Akhirnya Musda VII LKAAM Payakumbuh Digelar

oleh -261 klik
Peserta  Musda VII LKAAM Kota Payakumbuh, Ahad Ahad (19/06/2022) di Aula Balaikota Payakumbuh. Musda dibuka Wako Payakumbuh Riza Falepi Dt. Kaampek Suku. IST
Peserta Musda VII LKAAM Kota Payakumbuh, Ahad Ahad (19/06/2022) di Aula Balaikota Payakumbuh. Musda dibuka Wako Payakumbuh Riza Falepi Dt. Kaampek Suku. IST

JERNIHNEWS.COM- Setelah terundur hampir 1,5 tahun, akhirnya Musda VII LKAAM Kota Payakumbuh digelar Ahad (19/06/2022) di Aula Balaikota Payakumbuh dan dibuka Walikota Payakumbuh Riza Falepi Dt. Kaampek Suku.

Musda yang direncakan digelar mulai pukul 09.00 WIB itu molor sampai pukul 11.30 WIB, karena menunggu utusan LKAAM Sumbar yang terlambat sampai di lokasi Musda Payakumbuh.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Musda LKAAM Payakumbuh F. Dt. Bandaro Balidah dalam laporannya mengatakan, Musda VII LKAAM Payakumbuh seharusnya digelar Desember 2020, sesuai dengan masa bhakti LKAAM Payakumbuh 2015-2020 yang berakhir Desember 2020, tapi karena saat itu pandemi Covid 19 sedang di puncaknya, sehingga pemberlakuan PPKM di Sumbar, termasuk di Payakumbuh menyebabkan Musda tidak bisa digelar.

Agar tidak terjadi stagnasi organisasi LKAAM Payakumbuh, diterbitkan SK. Plt oleh LKAAM Provinsi Sumbar terhitung Maret 2021 sesuai AD-ART LKAAM dengan Plt Ketua HD. Dt. Paduko Rajo Nan Bagonjong salah seorang pengurus LKAAM Sumbar.

"Karena itulah, baru saat ini bisa Musda VII LKAAM Payakumbuh bisa digelar dengan jumlah peserta 3 orang perwakilan KAN setiap nagari, 2 orang LKAAM kecamatan, 2 orang utusan LKAAM provinsi,dan 15 orang dari unsur pengurus LKAAM sebelumnya," F. Dt. Bandaro Balidah.

Sementara Plt. Ketua LKAAM Payakumbuh HD. Dt. Paduko Rajo Nan Bagonjong mengatakan, karena pandemi sedang di puncaknya tidak biasa digelar Musda tepat waktu,termasuk di Propinsi juga tertunda, baru Maret 2022 lalu dilaksanakan Mubesnya di Batusangkar.

Untuk penunjukan Plt ketua LKAAM Payakumbuh sudah dikomunikasikan dengan Ketua LKAAM Payakumbuh periode sebelumnya, tetapi upaya koordinasi tidak berjalan lancar, telpon Ketua Umum LKAAM Sumbar tidak pernah diangkat Ketua LKAAM Payakumbuh, bahkan sudah saya cari beberakali ke rumahnya, namun juga tidak direspon juga upaya komunikasi Ketum LKAAM Sumbar dengan ketua LKAAM Payakumbuh yang saat itu dijabat Wiranto Dt. Paduko Bosa Marajo.

Selain itu, juga sudah berkoordinasi dengan Wako Payakumbuh, akhirnya disepakati oleh pengurus LKAAM Sumbar menunjuk Plt Ketua LKAAM Payakumbuh dari Provinsi sesuai dengan AD/ART,

Ikut memberikan sambutan pada pembukaan musda itu, Wako Riza Falepi, Ketua DPRD Payakumbuh Hamdi Agus dan Ketua Umum LKAAM Sumbar yang diwakili Dr. Amril Amir Dt. Lelo, dihadiri unsur Forkopinda, Kadis Parpora Desmon Karina bersama jajarannya serta sejumlah Kepala OPD dan Camat se-Kota Payakumbuh. (yus/r)