Rektor UNP Tunjuk FE dan FBS Sebagai Pelaksana Zona Integritas

oleh -259 klik
Dekan FBS UNP, Prof. Dr. Ermanto, M.Hum dan Dekan FE UNP, Dr. Idris, M.Si.
Dekan FBS UNP, Prof. Dr. Ermanto, M.Hum dan Dekan FE UNP, Dr. Idris, M.Si.

JERNIHNEWS.COM- Fakultas Ekonomi dan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) ditunjuk oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D melaksanakan program Reformasi Birokrasi dalam bidang Zona Intetegritas tahun 2022 di UNP.

Pada Tahun 2021, UNP telah mempercayakan kepada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) untuk menjadi pilotting pelaksanakaan program ini, dan berhasil mendapat skor 5 besar nasional untuk kategori unit kerja Perguruan Tinggi dalam implementasi program tersebut.

Di samping itu di tingkat universitas, UNP sejak tahun 2016 yang lalu konsisten dan terus menjalankan Reformasi Birokrasi (RB) dan telah berhasil menghasilkan Peta Jalan Reformasi UNP tahun 2017 dan tahun 2021, selanjutnya telah mewudkan ZI di FMIPA dan diperlebar pada FBS dan FE serta telah melakukan program RB pada layanan publik berbasis digital, sejalan dengan perubahan UNP dari PTN BLU menjadi PTN BH.

Zona Integritas dengan capaian menjadi Wilayah Bebas Korupsi/ Wilayah Birokrasi Bersih (ZI WBK/WBBM) dan menjadi program prioritas oleh KemenPAN/ RB yang diterapkan di seluruh lembaga layanan publik, termasuk pada Perguruan Tinggi di bawah jajaran Kemendikbud Ristek. Pada level Zona Integritas di fakultas terdapat enam area seperti manajemen perubahan, tata laksana, manajemen sumber daya manusia, akuntabilitas, pengawasan, dan pelayanan publik.

Dekan FBS UNP Prof. Dr. Ermanto, M.Hum dan Dekan Fakutas Ekonomi Dr. Idris, M.Si, menyatakan telah siap untuk menyelenggarakan program ini karena sejak akhir tahun lalu kedua fakultas tersebut sudah membentuk Tim ZI di fakultas masing-masing. FBs dan FE juga telah mulai bekerja dalam menyiapan berbagai program serta telah diluncurkan oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D, Jumat 12 April 2022 lalu. Untuk Fakultas Ekonomi akan diluncurkan Senin (25/04/2022) oleh Rektor UNP melalui sebuah seremoni acara yang akan digelar di Aula Prof. Kamaluddin Kampus FE UNP Air Tawar Padang.

"Sebelum pencanangan ini, kita juga sudah melakukan beberapa kali kegiatan sosialisasi kepada pimpinan dan sosialisasi kepada tenaga kependidikan untuk menyukseskan program ini," jelas Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum pada halaman Web FBS UNP.

Sementara itu Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Idris, M,Si dalam sebuah kesempatan pad rapat MPU, menyatakan," Fakultas Ekonomi siap menjadi wilayah ZI dan tentunya butuh dukungan dari pihak terkait, khususnya dari Tim RB UNP dan FMIPA. (Er/ pr).

Sumber: Humas UNP