Pilwanag Serentak di Limapuluh Kota, 25 Mei 2022 Libur Bersama

oleh -684 klik
Surat Edaran Bupati Limapuluh Kota tetang Libur Bersama, Rabu 25 Mei 2022, sehubungan dengan Pemilihan Wali Nagari Serentak di 70 Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota. JNC
Surat Edaran Bupati Limapuluh Kota tetang Libur Bersama, Rabu 25 Mei 2022, sehubungan dengan Pemilihan Wali Nagari Serentak di 70 Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota. JNC

JERNIHNEWS.COM-Pemkab Limapuluh Kota memutuskan libur bersama untuk sekolah, kampus, instansi pemerintah, lembaga dan swasta di daerah ini, pada Rabu 25 Mei 2022, sehubungan dilaksanakannya Pemilihan Wali Nagari (Pilwanag) secara serentak di 70 nagari di wilayah Kabupaten Limapuluh Kota.

Ilson Cong, Ketua Pilwanag Taeh Baruah, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota. IST
Ilson Cong, Ketua Pilwanag Taeh Baruah, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota. IST

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Berkop Bupati Limapuluh Kota No: 140/699/DPMDN/-LK/V/2022 tertanggan 17 Mei 2022 yang ditandatangani Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo.

Surat edaran itu berdasarkan Perbup Limapuluh Kota No. 130 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pemilihan Wali Nagari. Tujuan meliburkan adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada hari pemungutan suara dalam Pilwanag Serentak di Kabupaten Limapuluh Kota.

Jumlah calon wali nagari yang ikut di Pilawanag Serentak Kabupaten Limapuluh Kota sebanyak 298 orang. Saat ini masing-masing calon telah mulai melakukan sosialisasi. Masing-masing calon juga sudah memiliki nomor urut.

Di nagari-nagari sudah tampak spanduk atau baliho para calon. Di media massa, baik cetak dan elektronik, para calon juga telah mulai melakukan sosialisasi. Demikian pula melalui media sosial.

Pilwanag Serentak di Kabupaten Limapuluh Kota tampak bergairah. Apalagi di dilaksanakan menjelang memasuki tahun politik. Momen ini dijadikan membangun kekuatan politik yang riil di kelompok masyarakat terbawah oleh parpol atau pun politisi. Kampanye negatif dan kampanye hitam pun juga bermunculan.

Ilson Cong, Ketua Panitia Pilwanag Taeh Baruah mengatakan pihaknya melakukan berbagai upaya sosialisasi untuk memaksimalkan partisipasi pemilih pada Pilwanag Taeh Baruah yang diikuti oleh lima orang calon. Salah satunya dengan melakukan pawai membawa kelima calon berkeliling nagari. Masuk kampung ke luar kampung, dari satu jorong ke jorong lainnya. Nyaris semua jalan dilalui oleh arak-arakan pawai itu.

"Kami melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan partisipasi pemilih di Pilawanag, Rabu 25 Mei 2022. Target kami minimal 70 persen dari 7.042 pemilih atau sekitar 5.000 orang minimal," kata Ilson Cong yang juga mantan anggota DPRD Provinsi Sumbar dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Dia menyambut baik, libur serentak kebijakan dari Pemkab Limapuluh Kota untuk memaksimalkan partisipasi masyarakat di dalam Pilawanag Serentgak yang berlangsung pada 70 nagari di Kabupaten Limapuluh Kota. Apalagi banyak sekolah yang digunakan untuk TPS Pilwanag. (erz)