Desnadefi Gusmal Pimpin Langsung Pembuatan Masker

oleh -360 klik
Hj Desnadefi Gusmal memimpin langsung pembuatan masker oleh TP PKK Kab. Solok, Kamis (09/04/2020). JON
Hj Desnadefi Gusmal memimpin langsung pembuatan masker oleh TP PKK Kab. Solok, Kamis (09/04/2020). JON

JERNIHNEWS. COM - Tak ingin berdiam diri di rumah tanpa hal yang bernilai positif di tengah pandemi virus corona, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Solok Sumbar Hj Desnadefi Gusmal berinisiatif memimpin langsung Pengurus TP PKK daerah penghasil 'bareh tanamo' itu, membuat masker.

Di bawah arahan Hj Desnadefi Gusmal, Pengurus TP PKK Kabupaten Solok bekerja sama dan sama sama bekerja bergotong-royong, membuat dan menjahit masker sendiri dari bahan kain pilihan di Sanggar TP PKK di Arosuka.

Pekerjaan membuat masker tersebut, telah dilakukan sejak seminggu terakhir oleh Hj Desnadefi Gusmal dan Pengurus TP PKK di Sanggar TP PKK Kabupaten Solok di Arosuka nan berhawa sejuk itu.

Bahkan, Hj Desnadefi Gusmal dengan naluri keibuannya, mengajari langsung Pengurus TP PKK Kabupaten Solok, teknik dan cara praktis membuat Masker dengan kualitas hasil yang baik.

"Kita semua cemas, kita semua takut, tapi kita tidak boleh berdiam diri di tengah pandemi virus corona yang terjadi saat ini. Justru kita harus berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat kita salah satunya membuat masker," tutur Hj Desnadefi Gusmal kepada seluruh Pengurus TP PKK Kabupaten Solok di Arosuka, Kamis (9/4).

Isteri tercinta Bupati Solok H Gusmal Dt Rajo Lelo dan Ibunda tersayang dari Yanuar Alatas Gusmal (almarhum) dan Renaldo Gusmal yang kini menjadi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok 2019 - 2024 itu, tak sungkan ikut 'duduak baropok' di atas karpet di Sanggar TP PKK bersama Pengurus TP PKK lainya membuat Masker.

"Masker yang telah siap nantinya akan dibagi-bagikan kepada TP PKK Nagari dan TP PKK Kecamatan beserta keluarganya masing-masing, " kata Hj Desnadefi Gusmal kepada media ini di Arosuka.

Hj Desnadefi Gusmal berharap, setelah ini nantinya TP PKK Kecamatan dan TP PKK Nagari tersebut langsung turun tangan bersama-sama. Menggerakan Pengurus dan Kelompok Dasa Wismanya, untuk ikut pula membuat atau memproduksi masker sendiri, di tengah tengah kelangkaan Masker saat ini.

Hj Desnadefi Gusmal juga berharap, agar masing-masing keluarga di Kabupaten Solok khususnya, bisa pula ikut berperan aktif, berkreasi membuat masker sendiri di lingkungannya masing-masing. Masker tersebut bisa dipergunakan untuk anggota keluarga.

Terkait pembuatan masker itu, bahkan Hj Desnadefi Gusmal pun telah membuat masker dari bahan kain hasil buatannya sendiri di rumah, yang kemudian dipergunakan dan dipakai oleh anggota keluarganya.

Di tengah tengah kesibukanya memimpin Pengurus TP PKK Kabupaten Solok membuat Masker, Hj Desnadefi Gusmal tak lupa mengajak dan mengimbau seluruh warga masyarakat Kabupaten Solok khususnya, untuk bersama-sama bersatu padu melawan virus corona.

Caranya kata Desnanadfi Gusmal, adalah dengan senantisa menjaga pola hidup bersih dan rajin mencuci tangan pakai sabun atau antiseptik hand sanitizer. Mengurangi aktifitas di luar rumah atau lebih memilih di rumah saja atau Stay at Home.

Lalu memakai masker bila memang ada keperluan saat pergi keluar rumah dan mengikuti semua instruksi atau imbauan pemerintah. Utamanya yang berkaitan dengan penanganan dan pencegahan virus corona.

"Karena semua itu dilakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona dan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan masyarakat," katanya. (jon)