Fahmi Idris Saat Jadi Menteri, Mobil Dinasnya Cuma Kijang

oleh -1337 klik
Prof. Dr. Fahmi Idris, SE, M.Si, MH yang wafat Ahad (22/05/2022) di Jakarta. JNC
Prof. Dr. Fahmi Idris, SE, M.Si, MH yang wafat Ahad (22/05/2022) di Jakarta. JNC

JERNIHNEWS.COM- Tokoh Minang menasional, Prof. Dr. H. Fahmi Idris, SE, M.Si, MH telah dipanggil Allah SWT, Ahad (22/05/2022). Dia dikebumikan di TPU Tanah Kusir, Jakarta siang ini. Harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading, dan manusia mati meninggalkan perangai. Ya, sangat banyak perangai dan budi baik yang jadi kenangan dari sosok Fahmi Idris. Hal itu disampaikan mantan Rektor Unand Prof. Dr. Werry Dharta Taifur, MA dan juga Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D.

Prof. Dr. Werry Dharta Taifur, MA, mantan Rektor Unand.
Prof. Dr. Werry Dharta Taifur, MA, mantan Rektor Unand.

Prof. Werry yang kini menjabat Komisaris PT. Semen Padang mengatakan Fahmi Idris adalah orang yang peduli terhadap pembangunan Sumatera Barat. Pembangunan Rumah Sakit Unand tidak lepas dari bantuan beliau. Kontribusi beliau secara nasional sangat besar, selain pejuang Angkatan 66, beliau adalah sosok yang peduli dengan UMKM, memajukan industri dalam negeri, penuh integritas dan ikut berjuang memberantas korupsi.

Prof. Ganefri, Ph.D, Rektor UNP
Prof. Ganefri, Ph.D, Rektor UNP

Dalam bidang akademik, Fahmi Idris terus memacu diri dan terus tekun menimba ilmu, sehingga berhasil mencapai gelar akademik dan jabatan akademik tertinggi dari UNP yang dikukuhkan pada Sabtu 09 April 2022 atau bertepatan dengan bulan Ramadhan 1443 H. "Saya bertemu terakhir pada saat acara pengukuhan beliau sebagai Professor pada bulan Ramadhan tersebut," kata Werry kepada jernihnews.com.

Menurut Werry banyak pribadi dan ketokohan beliau yang harus ditiru oleh pejabat sekarang dan generasi muda Indonesia. Waktu beliau menjadi Menteri Perindustrian, mobil dinasnya sebagai menteri adalah Toyota Kijang Innova. Kalau datang ke Padang tidak pernah minta macam-macam fasilitas seperti banyak terjadi pada pejabat lain.

"Waktu beliau menjadi Ketua Dewan Penyantun Unand banyak sekali yang beliau perbuat, seperti Unand Award dosen, tendik dan mahasiswa berprestasi yang luar biasa. Hal ini dapat memacu kinerja Unand. Banyak lagi hal-hal lain yang menarik dari beliau," kata Werry mengenang sosok perpaduan pengusaha, teknokrat, akedemisi dan politisi sukses itu.

Werry benar-benar merasa ikut kehilangan atas kepergian Fahmi Idris. Begitu menerima kabar duka cita tentang beliau, Werry langsung berangkat ke Jakarta. Namun tentu saja tidak keburu tiba di rumah duka sebelum dimakamkan, karena jenazah Fahmi Idris rencana dimakamkan pukul 13.00 WIB.

Ganefri: Fahmi Idris Sosok Piawai

Rektor UNP turut berlangsungkawa atas kepergian Fahmi Idris menghadap Sang Maha Pencipta. Menurut Ganefri banyak sekali yang bisa dipedomani dari sosok Prof. Dr. H. Fahmi Idris. Kepiawaian beliau sebagai politisi di ranah legislatif, sebagai pengusaha di ranah ekonomi dan sebagai menteri di ranah eksekutif dalam 3 kali jabatan menteri di rentang tahun 1998 sd 2009.

"Selain itu sumbangsih beliau terhadap pembangunan pendidikan dan SDM di Indonesia, khususnya di ranah Minang tak diragukan lagi. Beliau adalah salah satu tokoh nasional yang bisa kita jadikan rujukan dalam membangun dan menjaga NKRI," kata Rektor UNP dua periode itu. (erz)