Ketum Pusat Lantik Pengurus APSI Sumbar

oleh -664 klik
Ketua Umum APSI Pusat Agus Sukoco melantik Pengurus APSI (Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia) Provinsi Sumatera Barat di Hotel Truntum Padang, Senin (28/02/2022).RISMAN
Ketua Umum APSI Pusat Agus Sukoco melantik Pengurus APSI (Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia) Provinsi Sumatera Barat di Hotel Truntum Padang, Senin (28/02/2022).RISMAN

JERNIHNEWS.COM- Ketua Umum APSI Pusat Agus Sukoco melantik Pengurus Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Provinsi Sumatera Barat Periode 2021-2026, Senin (28/02/2022) di Hotel Truntum Padang.

Dalam sambutannya Agus Sukoco berharap agar pengawas sekolah mengawal pelaksanaan pendidikan di sekolah. Peran strategis pengawas sekolah dapat meningkatkan motivasi guru dan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas.

Agus Sukoco lebih lanjut mengharapkan pengurus APSI Sumbar yang baru dapat menyusun program strategis dengan skala prioritas untuk meningkatkan kompetensi pengawas sekolah. Sehingga dalam melaksakan tugas dapat berperan sebagai motivator, pembimbing, pembina guru di sekolah binaan.

Agus Sukoco juga memberikan motivasi bagi pengawas sekolah Sumbar untuk aktif menulis karya ilmiah dan diseminarkan. Pengurus APSI Pusat akan memfasilitasi pengawas sekolah untuk seminar pada forum ilmiah pengawas. Sudah banyak pengawas sekolah yang tampil sebagai pemakalah pada Forum Ilmiah yang diadakan APSI Pusat. Forum ini melalui zoom dan webinar utk mempresentasikan makalah tinjauan ilmiah dan makalah best practice pengawas sekolah.

Pengawas sekolah yang sudah berhasil naik pangkat dengan rajin menghasilkan karya ilmiah adalah Muchrizal. Kini beliau sudah golongan IV d dengan pangkat Pengawas Utama Madya. Sebentar lagi dia segera naik pangkat untuk Pengawas Utama, IV e. Muchrizal bertugas sebagai Pengawas SMK Kota Bukittinggi.

Kemudian, Pengwas SD Kota Bukittinggi M. Aswir juga telah berhasil naik pangkat jadi Pengawas Utama Madya, IV d.

Pengawas sekolah SMP Kota Padang yaitu Jupen, pangkat Pengawas Utama Madya, IV d yang sudah lebih dahulu naik pangkat dibanding Muchrizal. Ketiga orang pengawas sekolah ini telah dilantik oleh Sekretaris Daerah masing-masing. Mereka secara sah memperpanjang masa kerja dan akan pensiun pada usia 65 tahun.

Ketua Umum APSI Sumbar terpilih Andri Defioka dalam sambutannya menyatakan kesiapannya melanjutkan program APSI lima tahun ke depan. Ia optimis pengawas sekolah akan mampu menghadapi tantangan dalam melaksanakan tugas. Tantangan yang dihadapi pengawas sekolah adalah pengawas sekolah sebagai agen perubahan, pengawas sekolah sebagai pelatih guru dan kepala sekolah, dan pengawas sekolah sebagai mentor dalam tata kelola sekolah yang mampu mnghadapi perubahan yang sangat cepat.

Andri Defioka menyampaikan kekhawatirannya perihal kekurangan pengawas sekolah di Sumbar. Tiap tahun pengawas sekolah pensiun sementara pengangkatan yang baru tidak ada. Tahun ini akan berkurang lagi 10 persen (72 orang) karena memasuki masa pensiun. Kini anggota APSI Sumbar tercatat berjunlah 727 orang pengawas TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SLB, dan SMK. Idealnya jumlah pengawas ini dua kali lipat dari jumlah sekarang.

Ketua Panitia Pelantikan APSI Sumatera Barat Yuni Cendrikawaty melaporkan kegiatan persiapan pelantikan dan seminar nasional. Acara ini terselenggara atas kerjasama panitia dan kontribusi berbagai pihak.

Hadir dalam kegiatan ini Gubernur Sumatera Barat diwakili Kepala Dinas Pendidikan Suryanto. Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Zulfikri Anas. Baik Agus Sukoco maupun Zulfikri Anas juga didaulat sebagai narasumber dalam seminar nasional setelah pelantikan Pengurus APSI Sumbar. Topik seminara adalah Bedah Kurikulum Merdeka untuk Menyongsong Paradigma Baru dan Peran Pengawas Sekolah/Madrasah.

Rosilawati, Bendahara Umum APSI Pusat juga ikut tampil memotivasi pengawas sekolah untuk mau menghasilkan karya tulis ilmiah untuk kenaikan pangkat. Ia sudah berpengalaman mengikuti bimtek pengawas sekolah baik luring maupun daring melalui webinar yang difasilitasi oleh APSI Pusat.

Personalia Pengurus APSI Sumbar

Susunan Personalia Pengurus Asosiasi Pengawas Sekolah (APSI) Provinsi Sumatera Barat Masa Bakti 2021-2026 hasil musyawarah daerah (Musda) APSI Sumatera Barat Kamis, 30 Desember 2021 terdiri atas Pelindung/Penasihat: (Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Ketua DPRD Sumatera Barat).

Pembina: Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Kepala LPMP Sumbar). Dewan Kehormatan: Prof. Dr. Syufiarma Marsidin, M.Pd, Dr. Syarifuddin,M.Pd, Drs. Alnis Gusra, M.Pd, dan Drs. Afdalman).

Pengurus Harian; sebagai Ketua Umum Drs. Andri Defioka, M.Pd. Dia dibantu 4 orang ketua, yakni Drs. Nofiandri, M.Pd, Kusbiantoro, S.Pd, M.M, Azwar, S.Pd, M.Pd, dan Drs. Saldi Nafri, MA. Sekretaris Umum adalah Asliati, M.Pd. Dia dibantu 2 orang sekretaris Drs.Yunisra, M. Kom, dan Ernia Devita, M.Pd. Bendahara Umum diamanahkan kepada Refnita, M.Pd dan dibantu satu orang bendahara yaitu Dra. Yusneli, M. Pd.

Kepengurusan dilengkapi dengan koordinator wilayah, di antaranya Koordinator Wilayah I : Fourindra Putra, S.Pd, M.Si. dan Zuldafwal, S.Pd. (Kota Padang, Kota Pariaman, Padangpariaman, Pesisir Selatan, dan Kepulauan Mentawai).

Koordinator Wilayah II : Saparuddin, S. Pd, M.Pd dan Mulya Hendri, M.Pd(Wilayah Kota Bukittinggi, Agam, Pasaman, dan Pasaman Barat). Koordinator Wilayah III: Syafryal, S.Pd dan Drs. Junaidi, MM (Wilayah Kota Sawahlunto, Sijunjung, Dharmasraya, Kota Solok, Solok Selatan, dan Solok).

Koordinator Wilayah IV: Desem Sumat Jawatri, S. Pd dan Merizon Neldi, S. Pd (Wilayah Kota Payakumbuh, Kota Padangpanjang, Tanah Datar, dan Lima Puluh Kota).

Kepengurusan APSI juga dilengkapi dengan Biro dan Bidang, terdiri dari Biro Organisasi (dibantu 4 bidang dan sejumlah 16 personalia), Biro Pemberdayaan dan Peningkatan Profesionalisme Pengawas Sekolah/Madrasah (dibantu 6 bidang sejumlah 24 personalia).

Biro Peningkatan Kesejahteraan Pengawas Sekolah/Madrasah (dibantu 4 bidang sejumlah 16 personalia), Biro Hubungan Masyarakat (dibantu 2 bidang yaitu Hubungan Kerjasama Regional dan Penerbitan Media Cetak dan Jurnal Ilmiah sejumlah 8 personalia).

Dalam waktu dekat pengurus APSI Sumatera Barat terpilih segera melaksanakan rapat kerja utk penyusunan program kerja jangka panjang, menengah, dan jangka pendek. (risman)