaro Paiti lebih maju," kata Camat Kapur IX Wiko Putra, Senin (25/07/2022).

Dengan hasil ini Nagari Muaro Paiti gagal wakili Sumbar pada lomba desa/nagari tingkat Nasional tahun 2022. Desa Kubang Tangah, Lembah Segar, Kota Sawahlunto yang berhasil menjadi Juara I tingkat provinsi, yang berhak mengantongi tiket untuk bertarung di tingkat Nasional.

"Meski sekarang kita belum Terbaik I, setelah ini Pemerintah Nagari Muaro Paiti akan terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan ke warga. Inshaa Allah kita nanti akan menyamai prestasi Nagari Taram," ujar Camat Wiko Putra penuh optimis.

Sebagaimana diketahui, Nagari Taram, Kecamatan Harau pada 2019 lalu yang dipimpin Wali Nagari Defrianto Ifkar mencatat prestasi gemilang sebagai Juara I lomba kelurahan/desa dan kelurahan berprestasi tingkat Nasional pada Regional I Nasional.

"Atas nama pemerintah daerah, kita mengucapkan selamat untuk Pemerintah Nagari Muaro Paiti dan warga, walau pun belum juara I, namun raihan membanggakan dari Nagari Muaro Paiti, justru akan mendorong nagari-nagari lainnya untuk berprestasi," kata Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari (DPMD/N) Limapuluh Kota, Endra Amzar.

Menurut Endra Amzar, Bupati Safaruddin berpesan agar setiap nagari bisa mewujudkan inovasi dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di wilayah masing-masing termasuk dalam menyusun perencanaan pembangunan agar selaras dengan visi dan misi daerah.

"Kepada para wali nagari yang telah dilantik dan telah melaksanakan serah terima jabatan baru-baru ini, agar segara menyusun RPJM Nagari yang sejalan dengan visi dan misi daerah dengan mengutamakan kebutuhan daerah dan masyarakat" ucapnya.

Adapun posisi terbaik Lomba Desa/Nagari se-Sumbar 2022 berturut-turut adalah Terbaik I Desa Kubang Tangah, Lembah Segar, Sawahlunto, Terbaik II Nagari Muaro Paiti, Kapur IX, Limapuluh Kota dan Terbaik III Nagari Gadut, Tilatang Kamang, Agam.

"Masing-masing pemenang diberikan penghargaan dan hadiah, Nagari Muaro Paiti sebagai terbaik II selain memperoleh penghargaan juga akan diberikan hadiah sebesar Rp 20 juta," kata Endra. (syn)