Berlomba Mensertifikatkan Tanah Pusako Tinggi, Ini Pesan Ketua KAN Koto Nan Godang

oleh -483 klik
Ketua KAN Koto Nan Godang Dt. Mangkuto Nan Putiah bersama Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Ketua Panitia Pelaksana Yon Alnis serta lainnya dalam acara pengukuhan Pengurus KAN dan Bundo Kandung Nagari Koto Nan Godang dan Halal Bihalal, Selasa (10/05/2022) di Kantor KAN. ERZ
Ketua KAN Koto Nan Godang Dt. Mangkuto Nan Putiah bersama Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Ketua Panitia Pelaksana Yon Alnis serta lainnya dalam acara pengukuhan Pengurus KAN dan Bundo Kandung Nagari Koto Nan Godang dan Halal Bihalal, Selasa (10/05/2022) di Kantor KAN. ERZ

JERNIHNEWS.COM-Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Koto Nan Gadang, Dt. Mangkuto Nan Putiah memberikan beberapa catatan penting, Selasa (10/05/2022) saat menyampaikan kata sambutan di acara pengukuhan pengurus KAN dan Bundo Kanduang Nagari Koto Nan Godang. Di antaranya adalah soal berlomba-lombanya saat ini anak kemenakan mengurus sertikat tanah pusako tinggi.

Menurut Dt. Mangkuto Nan Putiah, jika anak kemenakan akan mensertifikatkan tanah pusako tinggi, janganlah atas nama laki-laki. Karena akan berakibat sangat fatal dan bisa menyebabkan perpecahan di dalam kaum.

Berikutnya, di dalam pengurusan dan pembuatan sertifikat tanah pusako tinggi, jangan pernah meninggalkan niniak mamak. Sebab, begitu terjadi persoalan sehubungan dengan tanah pusoko tinggi yang menjadi tumpuan dan menyelesaikan persoalan adalah niniak mamak.

Selanjutnya, Ketua KAN Dt. Mangkuto Nan Putiah dihadapan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, para niniak mamak, bundo kanduang, alim ulama, cadiak pandai dan pemuda yang hadir juga meminta kepada Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) agar jangan ada menerbitkan blanko-blanko pengurusan sertifikat tanah, tanpa melibatkan niniak mamak.

"Jadi jangan tinggalkan niniak mamak. Tolong libatkan niniak mamak. Karena begitu terjadi persoalan dalam masalah tanah pusako tinggi, tumpuan akhirnya adalah niniak mamak," sebut Ketua KAN Dt. Mangkuto Nan Putiah yang berasal dari Balai Cocang.

Pada kesempatan itu, Ketua KAN juga mengajak para niniak mamak, bundo kanduang, alim ulama, cadiak pandai dan para pemuda serta pemudi untuk bersama-sama membangun Nagari Koto Godang. "Saya sangat yakin tidak ada anak Nagari Koto Godang yang mau merusak nagari. Marilah bersama-sama kita bangun Koto Nan Godang, bekerja sama dan sama-sama bekerja," kata Ketua KAN menegaskan.

Dt. Mangkuto Nan Putiah menyampaikan terima kasih kepada Walikota Payakumbuh Riza Falepi Dt. Rajo Kaampek Suku, Wakil Ketua DPRD Payakumbuh Armen Faindal, Kepala Kantor Kemenag Payakumbuh Ramza Husmen, perantau dan seluruh pihak yang telah memotivasi, mendukung dan membantu terselenggaranya kegiatan Pengukuhan Pengurus KAN dan Bundo Kanduang Nagari Koto Nan Gadang serta halal bihalal.

"Dengan Semangat Kebersamaan Kita Pererat Rasa Badunsanak, Anak Dipangku Kamanakan Dibimbiang, Urang Kampuang Dipatenggangkan, Tenggang Nagari Jan Binaso," sebut Dt. Mangkuto sebagai tagline kegiatan yang tertulis pada spanduk acara. (erz)