Wako Payakumbuh Perlu Sikapi Jalan Tol Padang-Pekanbaru

oleh -307 klik
Maryadi, SE, Ketua Ikatan Keluarga Warga Payakumbuh dan Limapuluh Kota (Ikwarpaliko) Kabupaten Dharmasraya. IST
Maryadi, SE, Ketua Ikatan Keluarga Warga Payakumbuh dan Limapuluh Kota (Ikwarpaliko) Kabupaten Dharmasraya. IST

JERNIHNEWS.COM- Perantau Kota Payakumbuh di Kabupaten Dharmasraya memberikan masukan kepada Walikota Payakumbuh sehubungan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Payakumbuh ke-51 Tahun 2021. Payakumbuh menurutnya mesti menyikapi proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru yang sedang berjalan pembangunannya. Kota Randang mesti tetap menjadi kota persinggahan yang penting , ketika jalan tol sudah selesai dibangun dan dioperasikan.

Masukan tersebut disampaikan Maryadi, SE, Ketua Ikatan Keluarga Warga Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota di Kabupaten Dharmasraya. "Yang pertama keluarga besar Ikwarpaliko Kabupaten Dharmasraya mengucapkan selamat HUT Kota Payakumbuh yang ke-51," kata Maryadi kepada Jernihnews.com.

Menurut Maryadi, kemajuan Kota Payakumbuh cukup pesat. Dan yang tidak tertandingi untuk Kota Payakumbuh adalah kulinernya yang bervariasi dan rasanya yang khas. Lalu yang perlu disikapi apabila jalan tol ada, bagaimana menarik orang untuk keluar dari tol pergi makan di kota Payakumbuh. "Intinya jangan sampai jalan tol membuat sengsara para pedagang kuliner Payakumbuh," sebut Maryadi, yang juga alumni SMAN 2 Payakumbuh.

Kota Payakumbuh memiliki posisi yang sangat strategis. Berada pada jalur lintas Sumbar dan Riau. Daerah yang berpenduduk 141. 171 jiwa ini (BPS 2021) bersuhu sedang, dan memiliki daerah dengan kontur datar dan perbukitan yang rendah. Daerah ini tidak rentan bencana. Pengairannya cukup untuk pertanian dan masyarakatnya terbuka.

Kota Payakumbuh selain sebagai pusat perdagangan bagi warga kotanya juga menjadi pusat ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota dan juga sebagian masyarakat Tanah Datar. Pertumbuhan ekonominya selalu berada level tertinggi di Sumatera Barat. Sejak 19 tahun belakangan Kota Payakumbuh mendapat pemimpin yang visioner, sehingga kota ini lebih maju dari daerah lainnya di Sumatera Barat. Pada tahun 2002 hingga 2012 Kota Payakumbuh dipimpin oleh Walikota Joserizal Zain. Selanjutnya dari tahun 2012 hingga 2022 Payakumbuh dipimpin oleh Walikota Riza Falepi. (erz)