Harimau Masuk Dapur Warga

oleh -696 klik
Harimau yang memasuki dapur warga di Nagari Aia Manggih, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Senin (13/06/2022) sekitar pukul 06.00 WIB berhasil dievakuasi  BKSDA Pasaman pada siang harinya. IST
Harimau yang memasuki dapur warga di Nagari Aia Manggih, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Senin (13/06/2022) sekitar pukul 06.00 WIB berhasil dievakuasi BKSDA Pasaman pada siang harinya. IST

JERNIHNEWS.COM- Seekor harimau memasuki dapur warga di Kampung Toko, Jorong Rumah Nan XXX, Nagari Aia Manggih, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Senin (13/06/2022) sekitar pukul 06.00 WIB.

Rumah tersebut adalah milik Afrizal. Sedangkan harimau itu jenis harimau dahan. Pengakuan Afrizal, dia melihat harimau berjalan tergopoh gopoh di jalan kampung. Lalu hewan dilindungi itu masuk parit, dan kemudian bersembunyi di dapur rumahnya yang tidak berdinding.

Kaget dengan kehadiran hewan buas itu, Afrizal pun memberitahukan kepada tetangganya. Kabar tersebut pun cepat tersebar. Selanjutnya beberapa warga pun melaporkannya kepada Babhin Khantibmas Air manggis, Bripka Karnadi, sekitar pukul 07.30 WIB. Selanjutnya Bripka Kamardi melaporkannya lagi ke KSDA Pasaman satu jam kemudian.

Guna mengantisipasi terjadinya hal yang mengancam nyawa warga, petugas KSDA Pasaman membius harimau dahan itu. Setelah tiga kali pembiusan, namun tidak membuahkan hasil. Akhirnya, dibantu warga, harimau digiring masuk kerangkeng dengan menggunakan kayu galah dan tali. Upaya pun berhasil.

Upaya evakuasi berlangsung selama empat jam. Harimau dahan berbulu gelap itu sempat seperti akan lari. Ratusan warga yang ikut menyaksikan juga merasa tegang, karena ada juga rasa kekhawatiran jangan-jangan harimau dahan tersebut menyerarang warga yang menonton.

Jajaran Polres Pasaman, Satpol PP dan Damkar sudah disiagakan di tempat kejadian perkara (TKP) guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Keselamatan warga dijaga demikian pula dengan keselamat harimau dahan.

Kepala Seksi KSDA Wilayah 1 Pasaman, Khairi Ramadhan mengatakan harimau yang memasuki perkampungan warga itu adalah jenis macan dahan. Habitat hidupnya di hutan. Setelah berhasil dievakuasi, selanjutnya si harimau dahan dibawa ke KSDA Lubuk Sikaping. Akan dilakukan penelitian atau observasi penyebab harimau tersebut masuk ke area perkampungan. Setelah kondisi harimau dahan itu baik dan sehat, maka akan dibawa ke kawasan konservasi Sumbar untuk di lepas kembali ke habitanya. (tio/pr)

Sumber: rangkiangnagari.com