Pilwanag Serentak Kab. 50 Kota, Utamakanlah Generasi Muda Berkualitas

oleh -590 klik
Spanduk sosialisasi Pemilihan Wali Nagari Serentak di Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu (25/05/2022) yang dipasang di salah satu nagari di Kabupaten Limapuluh Kota. Sebanyak 70 nagari akan memilih wali nagari secara serentak. ERZ
Spanduk sosialisasi Pemilihan Wali Nagari Serentak di Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu (25/05/2022) yang dipasang di salah satu nagari di Kabupaten Limapuluh Kota. Sebanyak 70 nagari akan memilih wali nagari secara serentak. ERZ

JERNIHNEWS.COM-Sebanyak 70 Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota menyelenggarakan Pemilihan Walinagari Serentak, 25 Mei 2022. Jumlah calon sebanyak 298 orang. Masyarakat diimbau memilih calon yang berkualitas serta memberikan prioritas kepada generasi muda.

Marsanova Andesra, SH, MH, anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota. JNC
Marsanova Andesra, SH, MH, anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota. JNC

Hal tersebut disampaikan anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Marsanova Andesra, SH, MH, pada sela-sela Halal Bihalal DPD PAN Limapuluh Kota yang dilaksanakan, Sabtu (14/05/2022) di kantor parpol itu, Jl. Raya Sumbar-Riau, Tanjungpati.

"Masa jabatan Wali Nagari lebih panjang dari masa jabatan anggota dewan dan juga kepala daerah, yakni enam tahun. Jabatannya juga sangat strategis. Jika masyarakat salah pilih, karena iming-iming materi dan lainnya, maka nagari dan seluruh masyarakat nagari akan rugi. Ingat masa jabatan wali nagari itu enam tahun. Jadi pilihlah yang berkualitas," sebut Marsanova Andesra yang juga Ketua DPD PAN Kabupaten Limapuluh Kota.

Menurut, Andes, begitu anggota legislator tiga periode itu akrab disapa, seorang Wali Nagari mesti bisa menjalankan komunikasi pemerintahan nagari ke masyarakat ke jajaran pemerintahan nagari dan ke jajaran pemerintah di atasnya. Kendati demikian, Andes juga mengimbau agar masyarakat memberikan kesempatan kepada generasi muda menjadi pemimpin di nagari. Ini dalam upaya terbangunnya pengkaderan.

"Kepada yang sudah sepuh, sudah senior, berikanlah kesempatan kepada generasi muda yang berkualitas. Sehingga terjadi regenerasi dan estapet kepemimpinan," ujar Andes.

Politisi berlatar belakang sebagai pengacara ini juga mengungkapkan bahwa juga ada belasan kader dan simpatisan PAN Limapuluh Kota yang ikut dalam Pilwanag Serentak Kabupaten Limapuluh Kota, 25 Mei 2022. Mereka, sebut Andes, telah diwakafkan oleh PAN untuk memimpin nagari. "Semoga mereka terpilih dan sukses memimpin nagari," kata Andes.

Andes juga mengingatkan agar para calon wali nagari yang terpilih nantinya, jangan menjadikan jabatan sebagai wali nagari sebagai batu loncatan menuju Pemilu Serentak 2024, baik untuk jabatan legislatif maupun eksekutif.

"Ini juga perlu diwaspadai masyarakat. Jangan pilih calon wali nagari yang diduga akan menjadikan jabatan wali nagari sebagai batu lontacan untuk menjadi caleg di Pemilu 2024. Karena jelas yang dirugikan adalah masyarakat dan nagari," kata Ketua Fraksi PAN DPRD Kabupaten Limapuluh Kota itu menegaskan.

Lebih lanjut Andes mengatakan, DPD PAN dengan tegas telah menentukan sikap bahwa kader atau simpatisan PAN yang ikut Pilwanag dan terpilih sebagai wali nagari, tidak diperbolehkan lagi menjadi caleg di Pemilu 2024. "Itulah sikap tegas kami PAN. Silakan bagi kader dan simpatisan kami yang terpilih, fokus saja memimpin dan membangun nagari," kata Marsanova Andesra menegaskan.

Pantauan jernihnews.com, sejak sepekan terakhir sudah banyak baliho dan spanduk para calon wali nagari yang dipasang pada lokasi-lokasi strategis di nagari. Sosialisasi juga dilakukan melalui media cetak, media online, media sosial dan lainnya. Kampanye para wali nagari tak kalah hebat dari kampanye pemilu legislatif, pilpres dan pilkada. Ada juga yang melakukan kampanye negatif dan kampanye hitam terhadap calon lainnya.

"Semoga Pilwanag Seretak di 70 Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota berjalan lancar dan sukses," tandas Andes. (erz)