Wako Riza Inspektur Upacara HAB Kemenag RI ke-76 Tingkat Payakumbuh

oleh -332 klik
Upacara Bendera Peringatan Hari Amat Bhakti (HAB) Kemenag RI ke-76 Tingkat Kota Payakumbuh, Senin (03/01/2022) di Lapangan Sari Bulan dengan Inspektur Upacara Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, ST, MT. IST
Upacara Bendera Peringatan Hari Amat Bhakti (HAB) Kemenag RI ke-76 Tingkat Kota Payakumbuh, Senin (03/01/2022) di Lapangan Sari Bulan dengan Inspektur Upacara Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, ST, MT. IST

JERNIHNEWS.COM-Jajaran Kantor Kemenag RI Kota Payakumbuh menyambut Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag RI ke-76 Tahun 2022 dengan suka cita. Peringatan tersebut ditandai dengan puncak acara, berupa Upacara Bendera dengan Inspektur Upacara Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, ST, MT, Senin (03/01/2022) di Lapangan Sari Bulan, Kota Payakumbuh.

Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, ST, MT dan Kakan Kemenag Kota Payakumbuh Drs. H. Ramza Husmen, M.Pd beserta Forkopimda Payakumbuh. IST
Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, ST, MT dan Kakan Kemenag Kota Payakumbuh Drs. H. Ramza Husmen, M.Pd beserta Forkopimda Payakumbuh. IST

Ribuan jajaran keluarga besar Kantor Kemenag Kota Payakumbuh yang terdiri dari pegawai Kantor Kemenag Kota Payakumbuh guru dan siswa madrasah serta lainnya mengikuti upacara dengan khidmat.

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara Walikota Riza Falepi menyampaikan sambutan resmi dari Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Pada 03 Januari 2022 Keluarga Besar Kemenag RI memperingati Hari Amal Bhakti ke-76 Kemenag dengan penuh rasa syukur dan suka cita. Sebab, sejak dibentuk tanggal 03 Januari 1946 hingga hari ini, Kemenag terus tumbuh dan berkembajg menjadi salah satu instansi pemerintah yang memiliki peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua. Pada setiap HAB 3 Januari selalu dicanangkan kick off pelaksanaan program kegiatan Kemenag.

Kemenag RI hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, menjaga Pancasila, konstitusi, dan NKRI untuk tetap dalam jalurnya.

Beberapa indeks pencaiapan umat beragama kini juga mengalami kenaikan. Indeks kesalehan umat beragama naik dari 82,52 di tahun 2020, naik menjadi 83,92 di tahun 2021. Indeks kerukunan umat beragama juga naik dari 67,46 tahun 2020, naik menjadi 72,39 di tahun 2021. Berikutnya indeks kepuasan layanan KUA meningkat pula dari 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 di tahun 2021.

Dalam peringatan HAB tahun 2022, Presiden RI juga memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 PNS/ASN Kemenag dari 79 satun yang telah mengabdi tanpa mengalami cacat hukum. Untuk yang bekerja 30 tahun diberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 509 orang, yang telah bekerja 20 tahun sebanyak 2.802 orang dan yang telah bekerja 10 tahun sebanyak 5.999 orang.

Di usia yang ke-76, Kemenag harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan dan secara bersamaan perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kemenag yang lebih baik. Jadikan agama sebagai inspirasi dan penggerak kreatifitas. Jadikan pula lima budaya kerja Kemenag yakni Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas.

Sebelumnya, Kakan Kemenag Kota Payakumbuh Drs. H. Ramza Husmen, M.Pd kepada jernihnews. com mengatakan Kantor Kemenag Kota Payakumbuh melaksanakan 23 rangkaian kegiatan dalam peringatan HAB Kemenag RI ke-76 Tahun 2022. Kegiatan itu, yakni MTQ tingkat MI, MTs dan MA. Berikutnya Mifzil 1 juz tingkat MI dan MTs (non tilawah), Mifzil 5 juz (non tilawah), MFQ (MTs dan MA), MSQ (MTs dan MA), Tilawah RA, Menggambar RA, Sepak Takraw Antar Siswa, Volly Ball Antar Siswa, Lomba Merangkai Buah dan Sayur dan K5M (MI, MTs, dan MA).

Selanjutnya Lomba Pidato, Sepakbola Segitiga, Sepak Takraw Antar Satker, Bulu Tangkis Antar Satker, Tenis Meja Antar Satker, Bhakti Sosial, Anjang Sana, Upacara Bendera, Lomba Karya Tulis Kemasjidan, Resepsi atau Tasyakuran dan mengikuti lomba tingkat Provinsi Sumbar.

"Puncak acara Peringatan HAB ke-76 adalah Upacara Bendera yang dilaksanakan di Lapangan Sari Bulan yang berada di depan Kantor Kemenag Payakumbuh. Yang menjadi pembina upacara Walikota Payakumbuh Pak Riza Falepi," kata Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh, Drs. H. Ramza Husmen. (erz)