Lulus 100 Persen, 12 Murid SDN 04 Payakumbuh Raih Nilai Mapel 100

oleh -1119 klik
Orang tua/ Wali murid Kelas VI SDN 04 Kota Payakumbuh memperlihatkan kertas pengumuman kelulusan anaknya setelah membuka amplop yang dibagikan masing-masing wali kelas. Hal ini disaksikan langsung oleh Kepala SDN 04 Kota Payakumbuh Aini S.Pd. Sebanyak 107 murid sekolah ini dinyatakan lulus 100 persen. IST
Orang tua/ Wali murid Kelas VI SDN 04 Kota Payakumbuh memperlihatkan kertas pengumuman kelulusan anaknya setelah membuka amplop yang dibagikan masing-masing wali kelas. Hal ini disaksikan langsung oleh Kepala SDN 04 Kota Payakumbuh Aini S.Pd. Sebanyak 107 murid sekolah ini dinyatakan lulus 100 persen. IST

JERNIHNEWS.COM-Sekolah Dasar Negeri (SDN) 04 Kota Payakumbuh mengumumkan kelulusan murid kelas VI, Rabu (15/06/2022). Seluruh muridnya atau 100 persen murid kelas VI peserta ujian akhir dinyatakan lulus. Jumlahnya 107 murid. Sebanyak 12 orang meraih nilai 100 pada berbagai mata pelajaran (mapel) yang masuk dalam ujian akhir. Bahkan seorang murid ada yang memperoleh nilai 100 pada 2 mapel. Sebanyak 56 murid meraih nilai rata-rata di atas 90.

Kepala SDN 04 Kota Payakumbuh, Aini, S.Pd didampingi empat orang Wali Kelas VI memimpin langsung pengumuman kelulusan murid Kelas VI. ERZ
Kepala SDN 04 Kota Payakumbuh, Aini, S.Pd didampingi empat orang Wali Kelas VI memimpin langsung pengumuman kelulusan murid Kelas VI. ERZ

Kelulusan murid kelas VI tersebut diumumkan secara resmi oleh Kepala SDN 04 Payakumbuh, Aini, SPd dan didampingi empat walikelas VI, yakni Dahlena, S.Pd SD (kelas VI A), Wira Hayu, S.Pd SD (Kelas VI B), Zuharnel Has, S.Pd (Kelas VI C) dan Elmita, S.Pd (Kelas VI D). Pengumuman kelulusan dihadiri orang tua dan wali murid.

Salah seorang murdi didampingi orang tuanya melihat pengumuman kelulusan yang ditempel di papan pengumumam SDN 04 Kota Payakumbuh. ERZ
Salah seorang murdi didampingi orang tuanya melihat pengumuman kelulusan yang ditempel di papan pengumumam SDN 04 Kota Payakumbuh. ERZ

Pengumuman diawali sambutan dan penjelasan dari Kepala SDN 04 Payakumbuh, Aini S.Pd. Kepala Sekolah momohon maaf kepada seluruh orang tua atau wali murid jika terdapat kekhilafan atau kesalahan baik yang disengaja atau pun tidak oleh guru SDN 04 Payakumbuh selama menimba ilmu di sekolah yang beralamat di Jl. Ade Irma Suryani tersebut.

Baca Juga

"Ini ada pertemuan terakhir kita, antara kami para guru dengan Bapak/Ibu Wali Murid di dalam ruangan ini. Karena selanjutnya anak-anak Bapak/Ibu yang lulus akan melanjutkan pendidikan ke SMP atau MTs. Bagi yang tidak lulus, mari kembali mengikuti pembelajaran di sekolah ini," kata Aini.

Penyampaian Kepsek Aini yang demikian, membuat suasana berubah agak tegang. Karena pada ucapan itu tersirat bahwa ada murid yang tidak lulus. Apalagi hal yang hampir senada juga disampaikan sebelumnya oleh Zuharnel Wali Kelas VI C yang ditunjuk menjadi pembawa acara pada pertemuan tersebut.

"Tentang siapa yang lulus atau tidaknya, akan diketahui setelah para wali kelas membagikan amplop yang berisi hasil belajar atau ujian anak-anak Bapak dan Ibu. Kalau hanya satu kata berarti anak Bapak/Ibu lulus. Tapi kalau terdiri dari dua kata berarti tidak lulus dan mesti mengulang lagi di kelas VI," sebut Aini, S.Pd.

Lagi-lagi pengantar Kepsek Aini yang demikian, membuat jantung beberapa orang tua atau wali murid berdenyut makin kencang. Mereka cemas, jangan-jangan yang tidak lulus adalah anak mereka. Terutama yang paling cemas dan merasa tidak tenang, orang tua yang memiliki anak-anak yang hasil belajarnya di rapor selama ini banyak yang berada di bawah KKM.

Sebelum amplop pengumuman kelulusan dibagikan wali kelas masing-masing, terlebih dahulu diumumkan murid kelas VI yang memperoleh peringkat 10 besar dari 107 jumlah total murid Kelas VI SDN 04 Payakumbuh yang mengikuti ujian akhir. Pengumaman dibacakan oleh Wali Kelas VI B Wira Hayu, S.Pd SD.

Mereka yang 10 besar tersebut adalah Azhira Maisarah (nilai rata-rata 98,09) rangking 1 dari Kelas VI D, Izzatul Mufida (nilai rata-rata 97,58) rangking 2 dari Kelas VI A, Syalvio Qatrunnada Felix (nilai rata-rata 97,49) rangking 3 dari Kelas VI C, Kirana Dwi Putri (nilai rata-rata 96,60) rangking 4 dari Kelas VI B dan Ibrahimovic (nilai rata-rata 96,29) rangking 5 dari Kelas VI C.

Berikutnya Nafisa Nazira Putri Permata (nilai rata-rata 96,22) rangking 6 dari Kelas VI D, Aufa Tsabita Hendri (nilai rata-rata 96,00) rangking 7 dari Kelas VI C, M. Fairuz Sailendra (nilai rata-rata 95,94) rangking 8 dari Kelas VI A dan Hafizah Berliana Putri (nilai rata-rata 95,46) rangking 9 dari kelas VI D serta Qirani Assyifa (nilai rata-rata 95,28) rangking 10 dari Kelas VI C.

Sedangkan 12 murid yang memperoleh nilai 100 pada bidang studi tertentu diumumkan oleh Wali Kelas VI A Dahlena, S.Pd SD. Mereka adalah Azhira Maisyarah memperoleh nilai 100 pada mata pelajaran IPA dari Kelas VI D, Izzatul Mufida memperoleh nilai 100 pada mata pelajaran PPKN dan Matematika dari Kelas VI A, Syalvio Qatrunnada Felix memperoleh nilai 100 pada mata pelajaran Matematika dari Kelas VI C, Kirana Dwi Putri memperoleh nilai 100 pada mata pelajaran PPKN dari Kelas VI B, Ibrahimovic memperoleh nilai 100 pada mata pelajaran IPS dari Kelas VI C dan Aufa Tsabita Hendri memperoleh nilai 100 pada mata pelajaran PAI dari Kelas VI C.

Selanjutnya, Hafizah Berliana Putri memperoleh nilai 100 pada mata pelajaran PPKN dari Kelas VI D, Fikrar Maulana Benhart memperoleh nilai 100 pada mata pelajaran Matematika dari Kelas VI A, Putri Zahrani memperoleh nilai 100 pada mata pelajaran PAI dari Kelas VI B, Viqal Fattah Nofelan memperoleh nilai 100 pada mata pelajaran PAI dari Kelas VI B dan Aksel Raziq Anantha memperoleh nilai 100 pada mata pelajaran Matematika dari Kelas VI C serta Ferli Hidayatul Akbar memperoleh nilai 100 pada mata pelajaran Matematika dari Kelas VI C.

"Kali ini ternyata ada sejumlah anak kita yang memperoleh nilai 100 di luar dugaan. Selama ini mungkin rangkingnya jauh, tidak juara ternyata memperoleh nilai ujian akhir 100. Selamat kepada anak-anak kami yang memperoleh nilai 100," kata Dahlena.

Berikutnya dilanjutkan dengan pembagian amplop pengumuman kepada orang tua wali murid. Amplop dibagikan oleh masing-masing wali kelas. Setelah semuanya dibagikan, kemudian diminta oleh Kepsek Aini membuka amplop secara serentak. "Ada yang tidak lulus, anak Bapak dan Ibu?" tanya Kepsek Ani.

Ternyata tidak ada satu pun yang menyahut anaknya tidak lulus. "Alhamdulillah, ternyata anak-anak kita lulus 100 persen Bapak dan Ibu. Selamat ya Bapak dan Ibu," kata Kepsek Aini.

Sontak seluruh orang tua/wali murid riuh gembira karena anaknya lulus semuanya. "Alhamdulilah," kata mereka serempak. (erz)