'RJ' Sekolah Terbesar di Payakumbuh Gelar Jalan Sehat

oleh -349 klik
Jalan Sehat para peserta didik TK, SD, SMP dan SMA Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Raudhatul Jannah, Kota Payakumbuh, Kamis (23/12/2021) pagi. ERZ
Jalan Sehat para peserta didik TK, SD, SMP dan SMA Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Raudhatul Jannah, Kota Payakumbuh, Kamis (23/12/2021) pagi. ERZ

JERNIHNEWS.COM-Turut memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Payakumbuh ke-51, seluruh peserta didik sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Raudhatul Jannah (YPI RJ) Kota Payakumbuh melaksanakan Jalan Sehat, Kamis (23/12/2021) pagi. Kegiatan ini diikuti lebih dari 2.000 orang peserta didik, mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA.

Titik start mulai dari depan Kantor Cabang Bank BRI Payakumbuh (Jl. Sudirman) -- Tugu Adipura -- Jl. Ahmad Yani -- Labuah Basilang -- Jl. Rosuna Said dan Finish di GOR M. Yamin, Kubu Gadang. Start dimulai pukul 07.30 WIB dan sampai di GOR M. Yamin sekitar pukul 08.30 WIB. Jarak tempuh lebih kurang 2,5 km.

Para guru dan satpam sekolah terlihat sibuk mengatur para pelajar. Demikian pula polisi dari Polres Payakumbuh juga mengatur lalulintas di persimpangan jalan. Sebuah mobil patroli berada pada bagian terdepan rombongan. Ketua YPI RJ, Ihsan Fadhilla, ST juga mengiringi para pelajar dengan ikut berjalan kaki.

Saking banyaknya peserta didik YPI RJ, barisan terdepan sudah berada di Labuah Basilang, sedangkan barisan paling belakang masih berada di Simpang Tugu Adipura. Lebih satu kilometer panjang barisan jalan sehat ini.

Ketua YPI RJ, Ihsan Fadhillah, ST bersyukur di usia yang ke-32, sekolah YPI RJ masih terus mendapat kepercayaan dari masyarakat Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota serta sekitarnya di dalam mendidik anak-anaknya guna mempersiapkan generasi unggul di masa datang.

"Syukur alhamdulillah. Sekarang jumlah peserta didik kita lebih kurang 2.100 orang. Mulai dari TK, SD, SMP dan SMA," kata Ihsan Fadillah yang dijumpai saat berjalan mengiringi rombongan jalan sehat sekolah YPI RJ.

Setiba di Komplek GOR M. Yamin, semua peserta didik YPI RJ dikumpulkan di Lapangan Basket Indoor. Di sini diselenggarakan penampilan bakat dan juga pembagian doorprize untuk peserta didik, para guru dan lainnya. Acara tuntas sekitar pukul 11.00 WIB.

Sekolah YPI RJ mulai berdiri tahun 1989. YPI RJ dilahirkan oleh jamaah Masjid Baitussalam yang dimotori oleh Remaja Islam Masjid Baitussalam. Ketua YPI RJ yang pertama adalah H. Thamrin Manan, SH. Langkah YPI RJ di dunia pendidikan dimulai dengan membuka TK RJ sebanyak 2 lokal. Bangunan yang digunakan adalah Gedung Taman Pendidikan Alquran (TPA) Masjid Baitussalam yang terdiri dari 3 ruang kelas, 1 ruang kantor dan toilet. Hingga sekarang bangunan tersebut masih tetap dipakai oleh TK YPI RJ.

Di bawah kepemimpinan beliau sekolah YPI RJ mengalami kemajuan pesat. Thamrin Manan menjadi ketua selama 20 tahun. Beliau memang fokus, sungguh-sungguh dan ikhlas di dalam membangun dan memajukan YPI RJ. Thamrin tidak saja mendedikasikan perhatian, waktu, pikiran, tapi juga mewakafkan harta dan kekayaannya. Dengan jaringannya yang sangat luas, Thamrin yang dikenal sebagai sosok yang dekat dengan Moh. Natsir, juga sukses meraih kepercayaan dari kaum muslimin yang dulu menyekolahkan anak-anaknya di sekolah non muslim di kota ini dengan memasukkan anak mereka di sekolah YPI RJ.

Setelah itu, Thamrin digantikan oleh Ultra, S.Pd yang memang sudah dikader untuk menggantikannya. Di masa kepemimpinan Ultra, sekolah YPI RJ juga terus mengalami kemajuan. Sekolah YPI RJ berada di tiga lokasi. TK dan SD berada di Koto Baru Balai Janggo, SMP di Labuah Baru dan SMA di Kaniang Bukik. Thamrin Manan meninggal pada 16 Juli 2011 di usia 77 tahun. Almarhum meninggalkan dua orang anak dari perkawinannya dengan Hj. Harlaini Thamrin.

Setelah memimpin YPI RJ selama 10 tahun, Ultra, S.Pd digantikan oleh Ihsan Fadhillah, ST. Fadhillah yang lulusan ITB itu adalah adik kandung dari Riza Falepi, ST, MT, Walikota Payakumbuh dua periode yang hingga kini masih menjabat. Di tengah banyaknya muncul sekolah-sekolah islam terpadu dengan konsep pengelolaan baru, sekolah YPI RJ masih tetap memperoleh kepercayaan dari Umat Islam Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh sekitarnya. Meski menawarkan konsep pendidikan berkemajuan, namun biaya pendidikan tetap terjangkau oleh masyarakat. Prestasi lokal, daerah, regional, nasional dan internasional masih tetap rutin diraih oleh peserta didik dan juga guru RJ. (erz)