Teknik Pertambangan UNP Terima Hibah Software Micromine

oleh -766 klik
Rektorat Universitas Negeri Padang (UNP). IST
Rektorat Universitas Negeri Padang (UNP). IST

JERNIHNEWS.COM-Jurusan Teknik Petambangan UNP memperoleh hibah Lisensi Software Micromine dari PT. Micromine Indonesia. Micromine merupakan Software yang banyak digunakan oleh perusahaan besar. Tidak mudah mendapatkan lisensi ini. Jika dibeli harga software ini mencapai Rp 17 miliar.

Hibah itu tertuang dalam perjanjian kerjasama/ Working Agreement Jurusan Teknik Bangvunan dengan PT. Micromine Indonesia Perdana, No:3120/UN35.2/KS/2021 dan No: ADM-099/MIP/X/2021.

Kegiatan ini merupakan suatu bentuk komitmen dari micromine dalam membantu menghubungkan universitas dengan perusahaan melalui Skema Lisensi Akademik (ALS) yang juga merupakan bagian dari program CSR perusahaan.

Keberadaan MICROMINE, yang selalu membuat inovasi teknologi pertambangan selama periode lebih dari 33 tahun, memberikan lisensi perangkat lunak ke beberapa universitas, yang ditujukan untuk memungkinkan mahasiswa untuk belajar dan terampil serta terbiasa menggunakan aplikasi perangkat lunak di industri pertambangan.

Dr. Mulya Gusman MT (Kep. Pusat Sertifikasi Kompetensi dan Profesi,LP3M), selaku narahubung dari jurusan Teknik Pertambangan UNP ke PT. Micromine Indonesia, sangat bersyukur dengan diberikan lisensi Software Micromine ke Jurusan Teknik Petambangan UNP.

"Tidak mudah untuk mendapatkan lisensi ini. Software ini kalau kita beli harganya Rp17 miliar, dan sekarang kita bisa dapatkan secara gratis," katanya.

Dr. Fadhilah S.Pd, MS.i, Pimpinan Jurusan Teknik Pertambangan UNP menyatakan jurusan yang dipimpinnya akan selalu meningkatkan kompetensi lulusan. Salah satunya dengan cara terus melakukan kerjasama dengan berbagai stakeholder. Harapannya, lulusan Jurusan Teknik Pertambangan UNP bisa diserap di dunia kerja.

"Micromine merupakan Software yang banyak digunakan oleh perusahaan besar, Alhamdulillah Jurusan Teknik Pertambangan UNP berhasil mendapatkan lisensi secara gratis dari PT. Micromine Indonesia. Ini akan sangat bermanfaat bagi Dosen dan mahasiswa Teknik Pertambangan," ujarnya.

Hali ini semua bisa terjadi juga berkat bantuan dari Forkopindo ( Forum Komunikasi Prodi Tambang Se Indonesia dan Perhapi (Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia). (mly/pr)

Sumber: Humas UNP