Rektor UNP dan Bupati Limapuluh Kota Teken MoU

oleh -695 klik
Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D bersama jajaran pimpinan UNP dan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo bersama dengan sejumlah kepala OPD saat penandatanganan MoU antara UNP dan Pemkab Limapuluh Kota, Senin (04/07/2022) di Aula Rumah Dinas Bupati. IST
Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D bersama jajaran pimpinan UNP dan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo bersama dengan sejumlah kepala OPD saat penandatanganan MoU antara UNP dan Pemkab Limapuluh Kota, Senin (04/07/2022) di Aula Rumah Dinas Bupati. IST

JERNIHNEWS.COM-Guna meningkatkan kapasitas atau kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah Kabupaten Limapuluh Kota, Pemkab Limapuluh Kota menjalin kerja sama dengan Universitas Negeri Padang (UNP). Kerja sama ini ditandai dengan MoU yang ditandatangani oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D dan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo.

Penandatanganan MoUbertajuk "Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka" berlangsung di pendopo Rumah Dinas Bupati Lima Kota di Labuh Basilang, Senin (04/07/2022). Kemudian, dilanjutkan dengan penandatanganan Kesepakatan Kerja Sama antara Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-UNP dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indrawati.

Tampak hadir, sejumlah dekan lingkup UNP, Wakil Ketua Komisi I DPRD Limapuluh Kota Doni Ikhlas, para asisten serta kepala perangkat daerah Pemkab Limapuluh Kota. Sejauh ini kegiatan serupa juga telah dilakukan dengan Universitas Islam Negeri "Imam Bonjol", Universitas Andalas dan Universitas Muhammadyah Sumatera Barat (UM Sumbar).

Dalam sambutannya Rektor UNP Ganefri mengatakan pihaknya membuka diri untuk bekerjasama seluas-luasnya dengan Pemkab Limapuluh Kota, terutama untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. Perwujudan kerja sama, tambah Ganefri tak lain merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri atas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

UNP selaku institusi perguruan tinggi negeri, dengan sumber daya serta fasilitasnya, kata Rektor UNP pun siap untuk menyukseskan kerja sama dengan Limapuluh Kota. Termasuk program prioritas unggulan Limapuluh Kota di bidang pendidikan dan pariwisata.

"UNP memiliki 9 fakultas dan 117 program studi, serta tak kurang 50.000 mahasiswa siap bersinergi dengan Limapuluh Kota," kata Rektor UNP Ganefri. Untuk memaksimalkan kerja sama selain di bidang pendidikan, pihak UNP juga akan meningkatkan program-program pengabdian masyarakat. Seperti pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh Fakultas dan pelaksanaan KKN Tematis mahasiswa.

Sementara, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo menyampaikan apresiasi kepada UNP, atas perhatiannya kepada peningkatan sumber daya manusia Limapuluh Kota. Terlebih keterlibatan UNP, kata Bupati Safaruddin, sangat diperlukan dalam memperbaiki indikator pembangunan sumber daya manusia berupa nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

"Nilai IPM masih di bawah rata-rata provinsi, ini tugas kita semua untuk meningkatkannya dan Alhamdullilah melalui kerja sama ini kita juga akan dibantu oleh UNP," jelas Bupati Safaruddin.

Di sisi lain, Bupati Safaruddin juga menyampaikan agar UNP memberi peluang peningkatan strata pendidikan 70 wali nagari terpilih diantaranya 68 orang telah dilantik pada tanggal 01 Juli 2022.

"Sebanyak 49 Wali Nagari yang telah dilantik berpendidikan setara SLTA, kita ingin mereka menyandang S1," ujar Bupati Safaruddin. Tentang upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, bagi warga yang belum maksimal menyelesaikan pendidikannya, Bupati Safaruddin minta hal ini menjadi perhatian pemangku kepentingan. Terutama program sertifikasi dengan berbagai kualifikasi seperti Program pendidikan sejenis Paket A, B dan C. "Program untuk setara Paket untuk yg tidak menyelesaikan pendidikan d bangku sekolah akan kita tingkatkan alokasi 2023," kata Bupati Safaruddin menandaskan. (syn)

Sumber: Kominfo Liko