Tempati Gedung Baru, Perpustakaan Umum Daerah 50 Kota Berbenah

oleh -617 klik
Gedung Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Limapuluh Kota yang baru di Jl. Prof. Dr. Azis Haily, MA, Komplek Kantor Bupati di Sarilamak. ERZ
Gedung Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Limapuluh Kota yang baru di Jl. Prof. Dr. Azis Haily, MA, Komplek Kantor Bupati di Sarilamak. ERZ

JERNIHNEWS.COM-Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Limapuluh Kota, Radimas, M.Pd sungguh bahagia. Di penghujung tahun 2021 ini pula dia benar-benar bersyukur. Perjuangan beratnya agar Kabupaten Limapuluh Kota memiliki Gedung Perpustakaan Umum Daerah yang representatif dan megah terwujud. Kini, Radimas bersama jajaran di dinasnya tengah berbenah di gedung baru.

Kadis Pustaka dan Arsip Kabupaten Limapuluh Kota, Radimas, M.Pd dengan buku-buku yang sedang dibenahi. ERZ
Kadis Pustaka dan Arsip Kabupaten Limapuluh Kota, Radimas, M.Pd dengan buku-buku yang sedang dibenahi. ERZ

Ya, gedung baru Perpustakaan Umum Daerah Limapuluh Kota telah diresmikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando, MM, pada Senin (13/12/2021) lalu. Peresmian kantor senilai Rp8,8 miliar yang dibiayai dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN 2021 ini sejalan juga dengan pengukuhan Nevi Zulvia Safaruddin sebagai Bunda Literasi Kabupaten Limapuluh Kota.

Gedung Perpustakaan Umum Daerah Limapuluh Kota yang baru ini beralamat di Jl. Prof. Dr. Aziz Haily, MA, Komplek Perkantoran Pemkab Limapuluh Kota di Sarilamak. Letaknya sangat mentereng. Lenggang di ketinggian 15 meter dari jalan. Berlantai tiga dengan ukuran lantai dasar 18 x 58 meter. Dari lantai tiganya pemandangan lepas ke arah Gunung Sago, Gunung Bungsu dan Gunung Marapi. Benar-benar eksotis viewnya.

Baca Juga

Di Lantai II Gedung Perpustakaan Umum Daerah ini, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Limapuluh Kota berkantor. Selaku kepala dinas, kini Radimas, M.Pd dapat merasakan ruangan yang mantap dan representatif sebagai ruang mengabdi seorang pejabat eselon II. Dibanding dengan suasana kantor lama di kawasan Tanjung Pati, tentu kini Radimas merasa lebih nyaman dan bisa bekerja dengan lebih tenang.

Ditemui pada Selasa (28/12/2021), Kadis Radimas dan staf berserta jajarannya tengah berbenah di kantor baru. Membenahi koleksi buku dan melabeli kembali dengan penomorannya, lalu menyusun ke rak-rak, menjadi tugas mereka saat ini. Tentu saja, harus tampil dengan suasana baru, karena berada di ruangan baru yang lapang, indah dan megah.

Menurut Radimas, ATK dan perabotan gedung baru ini dianggarkan pada DAK APBN 2022. "Alhamdulillah di Tahun 2022 kita kembali mendapat DAK untuk ATK dan perabotan. Juga ada pengadaan AC. Sungguh luar biasa. Sangat jarang ada yang memperoleh anggaran DAK berturut-turut. Tentu berkat dari perjuangan dan kegigihan juga, sama halnya dengan perjuangan dan kegigihan di dalam memperoleh anggaran untuk membangun gedung pustaka kita ini," kata Radimas, sembari membeberkan risalah perjuangannya ke pusat di Jakarta.

Ke depan direncanakan berbagai program di gedung baru ini oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Limapuluh Kota. "Ke depan juga bisa juga diselenggarakan bimtek atau diskusi bekerja sama dengan berbagai pihak atau pun OPD lain. Karena kita di gedung baru memiliki fasilitas yang cukup lengkap," kata Radimas, sumringah. Dia berterima kasih kepada Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo yang memberikan perhatian besar atas kebedaraan Gedung Perpustakaan Umum Kabupaten Limapuluh Kota. (erz)