Ponpes Darul Funun Gelar Wisuda Tahfidz 36 Santri dan Perpisahan

oleh -451 klik
Bupati Limapuluh Kota yang diwakili Asisten Administrasi Umum A. Zuhdi Permana Putra menerima sirih pada acara seremonial Wisuda Tahfizd 36 santri dan perpisahan MTs dan MA Ponpes Darul Funun El Abbasiyah, Padang Jopang, Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (17/05/2022). IST
Bupati Limapuluh Kota yang diwakili Asisten Administrasi Umum A. Zuhdi Permana Putra menerima sirih pada acara seremonial Wisuda Tahfizd 36 santri dan perpisahan MTs dan MA Ponpes Darul Funun El Abbasiyah, Padang Jopang, Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (17/05/2022). IST

JERNIHNEWS.COM- Pondok Pesantren Darul Funun El Abbasiyah, Padang Jopang, Kabupaten Limapuluh Kota mewisuda tahfizd 36 orang santrinya dan juga melaksanakan perpisahan atas santri yang telah lulus, Selasa (17/05/2022). Acara wisuda dan perpisahan itu dihadiri Bupati Limapuluh Kota yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Ahmad Zuhdi Permana Putra.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Darul Funun El Abbasiyah, Perwakilan Kemanag Lima Puluh Kota, Camat Guguak, majelis guru serta wali murid santri Ponpes Darul Funun tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Darul Funun El Abbasiyah, Tan Abdullah A. Afifi mengatakan acara perpisahan tersebut adalah untuk siswa-siswi kelas IX MTs dan kelas XII MA, sedangkan untuk wisuda tahfizh merupakan wisuda untuk 36 orang santri yang telah berhasil menghafal alquran sebanyak 1 juz atau lebih.

"Acara ini telah 2 tahun lamanya tidak terlaksana karena pandemi, dan alhamdulillah kini telah bisa kembali diadakan. Kita berharap semoga dengan kegiatan wisuda ini anak-anak akan lebih bersemangat menghafal alquran, dan untuk anak-anak kelas IX dan XII yang akan berpisah dengan kita, kami mendoakan adinda semua dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya dan jangan melupakan jasa para guru,"ungkapnya.

Ia berharap dengan ilmu yang didapat saat belajar di pondok pesantren tersebut dapat menjadi pondasi yang kokoh untuk para siswa-siswi dalam mengarungi kehidupan dan menjadikan para pelajar tersebut menjadi manusia yang berkarakter.

Di kesempatan itu Ia juga berharap terus bersinergi dengan pemerintah daerah dan pihak lainnya dalam memajukan bidang pendidikan di Limapuluh Kota."Pesantren kita ini merupakan salah satu perguruan tertua di Sumbar, dan untuk itu mari kita terus jaga nama serta sejarah pondok pesantren ini dengan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam perjuangan di bidang pendidikan," tutupnya.

Sementara itu, A. Zuhdi Perama Putra dalam sambutannya mengimbau kepada siswa-siswi kelas XII untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang diinginkan.

Sedangkan, untuk kelas IX Ia berharap dapat melanjutkan pendidikannya di Ponpes Darul Funun. "Sama-sama kita ketahui lembaga pendidikan islam Darul Funun ini merupakan salah satu yang tertua di Sumbar, yang dapat menyatukan ilmu agama dengan ilmu pengetahuan. Mudah-mudahan sejarah pondok pesantren ini terus terjaga dan terus melahirkan tokoh-tokoh yang dapat melanjutkan estafet pembangunan daerah dan bangsa kita kelak," harapnya.

Seterusnya, dia mengatakan sumber daya manusia yang unggul serta berakhlakul kharimah sangat dibutuhkan untuk menjawab tantangan yang semakin berat dan kompleks pada saat ini, dan pembelajaran di pondok pesantren sangat cocok untuk menjawabnya. Selain itu, pembelajaran di pondok pesantren ini sangat berkaitan dan sejalan dengan visi misi yang diusung oleh Bupati dalam membangun daerah saat ini.

"Visi-misi Bupati ialah Menciptakan banyak tahfizh di Lima Puluh Kota dengan meningkatkan kualitas SDM di Lima Puluh Kota dan menciptakan rumah tahfiz di tiap nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota. Jadi kami sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan wisuda tahfizh ini," ujarnya..

Ia berharap nantinya para siswa-siswi di Ponpes Darul Funun El Abbasiyah ini dapat meningkatkan hafalan alqurannya dan dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari. "Saya berharap santri lulusan-lulusan pondok pesantren ini nantinya memiliki kemampuan kuat, pola pikir kuat, fisik kuat, kecerdasan terutama akhlak sehingga mampu menjadi manusia yang utuh dalam menghadapi segala perubahan-perubahan zaman," katanya menandaskan. (pr/r)

Sumber: Kominfo Liko