UNP Wisuda 1.848 Lulusan

oleh -434 klik
Penyerahan data alumni baru oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D kepada Ketua Umum ILUNI UNP Drs. H. Ali Mukhni. IST
Penyerahan data alumni baru oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D kepada Ketua Umum ILUNI UNP Drs. H. Ali Mukhni. IST

JERNIHNEWS.COM-Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan Wisuda ke-125 secara Luring dan Daring, Selasa dan Rabu (14 -15 Desember 2021). Sebanyak 1.848 lulusan diploma dan sarjana dari 10 Fakultas dan Pascasarjana yang diwisuda.

Kegiatan dikemas dalam bentuk rapat senat akademik terbuka, yang hanya dihadiri pimpinan UNP, dan anggota senat akademik, perwakilan alumni dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Ada yang istimewa pada wisuda kali ini, karena terkait dengan momentum transisi UNP dari PTN BLU ke PTN BH, setelah keluarnya PP No.114 Tahun 2021 tentang PTN BH Universitas Negeri Padang tertanggal 25 November 2021. Selain itu juga dihadiri oleh Senat Akademik Universitas (SAU) yang baru dilantik sebagai bagian dari SOTK PTN BH.

Dalam wisuda periode ini, juga diisi oleh Orasi ilmiah dari sejumlah tokoh nasional, yakni pada wisuda hari pertama Tatang Muttaqin, M.Ed, Ph.D, Direktur Pendidikan Tinggi, dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kementerian BPN/ Bappenas. Hari kedua berorasi Prof. Dr. H. Muhammad Nasir (Menristekdikti periode 2014 - 2019) yang juga saat ini sebagai Staf Khusus Wapres Republik Indonesia.

Rektor UNP Prof. Ganefri Ph,D akan menyampaikan Pidato Wisuda berjudul "Perguruan Tinggi Sebagai Agen Keterbukaan Informasi Publik". Hal itu menurut Rektor berkaitan dengan hasil yang diraih oleh UNP, setelah dua kali Komisi Informasi Indonesia, menganugerahi UNP sebagai Perguruan Tinggi paling Informatif tahun 2019, sehingga waktu itu UNP, merupakan Perguruan Tinggi pertama di luar Jawa yang mendapat penghargaan tersebut.

Pada tahun 2021 ini, UNP kembali menjadi perguruan tinggi informatif, malah berada di posisi kedua, setelah Universitas Airlangga Surabaya. Prestasi lain juga diraih oleh Humas UNP tahun 2019 yakni No. 2 pengelolaan website PTN BLU, dan No.3 pengelolaan media sosial tahun 2020.

Hal ini juga didukung oleh hasil yang dicapai oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNP, sebagai Zona Integritas dan Wilayah Bebas Korupsi dan berada pada posisi ke-5 Nasional dari 66 unit Kerja/ Fakultas yang dinominasikan oleh Kemendikbudristek pada tahun 2021 ini. (*)

Sumber: Humas UNP