Riza Falepi Pamit dan Minta Maaf

oleh -664 klik
Walikota Payakumbuh Riza Falepi di acara Pengukuhan Pengurus KAN dan Bundo Kanduang Nagari Koto Gadang Kota Payakumbuh bersama niniak mamak, bundo kanduang dan tamu undangan, Selasa (10/05/2022). ERZ
Walikota Payakumbuh Riza Falepi di acara Pengukuhan Pengurus KAN dan Bundo Kanduang Nagari Koto Gadang Kota Payakumbuh bersama niniak mamak, bundo kanduang dan tamu undangan, Selasa (10/05/2022). ERZ

JERNIHNEWS.COM-Jabatan Riza Falepi selaku Walikota Payakumbuh tinggal empat bulan lagi. Periode kedua kepemimpinan Riza berakhir 23 September 2022. Sehubungan dengan itu, Riza Falepi pun pamit dan mohon maaf kepada niniak mamak, bundo kanduang, alim ulama, cadiak pandai dan pemuda Nagari Koto Nan Godang, Kota Payakumbuh. Selanjutnya dia kembali ke Bandung atau Jakarta berkumpul dengan istri dan anaknya.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama Ketua KAN Koto Nan Gadang Dt. Mangkuto Nan Putiah dan Ketua Panitia Pengukuhan Yon Alnis serta lainnya. ERZ
Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama Ketua KAN Koto Nan Gadang Dt. Mangkuto Nan Putiah dan Ketua Panitia Pengukuhan Yon Alnis serta lainnya. ERZ

"Jabatan saya selaku Walikota segera akan berakhir. Sebagai anak Nagari Koto Nan Godang yang telah menjabat selama 2 periode atau 10 tahun, saya mohon maaf. Karena sebagai manusia, tentu saya punya banyak kesalahan. Saya dulu mencalonkan menjadi Walikota adalah karena permintaan niniak mamak Koto Nan Godang," kata Riza Falepi saat menghadiri Acara Pengukuhan Pengurus KAN dan Bundo Kanduang Nagari Koto Nan Godang, sekaligus Halal Bihalal Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Selasa (10/05/2022) di Kantor KAN atau Balai Adat Nagari Koto Nan Godang.

Suasana acara pengukuhan KAN dan Bundo Kanduang serta Halal Bihalal. ERZ
Suasana acara pengukuhan KAN dan Bundo Kanduang serta Halal Bihalal. ERZ

Acara yang dilangsungkan dari pagi hingga siang hari ini dihadiri para niniak mamak, bundo kanduang, alim ulama, cadiak pandai, pemuda, para perantau dan tamu undangan lainnya. Turut hadir juga Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Armen Faindal, SH dan juga Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh, Drs. H. Ramza Husmen, M.Pd. Tampak juga pada deretan depan Ketua Ikatan Keluarga Koto Nan Godang (IKK) Jakarta, Joni Hendri, S.Kom, MM.

Riza Falepi mengatakan ketika awal diminta menjadi calon Walikota Payakumbuh oleh niniak mamak, dia masih merasa ragu, apakah dirinya mampu memimpin Kota Payakumbuh bisa lebih maju lagi. Karena dulu ada pameo, cerdiknya anak nagari Koto Nan Godang hanya sampai di Simpang Benteng saja.

Ketua IKK Jakarta yang turut hadir diwawancarai wartawan. ERZ
Ketua IKK Jakarta yang turut hadir diwawancarai wartawan. ERZ

Tapi, Alhamdulillah setelah menjadi walikota, ternyata Riza Falepi yang berasal dari Koto Baru Balai Janggo dan keluarganya bapaknya berasal dari Balai Cacang, dapat memimpin kota yang kini berjulukan City Of Randang ini dengan baik. Pembangunan Kota Payakumbuh maju pesat di bawah kepemimpinan pria yang juga niniak mamak suku kampai bergelar Datuak Rajo Kaampek Suku itu.

Pembangunan tidak saja pesat di wilayah Koto Nan Gadang atau Payakumbuh Utara saja, tapi juga di empat kecamatan lainnya, meliputi Payakumbuh Barat, Payakumbuh Timur, Payakumbuh Selatan dan Lamposi Tigo Nagari. Program-program pembangunan di era Riza tidak sedikit yang menjadi buah bibir. Di antaranya adalah pembangunan di kawasan Batang Agam, fasilitas umum, jalan Sudirman dua jalur, mal pelayanan publik dan banyak lainnya.

"Alhamdulillah, meski diawali dengan rasa keraguan apakah bisa memimpin Payakumbuh dengan baik, ternyata bisa maju pesat. Tentu niniak mamak jo bundo kanduang Nagari Koto Nan Godang turut bangga dengan prestasi yang telah diraih anak Nagari Koto Nan Godang selama memimpin Kota Payakumbuh. Terbukti bahwa cerdik kita tidak saja sampai di Simpang Benteng saja," kata Riza dalam bahasa daerah Koto Nan Godang.

Untuk ke depan, Riza juga berpesan agar dipilih memimpin yang bertanggung jawab. Pemimpin yang menyayangi masyarakatnya. Bukan pemimpin yang membebani daerahnya. "Pilihlah pemimpin yang berpihak kepada masyarakat," kata Riza menegaskan.

Saat menyampaikan kata sambutan itu beberapa kali Riza menyebut nama Joni Hendri, S.Kom, MM, Ketua Ikatan Keluarga Koto Nan Godang (IKK) Jakarta. Joni memang sejak dua tahun belakangan sering disebut-sebut di tengah-tengah masyarakat sebagai sosok pengganti Riza Falepi. Selain itu Riza juga menyebut nama Isnaldi Muhammad Dini, SH, SHI, M.Si, yang sejak 2 bulan belakangan namanya juga digadang-gadang masuk dalam pusaran Pilkada Kota Payakumbuh 2024.

Riza mengajak agar niniak mamak, bundo kanduang, alim ulama, cadiak pandai dan pemuda Nagari Koto Nan Gadang agar bersama-sama membangun nagari. Sejauh ini menurut Riza, semua berjalan di rel yang benar. Kalau pun ada letupan-letupan atau dengan kata lain 'talongsong', dia selaku walikota dan sekaligus sebagai seorang niniak mamak juga turut mengingatkan.

Riza mengucapkan selamat kepada pengurus KAN Koto Nan Gadang yang baru periode 2022-2026. Dia berharap KAN di era kepemimpinan Dt. Mangkuto Nan Putiah dapat lebih maju lagi. Riza Falepi juga mengucapkan selamat kepada pengurus Bundo Kanduang Nagari Koto Nan Gadang yang baru dikukuhkan. (erz)