Ponpes Modern Al Kautsar Menuju Perpustakaan Digital

oleh -428 klik
Pimpinan Ponpes Modern Al Kautsar, Dafri Harweli dalam pertemuan dengan jajaran IAIN Batusangkar, Rabu (26/01/2022). IST
Pimpinan Ponpes Modern Al Kautsar, Dafri Harweli dalam pertemuan dengan jajaran IAIN Batusangkar, Rabu (26/01/2022). IST

JERNIHNEWS.COM-Semenjak melakukan kerja sama dengan IAIN Batusangkar Bulan Oktober tahun 2021 terkait pengembangan bahan pustaka, Perpustakaan Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Al Kautsar Sarilamak Harau, di bawah binaan tim ilmu perpustakaan IAIN Batusangkar, semakin menunjukan kemajuan. Kini Perpustakaan Ponpes Al Kautsar siap menuju Perpustakaan Digital.

Kerjasama ini jelas terasa manfaatnya terutama untuk dunia pendidikan dan meningkatkan literasi di Pondok Pesantren Modern Al kautsar. Inilah tujuan kerja sama yang dilakukan duo lembaga pendidikan ini. Pondok Pesantren Modern Al Kautsar mendapat pembinaan dari IAIN Batusangkar, khususnya dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Jurusan Ilmu perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) .

Pada Rabu (26/01/2022), kegiatan pengembangan bahan Perpustakaan untuk Ponpes Modern Al kautsar berakhir. Kegiatan penutupan dihadiri oleh Dekan Fakultas Ushulluddin Adab dan Dakwah, Dr. Akhyar Hanif, Wakil Dekan III, Dr. Alimin, serta KetuaTim Rika jufriaziamanita, dan Muhammad Fadhli.

Pimpinan Ponpes Modern Al Kautsar, Dafri Harweli, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga besar IAIN Batusangkar terutama pada Fakultas Ushulluddin Adab dan Dakwah, jurusan IPIIPI

"Pembinaan dari IAIN Batusangkar melalui Fakultas Ushulluddin Adab dan Dakwah Jurusan IPII merupakan suatu anugerah yang patut disyukuri oleh pesantren kami. Ilmu Pengembangan bahan perpustakaan yang telah diserap oleh pelaku perpustakaan di sini merupakan upaya untuk memajukan dunia pendidikan dan literasi," ungkap Dafri.

"Perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan seyogyanya harus mampu memenuhi kebutuhan ilmu para anggotanya. Keinginan kami untuk menjadikan Pondok Pesantren Modern Al Kautsar sebagai pesantren yang mumpuni perpustakaannya, semakin terwujud dengan adanya bantuan dari IAIN Batusangkar," papar Dafri

Rika jufriaziamanita, Ketua Tim Pengembangan Bahan Perpustakaan menyampaikan hasil dari kegiatan pembinaan. Ia menyebut, perpustakaan Ponpes Modern Al Kautsar akan menuju perpustakaan berbasis digital.

"Saat ini pesantren sudah menggunakan Slims9 bulian, pada awalnya memakai Slims7 cendana. Hal ini didukung dengan tersedianya koleksi yang memadai, memiliki sarana dan prasarana, program kerja, dan mengadakan lomba-lomba. Semoga perpustakaan Ponpes Modern Al Kautsar semakin maju perpustakaanya," tutup Rika.(Nauri/Nina)

Sumber: Kanwil Kemenag Sumbar