Pilwanag Badunsanak, Rajut Persatuan dan Persaudaraan

oleh -414 klik
Pemilihan Wali Nagari Serentak di 70 dari 79 Nagari se-Kabupaten Limapuluh Kota dilaksanakan, Rabu (25/05/2022). Pilwanag diharapkan berjalan dengan cara badunsanak. JNC
Pemilihan Wali Nagari Serentak di 70 dari 79 Nagari se-Kabupaten Limapuluh Kota dilaksanakan, Rabu (25/05/2022). Pilwanag diharapkan berjalan dengan cara badunsanak. JNC

JERNIHNEWS.COM-Masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota akan melaksanakan pesta demokrasi pada pemerintahan terendah, Rabu (25/05/2022). Agendanya adalah pemilihan wali nagari pada 70 dari 79 nagari yang ada di Limapuluh Kota. Jumlah calon 298 orang, dan 12 di antaranya perempuan. Ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra, S.Si mengimbau agar menghindari perpecahan, rajut persatuan dan persaudaraan.

Persiapan Pilwanag di Nagari Talang Maur, Kecamatan Mungka. IST
Persiapan Pilwanag di Nagari Talang Maur, Kecamatan Mungka. IST

"Pilwanag badunsanak akan terwujud apabila semua pihak yang terlibat langsung mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik," kata Deni Asra, Selasa (24/05/2022) sehari menjelang dilaksanakannya Pilwanag Serentak se-Kabupaten Limapuluh Kota.

Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra, S.Si.
Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra, S.Si.

Deni mengingatkan agar Panitia Pilwanag bersikap independen tanpa adanya intervensi. Berikutnya calon wali nagari diharapkan mengedepankan strategi menjual program yang berorientasi kepada kebutuhan masyarakat.

"Semoga pilwanag kali ini menjadi catatan harum bagi Limapuluh Kota dan bukan menjadi catatan kelam dalam sejarah berdemokrasi di daerah tercinta," sebut Deni.

Saat ini berbagai persiapan untuk pelaksanaan pemungutan suara di nagari-nagari telah dipersiapkan oleh panitia Pilwanag. Anofrianto Dt. Tonang, Plt. Wali Nagari Jopang Manganti mengatakan persiapan TPS di nagari yang dipimpinnya sudah dipersiapkan dengan baik oleh panitia Pilwanag. Di Nagari Jopang Manganti jumlah calon wali nagari sebanyak empat orang.

"Alhamdulillah, persiapan kita sudah matang," kata Dt. Tonang, saat dihubungi jernihnews.com.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Nagari (DPMD/N) Kabupaten Limapuluh Kota, Endra Amzar mengatakan partisipasi masyarakat menggunakan hak pilih menjadi salah satu penentu suksesnya penyelenggaraan Pilwanag.

Sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat, Pemkab Limapuluh Kota menetapkan hari pencoblosan sebagai Hari Libur Kabupaten. Dengan adanya penetapan ini, diharapkan masyarakat dapat meramaikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak memilih karena alasan bekerja.

Penetapan Hari Libur Kabupaten termuat dalam Surat Edaran Bupati Lima Puluh Kota Nomor: 140/699/DPMDN-LK/V/2022 Tentang Hari Libur Kabupaten pada Hari Pemungutan Suara Dalam Tahapan Pemilihan Wali Nagari Serentak di Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2022 yang diterbitkan pada 17 Mei 2022.

Menurut Endra Amzar Pilwanag serentak merupakan momentum penting untuk mendukung pembangunan daerah. "Pilwanag penting untuk memilih Wali Nagari karena pembangunan diarahkan kepada desa sesuai misi ketiga Kepala Daerah yaitu Mendorong Potensi Nagari sebagai Proses Pembangunan Daerah," tuturnya. Ia juga menghimbau masyarakat untuk kembali memastikan apakah sudah terdaftar sebagai pemilih tetap (DPT) sebagai syarat pemilihan nanti.

Pemilihan Wali Nagari Serentak dilaksanakan pada 70 Nagari se-Kabupaten Lima Puluh Kota. Masa kampanye dimulai tanggal 19-21 Mei 2022, masa tenang pada tanggal 22-24 Mei 2022, dan pemilihan pada tanggal 25 Mei 2022. Pendidikan para calon mulai dari tamat SLTP hingga pascasarjana atau S2. (erz)