PWI Luhak Limopuluah Akan Gelar UKW dan Konfercab

oleh -437 klik
Kunjungan Silaturahmi Pengurus PWI Cabang Kabupaten Limapuluh Kota - Kota Payakumbuh ke Dinas Kominfo Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (06/06/2022). Dari kanan, Kadis Kominfo Eki H. Purnama, Ketua PWI Luhak Limopuluah Yusrizal, Bendahara PWI Nahar Sago, anggota Medio Agusta, dan Sekretaris Dinas Kominfo Nuzul Firman. ERZ
Kunjungan Silaturahmi Pengurus PWI Cabang Kabupaten Limapuluh Kota - Kota Payakumbuh ke Dinas Kominfo Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (06/06/2022). Dari kanan, Kadis Kominfo Eki H. Purnama, Ketua PWI Luhak Limopuluah Yusrizal, Bendahara PWI Nahar Sago, anggota Medio Agusta, dan Sekretaris Dinas Kominfo Nuzul Firman. ERZ

JERNIHNEWS.COM-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh akan menyelenggarakan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) dan Konferendi Cabang (Konfercab).

Hal tersebut terungkap dalam pertemuan atau kunjungan silaturahmi Pengurus Cabang PWI Kabupaten Limapuluh Kota - Kota Payakumbuh ke Dinas Kominfo Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (06/06/2022) di Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Limapuluh Kota, Ibuh, Payakumbuh.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua PWI Cabang Kabupaten Limapuluh Kota-Kota Payakumbuh Yusrizal, Bendahara Nahar Sago, anggota PWI Medio Agusta dan Yon Erizon. Kunjungan silaturahmi ini disambut oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Limapuluh Kota Eki H Purnama dan Sekretaris Dinas Kominfo Nuzul Firman.

Dalam pertemuan tersebut Ketua PWI Cabang Luhak Limopuluah, Yusrizal, mengatakan direncanakan sekitar bulan Juli atau Agustus 2022 akan dilaksanakan UKW oleh PWI Cabang Kabupaten Limapuluh Kota. Peserta diperkirakan sebanyak 24 orang. Penguji dari PWI Sumbar dan juga PWI Pusat serta Dewan Pers.

UKW tersebut dimaksudkan untuk menguji dan meningkatkan kompetensi atau kemampuan jurnalistik para wartawan. Materi ujian kompetensi meliputi pengetahun tentang kode etik jurnalistik, UU Pers, peliputan, wawancara, menulis berita dan jaringan kepada nara sumber.

Para peserta juga diuji langsung kemampuannya di dalam menulis berita, merencanakan liputan, rapat redaksi, membuat tajuk, dan lainnya. Materi ujian tergantung kepada tingkatan kompetensi yang diikuti, meliputi muda, madya dan utama.

"Jadi ini dalam rangka meningkatkan mutu, kualitas atau kemampuan wartawan di daerah kita. Sehingga bisa menjalankan tugas jurnalistik lebih profesional," sebut Yusrizal.

Berikutnya, Yusrizal juga mengatakan setelah berkonsultasi dengan PWI Sumbar, direncanakan UKW sebanyak 3 kelas, yakni 24 orang. Masing-masing kelas 8 orang. Berkemungkinan didominasi untuk peserta level muda. Dalam UKW ini hasilnya nanti, akan ada peserta yang dinyatakan lulus dan ada pula yang tidak lulus. Yusrizal sangat berharap agar semua peserta UKW lulus. Agar bisa lulus para peserta tentu harus mempersiapkan diri seoptimal mungkin.

Hal-hal tadi, penting disampaikan Yusrizal kepada Kadis Kominfo Limapuluh Kota, Eki H Purnama, karena akan menggunakan dana hibah untuk PWI Cabang Limapuluh Kota dari APBD Kabupaten Limapuluh tahun 2022 yang pos dananya terdapat pada Dinas Kominfo.

Lebih lanjut Yusrizal juga mengungkapkan bahwa pelaksanaan kegiatan UKW juga akan disejalankan dengan Konfercab PWI Kabupaten Limapuluh Kota-Kota Payakumbuh. Konfercab dimaksudkan untuk memilih ketua dan jajaran pengurus baru. Pasalnya masa tugas pengurus PWI yang ada sekarang telah habis. Untuk sementara, maka PWI Sumbar menunjuk Pelaksana Tugas (Plt).

"Momen UKW ini juga disejalankan dengan Konfercab PWI untuk memilih pengurus baru," kata Yusrizal menegaskan.

Kadis Kominfo Limapuluh Kota, Eki H Purnama, menyambut baik kunjungan silaturahmi Ketua PWI Cabang Kabupaten Limapuluh Kota-Kota Payakumbuh, Yusrizal dan Bendahara Nahar Sago bersama jajaran. Eki juga mengapresiasi dan mendukung rencana pelaksanaan UKW yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh.

"UKW ini sangat penting, agar wartawan berkompeten atas profesinya. Karena itu kami Dinas Kominfo siap mendukungnya. Kita ingin semua peserta bisa lulus. Agar bisa lulus sebaiknya dilaksanakan terduhulu pelatihan jurnalistik sebelum UKW. Apalagi biaya UKW ini kan juga cukup tinggi," sebut Eki yang didampingi Sekretaris Dinas Kominfo Nuzul Firman.

Eki berharap agar kegiatan UKW ini dipersiapkan sebaik mungkin, sehingga pelaksanaannya lancar dan sukses. Dia juga mendukung kegiatan UKW disejalankan dengan Konfercab PWI Kab. 50 Kota - Kota Payakumbuh. "Sekali dayung, dua tigo pulau talampau," sebut Eki.

Kunjungan silturahmi Pengurus PWI Cabang Luhak Limopuluah ke Dinas Kominfo Kabupaten Limapuluh Kota ini berlangsung dalam suasana yang akrab dan kekeluargaan. Selain membahas hal-hal pokok, pertemuan ini juga diselingi guyonan serta saling berbagi kabar. (erz)