IK UGS Kota Padang Terus Pererat Silaturahim

oleh -464 klik
Kegiatan Silaturahim Rutin Ikatan Keluarga Ujunggading Sekitarnya (IK UGS) Kota Padang, untuk Bulan Juni 2022 yang dilaksanakan di kediaman anggotanya Salman Sidik, Jl. Cendrawasih, Gg. Pari No. 27 Kel. Air Tawar Barat (ATB) Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Kegiatan berlangsung pukul 10.00 sampai dengan 15.00 WIB dan dihadiri lebih kurang 50 orang atau sekitar 30 keluarga. (IST)
Kegiatan Silaturahim Rutin Ikatan Keluarga Ujunggading Sekitarnya (IK UGS) Kota Padang, untuk Bulan Juni 2022 yang dilaksanakan di kediaman anggotanya Salman Sidik, Jl. Cendrawasih, Gg. Pari No. 27 Kel. Air Tawar Barat (ATB) Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Kegiatan berlangsung pukul 10.00 sampai dengan 15.00 WIB dan dihadiri lebih kurang 50 orang atau sekitar 30 keluarga. (IST)

Para perantau daerah Ujunggading Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dan sekitarnya di Kota Padang yang tergabung dalam paguyuban Ikatan Keluarga Ujunggading Sekitarnya (IK UGS) Kota Padang terus mempererat hubungan silaturahim. Kini IK UGS Kota Padang telah berusia sekitar 30 tahun. Lebih seperempat abad, tapi masih tetap eksis. Bahkan IK UGS Kota Padang terus ingin berkembang hingga ke anak-anak mereka yang berstatus pelajar dan mahasiswa.

Suasana acara silaturahim IK UGS Kota Padang. (IST)
Suasana acara silaturahim IK UGS Kota Padang. (IST)

Tiga orang Dewan Pembina IK UGS Kota Padang telah dipanggil Sang Khalik sejak beberapa bulan lalu. Mereka adalah Rusdi Lubis, Khairuddin dan Yasri Nakman. Ketiga tokoh tersebut adalah sosok yang dikenal luas oleh masyarakat Kota Padang dan bahkan Sumbar. Keluarga besar IK UGS Kota Padang benar-benar kehilangan sosok panutan tersebut. Mereka berperan besar atas keberadaan IK UGS Kota Padang.

Ketua IK UGS Kota Padang, Kombes Pol (Purn) Arsyad Lubis menyampaikan kata sambutan. IST
Ketua IK UGS Kota Padang, Kombes Pol (Purn) Arsyad Lubis menyampaikan kata sambutan. IST

Dari dulu hingga sekarang, sejumlah anggota IK UGS Kota Padang menduduki jabatan strategis pada berbagai bidang, termasuk di jajaran Pemko Padang dan Pemprov Sumbar. Mereka juga ada yang menjadi politisi, pengusaha sukses, bekerja sebagai ASN, BUMD, BUMN, anggota TNI/Polri, pedagang, dosen, guru, wiraswasta dan lain sebagainya.

Sedangkan jajaran kepengurusan IK UGS Kota Padang sekarang adalah sebagai berikut:

  • Ketua : Kombes (Purn) Arsyad Lubis
  • Wakil Ketua : Letkol laut Zulkarni Lubis
  • Sekretaris : Zarwan Lubis
  • Bendahara : Marwan Nasution

Kegiatan IK UGS Kota Padang secara garis besar dapat dibagi tiga bagian, yakni; kegiatan rutin, kegiatan kondisional dan kegiatan jangka pendek.

Sekretaris IK UGS Kota Padang Zarwan Lubis menyampaikan laporan. IST
Sekretaris IK UGS Kota Padang Zarwan Lubis menyampaikan laporan. IST

Kegiatan rutin meliputi :

  1. Silaturahmi sesama anggota, sekali sebulan, yang diadakan dua kali di rumah anggota, dan sekali acara di luar rumah, seperti tempat wisata, rumah makan dan sebagainya.
  2. Setiap Hari Raya Idul Fitri, diadakan kegiatan Halal Bihalal dengan tempat atau lokasinya menyesuaikan.
  3. Membantu, mengurus, melaksanakan; bila ada anggota ditimpa musibah; sakit, wafat, atau musibah/ kasus lainnya.
  4. Mengurus, membantu, menghadiri acara keluarga anggota yang baralek, aqiqah, syukuran, kenduri dan sebagainya.

Kondisional

  1. Membantu warga Ujunggading yang butuh bantuan terutama di Kota Padang, seperti: sakit, menikah ke Padang, atau urusan lainnya.
  2. Membantu/berpartisipasi dalam hal terjadi musibah atau bencana di kampung halaman, baik itu di Ujunggading maupun di daerah Pasbar lainnya.

Program Jangka Pendek

  1. Membina anak-anak anggota IK UGS untuk aktif silaturahim dalam wadah IK UGS Yunior
  2. Pengadaan tanah pemakaman.
  3. Pengadaan rumah singgah di sekitar RSUP M. Damil Padang.

Acara Silaturrahim IK UGS Kota Terbaru

Kuliner khas Ujunggading Pasbar senantiasa dihadirkan pada setiap acara silaturahim IK UGS Kota Padang. IST
Kuliner khas Ujunggading Pasbar senantiasa dihadirkan pada setiap acara silaturahim IK UGS Kota Padang. IST

Acara silaturrahim IK UGS Kota Padang yang terbaru diselenggarakan pada hari Ahad, 19 Juni 2022 di rumah anggota Salman Sidik, Jalan. Cendrawasih, Gg. Pari No. 27 Kelurahan Air Tawar Barat (ATB) Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Kegiatan berlangsung mulai pukul 10.00 sampai dengan 15.00 WIB dan dihadiri lebih kurang 50 orang atau sekitar 30 keluarga.

Hadir saat itu selain pengurus juga tokoh-tokoh Ujunggading yang berada di Kota Padang seperti AKBP (Purn) Azwir Nasution (mantan petinggi Polda Sumbar), Zainal Akil (mantan Ketua PGRI Sumbar), Afrizal, Satria (mantan pejabat Kota Padang) dan lainnya. Berikutnya juga hadir keluarga asal Ujunggading yang berdomisili di Kabupaten Dharmasraya.

Pada kegiatan silaturrahmi Ketua IK UGS Kota Padang Kombes (Purn) Arsyad Lubis mengatakan akhir-akhir ini terasa agak sulit mengajak anggota untuk hadir berlaturrahmi. Yang hadir dalam Acara Silaturrahmi rata-rata hanya sekitar 40 - 50 orang. Padahal diperkirakan jumlah perantau Ujunggading di Kota Padang, mencapai 100 KK.

"Kesulitan ini sangat terasa setelah semua Dewan Pembina IK UGS wafat beberapa bulan lalu.

Walaupun demikian, pengurus tetap bersemangat, dengan harapan mudah-mudahan semakin banyak yang peduli dengan organisasi sosial ini," sebut Arsyad Lubis..

Berikutnya, Arsyad Lubis, mantan pejabat teras Polda Sumbar itu mengatakan bahwa ke depan diwacanakan IK UGS Kota Padang semakin rutin membina anak-anak anggota supaya dapat meningkat kesadarannya tentang pentingnya saling bersilaturrahim.

Arsyad Lubis juga mengungkapkan bahwa selama ini anggota IK UGS Kota Padang, banyak yang berprofesi sebagai pendakwah, ustad dan lainnya. Namun saat ini yang berprofesi demikian mulai langka. "Karena itu diharapkan sahabat-sahabat yang punya kemampuan di bidang dakwah untuk segera bergabung dalam kegiatan sosial ini," katanya mengajak.

Dari Anggota untuk Anggota

Pada bagian lain, Sekretaris IK UGS Kota Padang, Zarwan Lubis mengungkapkan, kegiatan organisasi sosial IK UGS dapat berjalan dengan lancar, berkat dukungan dana operasional yang dikumpulkan sukarela oleh anggota dalam bentuk simpanan. Dana yang terkumpul dijadikan modal usaha, sehingga setiap bulannya ada penghasilan tetap.

Zarwan mengatakan, untuk agenda pertemuan Bulan Juli 2022, akan dilaksanakan di rumah makan, dengan fasilitas musik. Semua biaya ditanggung oleh organisasi.

Sedangkan acara yang dilaksanakan di rumah anggota tuan rumah senantiasa diingatkan untuk berkenan menyiapkan kuliner khas Ujunggading, seperti gulai hiu, rutieng, limbek mosik, gulei toruang, pakai lado kutu.

Berikutnya tuan rumah juga diminta menyiapkan kue-kue ringan, lopek bugih, godok pisang, ladieng-ladiang, godok sipuluk bosoka, kue cucur dan sebagainya. Untuk pembiayaan dibantu oleh organisasi sekitar 75 persen.

"Kalau acara diadakan out door seperti Harau Payakumbuh, Danau Ateh/Bawah, Pantai Piaman dan lainnya, anggota diharapkan bawa makanan masing-masing dengan kuliner khas Ujunggading tersebut dan tidak beli nasi bungkus di rumah makan. Tujuannya supaya saat itu terasa berada dalam suasana kampung halaman. Kegiatan seperti ini, transportasi dan konsumsi perjalanan pulang akan ditanggung organisasi," kata alumni Kampus Orange Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (UNP) itu memaparkan. (adv/pr)