Pemkab 50 Kota Gelar Lomba Cerdas Quran

oleh -783 klik
Pemkab Limapuluh Kota kembali menyelenggarakan Lomba Cerdas Quran bekerjasama dengan Padang TV. Kegiatan ini dibuka Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, di Gedung IPHI Sarilamak, Senin (13/06/2022). IST
Pemkab Limapuluh Kota kembali menyelenggarakan Lomba Cerdas Quran bekerjasama dengan Padang TV. Kegiatan ini dibuka Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, di Gedung IPHI Sarilamak, Senin (13/06/2022). IST

JERNIHNEWS.COM- Setelah sukses tahun 2021 lalu, Pemkab Limapuluh Kota kembali menyelenggarakan Lomba Cerdas Quran bekerjasama dengan Padang TV. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, di Gedung IPHI Sarilamak, Senin (13/06/2022).

Kompetisi Cerdas Quran ini merupakan Kompetisi antar sekolah dan diikuti oleh siswa-siswi tingkat SD dan SMP di Limapuluh Kota. Pada tahun kedua ini mengusung konsep lomba berbeda dibanding tahun pertama, di mana kini dipadukan dengan Adat dan Budaya Minangkabau.

"Ini bertujuan agar para pelajar dapat memahami keselarasan adat dan agama di Minangkabau," kata Bupati dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu, Bupati mengapresiasi langkah Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota dan Padang TV yang memadukan program Cerdas Quran dengan Adat Budaya Minangkabau.

"Tentunya program ini selaras dengan visi daerah sebagai upaya dalam mewujudkan Kabupaten Limapuluh Kota yang madani, beradab dan berbudaya," kata Bupati.

Ia berharap para peserta dapat memaknai falsafah adat Minangkabau, Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, sehingga akan muncul ahli Al Quran yang paham dengan keselarasan Adat Budaya Minangkabau di Kabupaten Limapuluh Kota di masa mendatang.

"Semoga kompetisi ini dapat digelar setiap tahun agar melahirkan generasi yang Qur'ani dan berbudaya. Saya mengajak pendidik maupun orang tua untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran dan disiplin kepada anak sejak dini, yang nantinya menjadi pondasi dalam pembentukan karakter akhlak mereka pada zaman yang serba digital saat ini," sebut Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Indrawati mengungkapkan rasa terimakasih dan apresiasi kepada perangkat sekolah maupun orang tua yang memiliki keinginan secara bersama dalam melahirkan anak cerdas, beriman, dan berbudaya. Ia mengatakan, kegiatan Cerdas Quran itu akan di laksanakan selama 11 hari.

"Lomba ini akan berlangsung mulai 13 Juni hingga 23 Juni mendatang. Saya berharap ke depannya program ini berlanjut setiap tahun. Tentu dengan dukungan orang tua terhadap anaknya agar menjadi hafiz maupun hafizah yang berbudaya," jelas Indrawati.

Ia juga mengajak para guru untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu dan pembelajaran berkualitas guna tercapainya masyarakat yang madani, beradat, dan berbudaya dalam kerangka Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. (syn)