STAIDA Payakumbuh Mulai Kuliah Tatap Muka Penuh

oleh -592 klik
Pemasangan merek baru STAIDA Payakumbuh di gerbang kampus itu, Kamis (17/02/2022). ERZ
Pemasangan merek baru STAIDA Payakumbuh di gerbang kampus itu, Kamis (17/02/2022). ERZ

JERNIHNEWS.COM-Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Quran (STAIDA) Payakumbuh, Ahmad Deski, MA mengatakan kampus yang dipimpinnya akan kembali memulai kuliah tatap muka secara penuh, Senin (21/02/2022). Momen tersebut bertepatan dengan hari pertama kuliah semester genap tahun akademik 2021-2022.

Ketua STAIDA Payakumbuh, Ahmad Deski, MA. ist
Ketua STAIDA Payakumbuh, Ahmad Deski, MA. ist

"Tadi kita sudah selesai menyelenggarakan rapat untuk persiapan perkuliahan semester genap. Insyaallah mulai Senin mulai kuliah tatap muka penuh," kata Ahmad Deski kepada jernihnews.com di Kampus STAIDA Payakumbuh, Jl. Khatib Sulaiman, Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kamis (17/02/2022).

Selama empat semester atau dua tahun proses perkuliahan dilaksanakan secara daring, yakni mulai Maret 2020 atau pertengahan semester genap tahun akademik 2019/2020. "Karena perkuliahan tatap muka akan dilaksanakan secara penuh, maka perlu persiapan, makanya kita laksanakan rapat khusus tentang hal itu," sebut Ahmad Deski yang juga didampingi Dr. (c) Efizal, Wakil Ketua 2 STAIDA dan M. Rizki, MA, Wakil Ketua 3 STAIDA.

Selain perkuliahan, seluruh aktifitas lainnya juga akan dilakukan secara tatap muka di kampus, contohnya seminar skripsi dan juga konsultasi skripsi mahasiswa serta lainnya. "Seminar-seminar juga kita laksanakan secara tatap muka di kampus," ujar Ahmad Deski sembari menyinggung kabar terakhir tentang perkembangan pandemi Covid-19 di mana Kota Payakumbuh kini berada di level 2.

Ditambahkan Ahmad Deski, kegiatan perkuliahan daring yang dilaksanakan selama empat semester sebagaimana arahan dari pemerintah, tidak optimal pencapaiannya sebagaimana halnya perkuliahan tatap muka. Dosen dan mahasiswa menemukan berbagai kendala dalam proses perkuliahan daring, sehingga hasilnya tentu tidak optimal. "Karena itulah maka mulai semeter genap tahun ini kita memulai kembali perkuliahan tatap muka," lanjut Ahmad Deski.

STAIDA Kota Payakumbuh kini memiliki 270 mahasiswa yang aktif. Tahun Akademik 2021/2022 terdapat penambahan mahasiswa baru sebanyak 60 orang. Di kampus ini terdapat 2 program studi, yakni S1 Pendidikan Bahasa Arab dan S1 Ilmu Al-quran Tafsir.(erz)