68 Wali Nagari Se-Kab. 50 Kota Dilantik

oleh -704 klik
Sebanyak 68 Wali Nagari terpilih pada pesta demokrasi Pemilihan Wali Nagari (Pilwanag) serentak Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2022 bakal dilantik dan diambil sumpahnya, Jumat (01/07/2022) bertempat di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota. JNC
Sebanyak 68 Wali Nagari terpilih pada pesta demokrasi Pemilihan Wali Nagari (Pilwanag) serentak Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2022 bakal dilantik dan diambil sumpahnya, Jumat (01/07/2022) bertempat di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota. JNC

JERNIHNEWS.COM-Sebanyak 68 Wali Nagari terpilih pada pesta demokrasi Pemilihan Wali Nagari (Pilwanag) serentak Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2022 bakal dilantik dan diambil sumpahnya, Jumat (01/07/2022) bertempat di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari (DPMD/N) Kabupaten Limapuluh Kota, Endra Amzar, Kamis (30/06/2022) mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah selaku wali nagari defenitif untuk masa jabatan 2022-2028 bakal dipimpin langsung oleh Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo. "Insya Allah, besok bakal di lantik oleh Bapak Bupati Safaruddin" katanya.

Dikatakan, dari 70 Wali Nagari terpilih hasil penghitungan suara pada 25 Mei 2022 lalu, sebanyak dua wali nagari terpilih yakni Wali Nagari terpilih Nagari Piobang dan Batu Hampa tidak mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan wali nagari definitif. Sebab, masa jabatan Wali Nagari yang bakal diganti baru berakhir Oktober 2022.

"Persiapan untuk rangkaian acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 68 wali nagari definitif boleh dikatakan sudah rampung, hari ini kami mengadakan gladi resik sebagai persiapan akhir, mudah-mudahan semua nanti berjalan lancar," sebut Endra Amzar.

Ia menyebutkan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan wali nagari definitif akan berlangsung di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota, Sarilamak, Kecamatan Harau. Pada kesempatan itu juga dilakukan pelantikan langsung Ketua TP-PKK Nagari oleh Ketua TP-PKK Limapuluh Kota, Nevi Safaruddin. Malam usai pelantikan, bakal digelar Malam Inaugurasi Pelantikan Wali Nagari 2022.

Dikatakan, untuk mendukung suksesnya pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan wali nagari untuk masa jabatan 2022-2028 telah dilakukan sejumlah rapat koordinasi, di antaranya dengan kepanitian Pilwanag Serentak 2022 serta Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota. Pelaksanaan acara juga mempertimbangkan status pengendalian Covid-19 di daerah.

"Kita minta wali nagari terpilih serta para undangan untuk memperhatikan protokol Covid-19, di pintu masuk nanti kita lakukan juga cek suhu tubuh. Kita juga telah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Limapuluh Kota" sebutnya.

Ia menjelaskan, langkah pembatasan itu dilakukan bertujuan untuk mencegah kerumunan dan mempertimbangkan daya muat Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota. Untuk mengefektifkan pengendalian keamanan dan ketertiban di ruangan dan di lingkungan selama pelaksanaan acara pihaknya juga melibatkan Polres Limapuluh Kota, Dinas Perhubungan, Satpol-PP, BPBD dan Dinas Pemadam Kebakaran.

"Sebelum masuk wajib memperlihatkan surat undangan karena hanya yang memegang undangan yang diizinkan masuk serta sejumlah petugas terkait acara dan wartawan dengan jumlah terbatas," pungkasnya. (syn)