Dihadiri Gubernur Sumbar, Halal Bihalal IKPB Jakarta Raya Tersukses

oleh -954 klik
Gubernur Sumbar Mahyeldi, Bupati Pasbar Hamsuardi, Ketua DPRD Pasbar Erianto, Ketua IKPB Jakarta Raya Gontam Yusuf dan sejumlah tokoh di sela-sela Halal Bihalal IKPB Jakarta Raya, Sabtu (11/06/2022) di Gedung Pusdiklat Pajak BPPK Kemanggisan Jakarta Barat. IST
Gubernur Sumbar Mahyeldi, Bupati Pasbar Hamsuardi, Ketua DPRD Pasbar Erianto, Ketua IKPB Jakarta Raya Gontam Yusuf dan sejumlah tokoh di sela-sela Halal Bihalal IKPB Jakarta Raya, Sabtu (11/06/2022) di Gedung Pusdiklat Pajak BPPK Kemanggisan Jakarta Barat. IST

JERNIHNEWS.COM- Para perantau yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Pasaman Barat (IKPB) Jakarta Raya dan Sekitarnya menyelenggarakan halal bihalal (HBH), Sabtu (11/06/2022) di Gedung Pusdiklat Pajak BPPK Kemanggisan Jakarta Barat. Acara HBH yang turut dihadiri Gubernur Sumbar Mahyeldi itu terbilang paling sukses selama keberadaan IKPB Jakarta Raya.

Suasana Halal Bihalal IKPB Jakarta Raya. IST
Suasana Halal Bihalal IKPB Jakarta Raya. IST

IKPB Jakarta Raya benar-benar baralek gadang di ajang HBH tahun 2022 atau pasca Hari Raya Idul Fitri 1443 H ini. Semua tokoh yang berkompeten turut hadir. Mereka di antaranya Bupati Pasbar H. Hamsuardi, Ketua DPRD Pasbar Erianto, Wakil Ketua DPRD Pasbar Daliyus dan Hendra Pratama, anggota Banggar DPR-RI Charles Meikiansyah, Perwakilan Pemprov DKI Marulitua, Ketua LKAAM mamak Khaidir, Sekjen DPP IKM (Ikatan Keluarga Minang) Hj.Yemmelia, Sekjen BK3AM, Ketua DPD IKM Jakarta Barat Tuanku Bosa, Walinagari dan Ketua Bamus Kajai serta tokoh- tokoh masyarakat Pasbar di Jakarta.

Gubernur Sumbar Mahyeldi, Bupati Pasbar Hamsuardi, Ketua IKPB Jakarta Raya Gontam Yusuf, Ketua DPRD Pasbar Erianto dan Anggota DPR RI Charles Meikiansyah menghadiri acara HBH IKPB Jakarta Raya. IST
Gubernur Sumbar Mahyeldi, Bupati Pasbar Hamsuardi, Ketua IKPB Jakarta Raya Gontam Yusuf, Ketua DPRD Pasbar Erianto dan Anggota DPR RI Charles Meikiansyah menghadiri acara HBH IKPB Jakarta Raya. IST

Ketua Umum Ikatan Keluarga Pasaman Barat (IKPB) Jakarta Raya dan Sekitarnya Drs. H. Gontam Yusuf, MM sungguh gembira dan bangga atas suksesnya acara HBH IKPB Jakarta Raya tahun 2022. Dia pun tampil bersemangat ketika memberikan kata sambutan di hadapan lebih dari 500 ratusan orang warga IKPB Jakarta yang hadir. "IKPB Jaya, IKPB Jaya, IKPB Jaya," kata Gontam berteriak sembari diikuti oleh semua hadirin, termasuk Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Selaku Ketum IKPB Jakarta Raya, Gontam bersyukur dan terima kasih mendalam atas kehadiran Gubernur Sumbar, Perwakilan Gubernur DKI, Bupati Pasbar dan Ketua DPRD Pasbar dan tokoh tokoh lainnya dalam acara HBH IKPB Jakarta Raya. Dia pun mengutarakan pujiannya atas membeludaknya warga IKPB hadir di HBH kali ini.

Para tokoh di acara halal bihalal IKPB Pasbar. IST
Para tokoh di acara halal bihalal IKPB Pasbar. IST

Helatan akbar HBH IKPB Jakarta Raya ini semakin paripurna karena dipersiapkan dengan baik dan optimal. Hadirin pun terasa berada di kampung halaman. Pasalnya banyak tarian dari kampung halaman yang ditampilkan, seperti tari pasambahan, tari gelombang, dan tari piring, serta acara hiburan /musik dengan penyanyi kondang Minang Dewi Bunga dari Jakarta asal Solok. Yang tak kalah hebat juga disuguhkan berbagai kuliner khas Pasbar, seperti gulai ikan hiu, limbek masiak, goreng jengkol, soto daging, sate padang, lontong sayur, lamang tapai, bubur kampiun, lapek sagan, buah segar dan lainnya.

Gubernur Sumbar Mahyeldi, Bupati Pasbar Hamsuardi dan para tokoh. IST
Gubernur Sumbar Mahyeldi, Bupati Pasbar Hamsuardi dan para tokoh. IST

Dalam sambutannya Gontam Yusuf juga menyampaikan program kerja yang telah dan akan dilaksanakan oleh IKPB Jakarta Raya. Program kerja tersebut dilaksanakan di rantau dan di ranah atau kampung halaman. Untuk di ranah kampung halaman, IKPB Jakarta Raya juga turut menunjukkan kepedulian atas musibah bencana gempa yang terjadi di Pasbar dan Pasaman di awal tahun 2022 lalu.

Bupati Pasbar Hamsuardi. IST
Bupati Pasbar Hamsuardi. IST

Kondisinya sekarang, kepedulian dan kebersamaan warga IKPB Jakarta terus meningkat. Karena itu Gontam terus mengajak agar sinergi antara rantau dan ranah di dalam membangun Pasbar agar lebih maju lagi terus ditingkatkan ke depan.

Gubernur Sumbar Mahyeldi membuka acara HBH IKPB Jakarta Raya secara resmi. IST
Gubernur Sumbar Mahyeldi membuka acara HBH IKPB Jakarta Raya secara resmi. IST

"Mari memelihara hubungan silaturrahmi yang baik dan menjaga kekompakan yang solid, baik sesama warga IKPB Jaya maupun antara Pemda Pasbar dengan IKPB Jaya," ajak Gontam.

Tema HBH IKPB Jakarta Raya tahun ini adalah "Membangun sinergitas seluruh potensi ranah dan rantau mewujudkan Pasbar yang lebih maju dan beradab" .

Gubernur: Pasbar Tersubur di Indonesia

Gubernur Sumbar Mahyeldi merasa senang dan bangga atas undangan HBH yang dilaksanakan IKPB Jakarta Raya. Dia memuji kesuksesan dan kemeriahan acara HBH ini. Apalagi unsur yang hadir sangat lengkap dan warga yang datang juga sangat ramai. Karena itu pula, Mahyeldi betah hadir berlama-lama di acara HBH IKPB Jakarta Raya.

"Acara ini sangat menyenangkan dan acara IKPB Jaya ini merupakan tempat yang paling lama saya berada (hadir-red)," kata Gubernur Mahyeldi.

Mantan Walikota Padang itu berterima kasih atas kontribusi para perantau terhadap kampung halaman. Dia menyebut sebanyak Rp2,5 triliun devisa setiap tahun berasal dari perantau yang dikirim ke kampung halaman, termasuk di antaranya perantau Pasbar yang tergabung dalam IKPB Jakarta Raya.

"Pada Hari Raya Idul Fitri 1443 H, sebanyak 1,5 juta orang perantau pulang mudik ke kampung halaman di Sumbar," ujar Gubernur sembari mengatakan rata-rata perantau yang juga berwisata di kampung halaman menghabiskan kurang lebih Rp 1 juta perhari.

Mahyeldi mengatakan kekuatan dan sinergi antara warga rantau dan ranah perlu dibangun terus. Ia mengimbau IKPB harus maju terus membangun sinergi dengan Pemkab Pasbar. "Setiap elemen di Sumbar harus kompak," sebut Mahyeldi.

Gubernur Sumbar memuji bumi Pasbar sebagai tanah paling subur di Indonesia. Karena itu Buya Mahyeldi Ansharullah mendorong pembangunan Pasbar. Mahyeldi mendorong pertumbuhan ekonomi di sektor perkebunan yang ada, khususnya jenis perkebunan kelapa sawit.

"Untuk itu kami berharap dukungan semua, insyaallah Pasbar kita sudah terhubungkan dengan Sumut yang nanti ujungnya ke Teluk Tapang sudah dibangun," ungkap Mahyeldi.

Targetnya, tahun 2022-2024 akan dibangun jalan sepanjang 239 km ke Teluk Tapang. Mahyeldi pun memohon dukungan kepada semua perantau Pasbar agar akses ke Teluk Tapang segera dibuka.

Menurutnya, Air Bangis nantinya akan menjadi pusat pertumbuhan baru. Adapun konsep yang dikembangkan oleh Pemprov Sumbar yaitu memaksimalkan potensi daerah perbatasan, seperti perbatasan Pasbar tersebut.

"Kita kembangkan secara maksimal sehingga nanti undang-undang sawit untuk bagi hasil perkebunan sudah ada, nanti Pasbar paling banyak," imbuh Mahyeldi.

Gubernur Sumbar itu mengaku memperjuangkan UU bagi hasil perkebunan sawit yang ada di Pasbar hingga disahkan DPR RI.

"Otomatis daerah Air Bangis akan menjadi salah satu menara perkembangan pertumbuhan yang akan lebih baik lagi insyaallah," harapnya.

Ia mengatakan Teluk Tapang sudah mulai mengekspor bijih besi. Otomatis ini juga akan bermanfaat untuk masyarakat Pasbar.

"Memang kita memperhatikan daerah perbatasan karena selama ini jarang perhatian, sementara itu strategis, mohon doa. Ketika Pak Jokowi meminta Pemprov tolong bawa air dan tanah, maka tanahnya saya bawa dari Pasbar," sebut Mahyeldi.

"Karena memang setelah diteliti tanah di Pasbar paling subur di Indonesia, makanya sawitnya itu subur. Mudah-mudahan kesuburan seperti ini dengan program Pak Bupati memperkuat spiritual masyarakat, maka keberkahan akan diturunkan oleh Allah," harap Mahyeldi.

Bupati Hamsuardi Perangi Narkoba

Bupati Pasbar H. Hamsuardi dalam sambutannya mengatakan sudah banyak kemajuan yang dicapai oleh Pemkab Pasbar. Namun demikian, ada penyakit masyarakat yang kini dihadapi Pasbar, yakni masalah narkoba. Hamsuardi ingin memerangi narkoba dan menumpas habis narkoba di Pasbar.

"Narkoba sudah lama menghantui Pasbar. Maka dari itu mari kita kompak menumpas barang haram itu," ujar Bupati.

Ia mengatakan jalan ke Mandiangin akan segera dibangun agar Mandiangin bisa terhubung dengan Katiagan. Menanggapi keinginan organisasi Ikatan Keluarga Minang (IKM), seperti disampaikan Sekjennya Yemmelia, Bupati akan menyediakan tanah jika IKM ingin mendirikan rumah sakit untuk menangani korban narkoba di Pasbar.

Bupati Hamsuardi juga mengatakan para perantau kalau pulang kampung nanti tidak akan menemukan kemacetan lagi di Simpang Empat karena dari Bundaran Simpang Empat akan dibangun jalan lebar menuju Kantor Bupati di Pasaman Baru.

Ketua DPRD Pasbar Erianto Ajak Saling Dukung

Sedangkan Ketua DPRD Pasbar Erianto mengungkapkan hubungan DPRD Pasbar dengan Pemkab Pasbar sangat harmonis. Sudah terjadi sinergi saling dukung yang sangat bagus. Seluruh elemen yang ada di dewan sering mengadakan diskusi yang intens dengan pihak SKPD di Pemkab Pasbar. Diskusi untuk mencari solusi terbaik buat Pasbar.

"Karena tupoksi Dewan yang mengontrol jalannya pemerintahan, maka fungsi ini akan terlihat dari kerjasama saling dukung," ujar Erianto.

Ia mengakui bahwa di sana sini masih terlihat ada kekurangan. Namun itu adalah bagian dinamika yang harus dicermati dengan baik. Sebab, di DPRD Pasbar, anggota beragam dari partai politik, dan pendapat suka berbeda, tapi harus disamakan kalau sudah menyangkut hajat orang banyak.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Pasbar Daliyus, mengatakan bahwa kondisi saat ini enak sekali. Di mana kerja sama Pemkab dengan anggota Dewan berjalan dengan baik. Diharapkan hubungan yang baik dan transparan ini dapat berbuah manis bagi masyarakat Pasbar.

"Kita tidak henti-hentinya mengingatkan kepada Bupati serta jajarannya jika ditemukan kejanggalan dalam pekerjaan mereka. Ini sesuai dengan tupoksi kami sebagai anggota dewan," ujarnya.

IKPB Memiliki Potensi Besar

Charles Meikiansyah, anggota DPR RI asal Maligi, Pasbar selaku Ketua Dewan Pembina IKPB Jaya mengatakan IKPB Jaya sangat berpotensi untuk membangun ranah dan rantau. Menurutnya SDM IKPB Jaya banyak yang berkualitas. Karena itu diminta kepada Pemkab Pasbar agar perbanyak berkomunikasi dengan perantau.

Politisi Senayan itu melihat banyak yang harus dibenahi di Pasbar, terutama PAD (pendapatan asli daerah) harus ditingkatkan. "Program-program harus diperbanyak dan mesti menyentuh ekonomi seluruh masyarakat Pasbar," kata Charles yang berasal dari Dapil Kabupaten Lumajang.

Tokoh Pasbar di Kota Padang Drs. Zarwan Lubis mengapresiasi suksesnya penyelenggaraan HBH IKPB Jakarta Raya. Dia bangga dan bersyukur perantau Pasbar yang ada di Jakarta dan sekitarnya solid dan kompak. Diharapkan kesuksesan HBH IKBP tersebut menjadi poin penting dan penyemangat untuk terus berkontribusi serta bersinergi membangun Pasbar agar lebih maju dan jaya. "Syukur alhamdulillah, selamat dan kita mengapresiasi halal bihalal yang sungguh luar biasa tersebut. Ayo bersama, bersinergi membangun Pasbar," kata alumni Kampus Orange FT UNP yang berprofesi sebagai pengusaha konstruksi tersebut. (adv/pr)