Wali Kota Payakumbuh ke Depan Mesti Berani dengan Kebijakan Tak Populis

oleh -611 klik
Saiful Badri, SH, Ketua Gonjonglimo Kota Batam. IST
Saiful Badri, SH, Ketua Gonjonglimo Kota Batam. IST

JERNIHNEWS.COM- Walikota Riza Falepi tidak sampai setahun lagi memimpin Kota Payakumbuh. Ini adalah tahun terakhir Riza. Ke depan dibutuhkan sosok walikota yang berani membuat kebijakan yang dapat membawa kota randang lebih maju lagi, meskipun kibijakan itu tidak populis.

Pesan tersebut disampaikan Ketua Gonjong Limo Kota Kota Batam, Saiful Badri, SH sekaitan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Payakumbuh ke-51 yang diperingati 17 Desember 2021. Pemimpin organisasi perantau Kota Payakumbuh dan Kabupaten di Kota Batam tersebut juga menyampaikan kesan dan pesan lainnya atas perkembangan Kota Payakumbuh.

Pemimpin Kota Payakumbuh ke depan, sebut Saiful yang juga Ketua SPSI Provinsi Kepri haruslah mampu merangkul, kebijakan-kebijakannya betul-betul berorientasi kepada kesejahteraan masyarakat.

"Bukan berorientasi politik semata, namun kuat secara politik baik horizontal ataupun vertikal," kata Saiful Badri yang dikenal sebagai tokoh senior urang Minang di Kepri yang kritis dan mengayomi.

Di usia Kota Payakumbuh yang ke-51, Saiful Badri menilai Kota Payakumbuh sudah maju. Ke depan dia berharap, kota ini lebih maju lagi, lebih berkembang, masyarakat menjadi lebih baik dalam berbagai aspek kehidupan dengan mempertahankan nilai-nilai luhur akar budayanya. Dengan memperhatikan kearifan lokal dan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki. Sinergitas antara berbagai elemen masyarakat dan pemerintah kota bisa memaksimalkan pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin lebih baik.

Sinergitas antara Pemko Payakumbuh dan Pemkab Limapuluh Kota juga perlu terus dibangun dan ditingkatkan. "Karena secara historis dan kehidupan sosial masyarakatnya tidak bisa dipisahkan," sebut Syaiful.

Di Kota Batam terdapat ribuan perantau Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Mereka lintas profesi, seperti pedagang, ASN, TNI/Polri, pengusaha, politisi dan lainnya. Sebelum Saiful Badri, Gonjong Limo Kota Batam dipimpin oleh H. Elvis Davisco, pengusaha konveksi sukses asal Koto Nan Gadang, Payakumbuh Utara. Perantau Payakumbuh selain di Jakarta, yang terbanyak ada di Kota Batam. (erz)