Siswa MAN Kab. 50 Kota Juara 2 Lomba Menulis Esai

oleh -256 klik
Putri Sakinaturrohmah, Siswa MAN Kabupaten Limapuluh Kota yang Juara 2 dalam menulis lomba esai. IST
Putri Sakinaturrohmah, Siswa MAN Kabupaten Limapuluh Kota yang Juara 2 dalam menulis lomba esai. IST

JERNIHNEWS.COM-Putri Sakinaturrohmah, siswa MAN Limapuluh Kota meraih juara 2 dalam lomba Menulis Esai Tingkat SMA dan Perguruan Tinggi se-Indonesia yang diumumkan pada, Minggu (19/12/2021).

Di bawah bimbingan Ernawati guru Bahasa Indonesianya Putri berhasil menulis Esai dengan tema semua berawal dari sejarah. Lomba diselenggarakan oleh panitia Alek (Ajang Literasi Kompetisi) Kota Payakumbuh, Pustaka-2, dan Ikatan Guru Indonesia dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Payakumbuh ke-51.

Esai yang berjudul "Kota Payakumbuh Surganya Kuliner", mampu mengalahkan esai dari beberapa peserta lainnya termasuk dari kalangan mahasiswa. Putri tidak menyangka menjadi juara katanya sebab waktu mengerjakannya hanya sehari semalam. "Syukur ada ibu Erna turut serta membimbing," kata gadis bermudhawarah itu.

Ernawati merasa senang atas capaian prestasi Putri di sela kesibukkannya belajar ia masih bersemangat untuk mengikuti lomba menulis esai walaupun dengan waktu yang sangat pendek. "Semangat yang jarang dimiliki oleh siswa lainnya," ujar perempuan yang murah senyum itu.

Kepala Madrasah, menyampaikan rasa bangga dan berterima kasih atas prestasi yang sudah diraih kepada Putri dan pembimbingnya. Harapannya kedepan semoga dapat menginspirasi teman lainnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Lomba Penulisan Esai, Delvia Andrini menyampaikan bahwa lomba ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Payakumbuh ke-51.

Lindawati selaku sekretaris lomba menyampaikan bahwa kegiatan lomba penulisan esai ini menilai semua naskah yang masuk ke panitia, selain menilai konten dan gaya penyampaian gagasan dalam esai, juri juga mempertimbangkan nilai orisinil atau kemiripan dari esai tersebut.

Kesesuaian dengan tema, penulisan, kerapian, Bahasa Indonesia sesuai PUEBI, kejelasan dalam mengungkapkan ide, argumentasi, alur berpikir, dan kemampuan berbahasa Indonesia.

Berikut pemenang Lomba Esai Nasional dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Payakumbuh ke-51. Pemenang 1 adalah Tegar Riyadi dari Universitas Andalas; Pemenang 2 adalah Putri Sakinaturrohmah dari MAN Lima Puluh Kota. Pemenang 3 adalah Abdul Jamil Al Rasyid dari Universitas Andalas juga. Pembimbing bersyukur sekali atas prestasi yang diraih Putri begitu juga dengan majelis guru lainnya.

"Allhamdulillah meskipun masih siswa madrasah sudah mampu bersaing dengan mahasiswa," ujar Kepala Madrasah. (Ernawati)

Sumber: Kemenag Sumbar