35 Florist Ikut Rakerda, Iwan Pandan Jadi Ketua FIC Sumbar

oleh -734 klik
Para pengusaha papan bunga peserta Rakerda Florist Indonesia Community (FIC) Wilayah Provinsi Sumbar, yang diselenggarakan Selasa (28/06/2022) di Ballroom Hotel Pangeran City, Padang. Ketua FIC Sumbar Zulfikar Steven (Kembang Kreasi Padang) dan Ketua FIK Sumbar terpilih, Ridwan (Pandan Florist Padang) salam komando. (IST)
Para pengusaha papan bunga peserta Rakerda Florist Indonesia Community (FIC) Wilayah Provinsi Sumbar, yang diselenggarakan Selasa (28/06/2022) di Ballroom Hotel Pangeran City, Padang. Ketua FIC Sumbar Zulfikar Steven (Kembang Kreasi Padang) dan Ketua FIK Sumbar terpilih, Ridwan (Pandan Florist Padang) salam komando. (IST)

JERNIHNEWS.COM-Para pengusaha papan bunga yang tergabung dalam Florist Indonesia Community (FIC) Wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) FIC Sumbar ke-1 Selasa (28/06/2022) di Ballroom Hotel Pangeran City, Padang. Salah satu agendanya pemilihan ketua baru. Ridwan, owner Pandan Florist Padang diamanahkan menjadi ketua menggantikan Zulfikar Steven, owner Kembang Kreasi Padang. Tema Rakerda FIC Sumbar 2022, "Bersama Menuju Sukses".

Proses penghitungan suara pemilihan ketua baru FIC Sumbar. ERZ
Proses penghitungan suara pemilihan ketua baru FIC Sumbar. ERZ

Rakerda yang diikuti oleh 35 pimpinan perusahaan atau owner usaha florist dari berbagai daerah di Provinsi Sumbar ini juga diawali dengan prosesi penerimaan anggota baru FIC Sumbar. Mereka dinyatakan resmi bergabung setelah melalui seleksi ketat oleh jajaran kepengurusan FIC Sumbar. Berikutnya rakerda juga membahas program kerja yang telah dilaksanakan oleh FIC Sumbar dan juga yang akan dilaksanakan oleh kepengurusan FIC Sumbar yang baru. Berbagai progres FIC di tingkat nasional juga dipaparkan.

Ricardo (Abi Florist Kota Pariaman) dan Yon Erizon (Amazon Florist Kota Payakumbuh) menunjuk perusahaan florist peserta Rakerda FIC Sumbar 2022. IST
Ricardo (Abi Florist Kota Pariaman) dan Yon Erizon (Amazon Florist Kota Payakumbuh) menunjuk perusahaan florist peserta Rakerda FIC Sumbar 2022. IST

Ketua Panitia Rakerda FIC Sumbar 2022, Ridwan mengatakan, salah satu agenda Rakerda FIC Sumbar tahun 2022 adalah memilih Ketua FIC Wilayah Provinsi Sumbar yang baru, menyusul berakhirnya masa tugas ketua yang lama, Zulfikar Steven. Juga dikatakan bahwa Zulfikar Steven telah memimpin FIC Sumbar selama dua periode. Pemilihan ketua diawali dengan penerimaan secara resmi anggota FIC Wilayah Provinsi Sumbar.

Ridwan mengucapkan selamat datang kepada calon anggota baru FIC Sumbar yang pada Rakerda ini akan disahkan dan diresmikan sebagai anggota baru FIC Sumbar. "Selamat datang kepada rekan-rekan pimpinan atau owner florist dari berbagai daerah di Sumbar pada Rakerda FIC Sumbar Tahun 2022. Salah satu agenda Rakerda kita adalah untuk memilih Ketua FIC Sumbar yang baru," kata Ridwan, saat menyampaikan laporan dan sambutan selaku Ketua Panitia Rakerda FIC Sumbar 2022.

Papan Bunga Ucapan Selamat Rakerda FIC Sumbar 2022. ERZ
Papan Bunga Ucapan Selamat Rakerda FIC Sumbar 2022. ERZ

Sebanyak 24 perusahaan florist di Sumbar yang mendaftar untuk bergabung menjadi anggota FIC Wilayah Sumbar. Setelah dilakukan verifikasi, ternyata yang sudah lengkap persyaratannya sebanyak 22, sedangkan yang belum lengkap 2 perusahaan florist. Dengan demikian, yang dinyatakan sah dan resmi menjadi anggota baru FIC Sumbar sebanyak 22 perusahaan florist. Kini sebanyak 35 usaha florist di Sumbar yang resmi tergabung dalam FIC Sumbar.

Suasana Rakerda FIC Sumbar 2022. IST
Suasana Rakerda FIC Sumbar 2022. IST

Proses Pemilihan Ketua

Papan bunga ucapan selamat Rakerda FIC Sumbar 2022 dengan model terbaru. ERZ
Papan bunga ucapan selamat Rakerda FIC Sumbar 2022 dengan model terbaru. ERZ

Saat pemilihan ketua baru, mayoritas peserta rakerda meminta kesediaan Zulfikar Steven dari Kembang Kreasi Padang untuk kembali memimpin FIC Sumbar. Namun Steven tidak bersedia lagi, karena akan berkiprah di FIC nasional.

"Maaf, saya sudah dua periode memimpin FIC Sumbar. Selanjutnya untuk kemajuan organisasi dan kita bersama, saya akan berkiprah di kepengurusan FIC Nasional. Silahkan kawan-kawan yang lain memimpin FIC Sumbar, biar ada penyegaran dan ini demi lebih majunya organisasi kita," kata pria yang akrab dipanggil Steven itu.

Berikutnya, karena Zulfikar Steven tidak bersedia lagi memimpin FIC Sumbar, maka diajukan empat nama calon oleh para peserta Rakerda FIC, yakni Yon Erizon dari Amazon Florist (Payakumbuh), Ridwan dari Pandan Florist Padang, Rendy dari Rezeki Florist (Padang) dan Ica dari Sabako Florist (Bukittinggi). Namun setelah namanya dicalonkan, Yon Erizon memohon maaf dan menyatakan ketidaksediannya menjadi calon Ketua FIC Sumbar dan menyerahkan kesempatan kepada tiga calon lainnya untuk berkompetisi. Hanya saja Yon Erizon siap mendukung dan menyukseskan program-program FIC Sumbar ke depan.

Dengan demikian, maka tiga kandidat yang dipilih menjadi ketua, yakni Ridwan (nomor urut 1), Rendy (nomor urut 2) dan Ica (nomor urut 3). Ketiga calon sebelumnya merupakan anggota lama, dan juga telah bergabung di dalam kepengurusan FIC Sumbar di bawah kepemimpinan Zulfikar Steven.

Pemilihan dilakukan dengan sistem voting tertutup. Masing-masing peserta memilih salah satu calon dengan menuliskan nomor urut atau pun nama calon di secarik kertas 5x5 cm yang telah disiapkan panitia. Kertas suara dicap dengan stempel FIC Sumbar.

Jumlah peserta Rakerda sebanyak 35 orang pimpinan florist. Sedangkan yang memberikan hak suara 30 orang. Berikutnya suara sah sebanyak 29 suara. Setelah dilakukan penghitungan, maka diperoleh hasil; Ridwan 21 suara, Rendy 3 suara dan Ica 5 suara. Karena Ridwan meraih suara terbanyak, maka owner Pandan Florist itu ditetapkan sebagai ketua terpilih dan nantinya akan lantik oleh pengurus FIC Nasional di ajang Rakernas FIC.

"Karena Ridwan memperoleh suara terbanyak, dengan demikian beliau resmi terpilih sebagai Ketua FIC Sumbar. Selanjutnya beliau akan dilantik oleh Ketua FIC Nasional. Selamat kepada Pak Ridwan," kata Ketua FIC Sumbar, Zulfikar Steven.

FIC Untuk Kemajuan Bersama

Ketua FIC Sumbar Zulfikar Steven mengatakan FIC visi dan misinya adalah untuk kemajuan usaha florist di Indonesia yang bergabung menjadi anggotanya. FIC telah ada di berbagai provinsi di Tanah Air. Melalui FIC para pengusaha florist dapat berkomunikasi atau bekerja sama dengan anggota lainnya yang ada di berbagai daerah. "Tujuan utama FIC untuk kemajuan bersama," kata Steven.

Sehubungan dengan itu, Steven mengajak seluruh anggota FIC Sumbar, baik yang lama atau pun yang baru untuk senantiasa aktif di group Whatsapp, Telegram dan lainnya yang disediakan FIC. Anggota mesti mengikuti atau mendukung agenda dan program-program FIC, sehingga pada akhirnya bisa maju bersama dan sama-sama maju.

"Kalau tidak aktif, dan hanya sekedar terdaftar, tidak ada komunikasi atau tidak ada muncul, ya percuma saja," kata Steven mengingatkan.

Berikutnya Steven juga menyampaikan agenda rutin nasional yang wajib diikuti oleh Ketua FIC Sumbar adalah Rakernas dan Gathering Nasional. Sedangkan anggota juga boleh hadir. Melalui ajang itu bisa bertemu dengan florist dari berbagai provinsi di tanah air, sehingga bisa bertukar informasi dan juga saling berbagi tentang kemajuan di bidang florist. "Di ajang tingkat nasional itu banyak hal-hal positif yang bisa diperoleh. Apalagi bentuk, tampilan dan jenis papan bunga masing-masing daerah berbeda-beda," kata Steven memaparkan.

Peserta Rakerda

Peserta Rakerda FIC Sumbar tahun 2022 adalah sebagai berikut; Kembang Kreasi (Padang), Rezeki Florist (Padang), Pandan Florist (Padang), Platinum Florist (Padang), Rafflesia Florist (Padang), Sabako Florist (Bukittinggi), Akila Florist (Padang), Len Florist (Padang), Queen Florist (Padang), Kembang Asri (Padang), Quinzy Florist (Padang), Sun Florist (Lubuk Basung), Monocrom Florist (Padang), Nayra Florist (Padang), Raisha Florist (Padang), Akan Florist (Padang), dan Yocipa Florist (Padang).

Berikutnya Amazon Florist (Payakumbuh), Nayla Florist (Padang), Ratu Florist (Bukittinggi), Bro Florist (Bukittinggi), Folterlind Florist (Padang), Aleshia Florist (Padang), Elisya Florist (Padang), Mekar Florist (Bukittinggi), Badiko Florist (Payakumbuh), Sari Florist (Padang), Primayuka Florist (Solok), Sun Florist (Bukittinggi), Abi Florist (Pariaman), Sultan Florist (Lubuk Basung), Sultan Florist (Lubuk Basung), Raja Florist (Sijunjung), Pandan Florist (Sijunjung), Azela Florist (Bukittinggi) dan RDS Florist (Padang).(erz)