KATO Art Lab Gelar Festival Literasi Bersama Ratusan Anak

oleh -462 klik
Kegiatan KATO Art Lab, Padang Bonai, Sungai Talang, Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota. IST
Kegiatan KATO Art Lab, Padang Bonai, Sungai Talang, Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota. IST

JERNIHNEWS.COM-Sebuah iven literasi yang istimewa dengan melibatkan ratusan anak-anak dalam rentang usia 8-14 tahun dilaksanakan KATO Art Lab di Padang Bonai, Sungai Talang, Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kegiatan bertajuk Workshop Studi Profesi Aktual ini dilangsung secara maraton mulai Jumat (03/12/2021), Minggu (05/12/2021) dan puncaknya pada Rabu (15/12/2021)

Romi Armon penggagas kegiatan ini mengatakan pada Jumat (03/12/2021) telah dilaksanakan kegiatan awal. Para calon warga Kota KATO dikenalkan terkait dengan beragam profesi pekerjaan yang dijelaskan langsung oleh pakarnya. Semua calon warga kota Kato sangat antusias mengikuti materi yang dipaparkan.

"Pada tahap ini juga telah terpilih calon-calon walikota yang akan memimpin Kota KATO. Selanjutnya para calon pemimpin Kota KATO itu akan melaksanakan kampanye pada Minggu (05/12/2021)," kata Romi Armon dalam rilis yang dikirimkan ke redaksi jernihnews.com.

Cuplikan Permainan

Romi Armon memaparkan, di dalam lokasi permainan (kota), anak-anak akan bermain peran layaknya orang dewasa dengan segala aktifitas dan profesinya. Mereka bebas untuk memilih dan mengalami langsung bagaimana orang dewasa beraktifitas sesuai dengan profesinya. Seperti petugas imigrasi, polisi, pegawai kantor Pos, guru, dokter, dokter gigi, seniman, pegawai restoran, pegawai toko, Relawan bencana, pegawai bank, sampai imam masjid dan lainnya.

Selama acara anak-anak yang menjadi warga Kota KATO juga boleh berganti peran dan mencoba profesi yang berbeda setelah menyelesaikan pekerjaan sebelumnya (sekitar20 menit) dan mereka berhak mendapatkan gaji dari hasil bekerja tersebut.

Untuk bertransaksi, sebagai alat pembayaran yang sah, dalam kota tersebut hanya berlaku satu mata uang mata uang KATO, dengan pecahan 1, 5, 10, 20, 50 dan 100 Piah Kato. Selama uangnya cukup, warga kota boleh membeli barang dan makanan apa saja yang tersedia di dalam kota tersebut. Seperti makan dan minum di restoran, membeli buku di toko buku, beli sepatu, baju, dan tas di toko pakaian, dan sebagainya.

Syarat Menjadi Warga Kota KATO

Apa syarat untuk bisa ikut bergabung menjadi warga Kota KATO? Calon warga wajib membawa buku bacaan (baru/bekas)minimal 2 buah buku. Buku tersebut akan dinilai dan dihargai. Petugas imigrasi akan menuliskan cek seharga buku tsb dan akan memberikan tanda pengenal. Maka resmilah orang itu menjadi warga Kota KATO.

Selembar cek yang bernilai itu bisa dicairkan di Bank KATO. Dan Setelahnya mereka bebas bertransaksi sesuai dengan aturan undang-undang Kota KATO.

"Pokoknya seru dan menyenangkan," sebut Romi Armon. (r)