Pelatihan Kompetisi Sains Nasional 2022 Dipusatkan di SMAN 1 Harau

oleh -455 klik
Kepala SMAN 1 Harau Drs. H. Afrizal. IST
Kepala SMAN 1 Harau Drs. H. Afrizal. IST

JERNIHNEWS.COM-Pelatihan Kompetisi Sains Nasional SMA untuk Kabupaten Lima Puluh Kota dipusatkan di SMA Negeri 1 Harau. Sebelum berlomba siswa SMA akan dilatih oleh alumni Tim Medalis Nasional selama 4 hari ke depan.

Humas MKKS SMA Lima Puluh Kota dan Kepala SMA Negeri 1 Harau Drs. H. Afrizal menjelaskan, pelatihan KSN ini merupakan hal yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Tempat pelatihan berbeda setiap tahun.

"Untuk tahun ini sekolah kita dapat kehormatan sebagai ajang latihan bagi calon siswa yang akan berprestasi dalam ajang KSN nanti," ujar Afrizal bahwa pelatihan ini berlangsung selama 4 hari (10-14 Mei 2022).

Ia menambahkan bahwa peserta pelatihan KSN ini diikuti 16 SMA dalam wilayah Lima Puluh Kota masing-masing sekolah mengutus siswa 1-3 orang tiap bidang mapel yang dilombakan.

Ada 9 mata pelajaran (mapel) yang dilombakan terdiri atas; kimia, fisika, biologi, matematika, ekonomi, geografi, kebumian, komputer, dan astrinomi. Mereka akan dilatih oleh tentor dan alumni berprestasi olimpiade nasional yang telah memperoleh sejumlah medali emas, perak, dan perunggu dalam ajang olimpiade. Peserta akan dibekalai dengan materi dan strategi kompetisi dalam ajang olimoiade daerah, nasional, dan internasional.

"Wawasan peserta makin luas dan materi juga makin kaya. Dalam KSN nanti akan diuji kemahiran dan penguasaan materi peserta. Nanti akan kelihatan siapa juara yang akan memenangkan kompetisi ini," tambah H. Afrizal.

Afrizal menambahkan, kompetisi Sains Nasional atau KSN merupakan sebuah kompetisi Matematika dan Sains yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional di bawah naungan Kemendikbud-Ristek. Lomba KSN tingkat kabupaten secara nasional akan dilaksanakan 24-25 Mei 2022 mendatang secara daring atau online. (risman)