Formula E Jakarta Sukses!

oleh -312 klik
Balapan Formula E Jakarta, Sabtu (04/06/2022) yang berjalan lancar dan sukses. NET
Balapan Formula E Jakarta, Sabtu (04/06/2022) yang berjalan lancar dan sukses. NET

JERNIHNEWS.COM- Penyelenggaraan event Formula E Jakarta mengukir sejarah bagi dunia motorsport di Tanah Air. Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menyebut keberhasilan menjadi tuan rumah Formula E menjadi prestasi tersendiri bagi Indonesia.

Presiden Jokowi, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Gubernur DK Jakarta Anis Baswedan dan sejuumlah menteri dan pejabat negara di Balapan Formula E Jakarta 2022. NET
Presiden Jokowi, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Gubernur DK Jakarta Anis Baswedan dan sejuumlah menteri dan pejabat negara di Balapan Formula E Jakarta 2022. NET

"Sebuah prestasi yang membanggakan, mengingat untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia menjadi yang pertama menyelenggarakan Formula E musim 2022. Terlebih Formula E bukan sekadar ajang balap, melainkan juga membawa pesan dan misi penting bagi penduduk dunia untuk mempercepat migrasi kendaraan berbahan bakar minyak ke bermotor listrik yang lebih ramah lingkungan. Hal ini sangat sejalan dengan visi dan misi IMI," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Sabtu (04/06/2022).

Usai menyaksikan Jakarta e-Prix 2022, di JIE Circuit, Ancol, Jakarta Utara, Ketua MPR RI itu pun mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan Jakarta e-Prix 2022 di bawah kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Chairman Organizing Committee Jakarta e-Prix 2022 Ahmad Sahroni serta Steering Committee Tinton Soeprapto. Ia menyatakan event Formula E membuat Indonesia semakin dikenal di kancah event motorsport dunia.

Ketua DPR RI ke-20 itu juga mengapresiasi langkah panitia pelaksana Jakarta e-Prix 2022 yang turut memberikan kesempatan kepada lebih dari 260 UMKM menjajakan produknya di arena JIE Circuit. Para pelaku UMKM ini bukan hanya berasal dari binaan Jakpreneur, tetapi juga berasal dari 10 provinsi di Indonesia, di antaranya Jambi, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.

"Apresiasi juga harus diberikan kepada para pembalap Formula E yang telah bekerja keras menaklukan JIE Circuit. Memacu adrenalin sekaligus menghibur para penonton yang menyaksikan langsung di sirkuit maupun melalui tayangan televisi. Selamat kepada Mitc Evans dari Jaguar Racing yang berhasil finish di urutan pertama. Disusul Jean Eric Vergne dan tim Techeetah, dan Edoardo Mortara dari tim Venturi. Mereka telah mencetak sejarah sebagai pembalap pertama yang berhasil naik podium setelah menaklukan JIE Circuit," tutur Bamsoet.

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia itu memaparkan selain Jakarta e-Prix 2022 (Formula E), IMI juga akan menyelenggarakan berbagai kejuaraan otomotif berskala internasional. Beberapa event yang dimaksud, antara lain FIM Motocross World Championship MXGP of Indonesia 2022 pada 24-26 Juni 2022 di Rocket Motor Circuit, di Samota, Sumbawa, NTB. Kemudian FIM MiniGP Indonesia Series 2022 sebanyak 6 putaran akan dimulai pada 16 Juli 2022 di Sirkuit Internasional Karting Sentul, Bogor.

"Kemudian ada FIA Asia Pacific Rally Championship yang akan diselenggarakan pada 23-25 September 2022 di kawasan Danau Toba. Serta GT World Challenge Asia pada 21-23 Oktober 2022 dan World Superbike Indonesia Series pada 11-13 November 2022, yang keduanya akan dilaksanakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, di Lombok, NTB," sambung Bamsoet.

Pada event tersebut, Bamsoet turut mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan Grid Walk dan membuka Jakarta e-Prix 2022 (Formula E), serta dalam penyerahan trofi juara Jakarta e-Prix 2022 kepada Mitc Evans dari Jaguar Racing.

Dapat Pujian dari Pembalap

Pembalap Formula E tim Mercedes-EQ Nyck De Vries menganggap balapan Formula E Jakarta, sebagai ajang yang sukses besar.

"Jakarta E-Prix sangat sukses, semua terlihat dari semua orang-orangnya dan para penggemar yang sangat hebat. Sambutan mereka sangat hangat," katanya usai balapan.

Pembalap keturunan Indonesia itu mengaku tidak sabar ingin kembali ke Indonesia di Jakarta E-Prix 2023. Ia ingin memperbaiki kesalahannya usai gagal finis pada sesi balapan.

De Vries dinyatakan keluar dari balapan usai masuk pit di pertengahan balapan. Tim Mercedes-EQ memutuskan De Vries tidak meneruskan lomba hingga garis finis.

Saat ditanya tentang penyebab keluar dari balapan, De Vries mengaku suhu panas di sirkuit Jakarta menjadi salah satu tantangan. Namun menurutnya, kegagalannya merupakan buntut dari mobilnya yang tertabrak salah satu pembalap.

"Di tikungan pertama sepertinya ada yang menabrak ban belakang kiri saya. Sayang sekali, tapi mau bagaimana lagi? Kami sangat semangat kembali (ke Jakarta) tahun depan dan saya sangat ingin balapan di malam hari karena udara akan lebih sejuk," ujarnya.

"Temperatur memang sangat panas, sebelumnya saya yakin akan tampil baik karena cuaca cerah sepanjang hari dan orang-orang nampak terbiasa dengan itu. Sayang sekali tapi mau bagaimana lagi?" lanjutnya.

Menyudahi Formula E Jakarta 2022, pembalap Jaguar TCS Racing Mitch Evans mendapat ganjaran 25 poin berkat finis di urutan pertama. Selain itu pembalap asal Selandia Baru itu juga mendapat tambahan satu poin karena mencatatkan lap tercepat.

Tambahan 26 poin membuat Evans kini mengumpulkan 109 poin. Evans masih berada di peringkat keempat dan hanya berjarak lima poin dari Mortara yang berada di peringkat ketiga.

Sementara pembalap DS Techeetah Jean-Eric Vergne yang finis di peringkat kedua mendapat tambahan 18 poin. Pembalap berpaspor Prancis itu juga berhak atas tiga poin sebagai pemimpin start.(ikh/ptr/pr)

Sumber: Detik.com dan CNN Indonsia