Wisuda ke-75, Rektor Beberkan ITP Menang Hibah Rp 3 Miliar

oleh -321 klik
Wisuda ITP Ke-75, Sabtu (27/11/2021) di The ZHM The Premier Hotel, Padang. DOK/ITP
Wisuda ITP Ke-75, Sabtu (27/11/2021) di The ZHM The Premier Hotel, Padang. DOK/ITP

JERNIHNEWS.COM-Institut Teknologi Padang (ITP) mewisuda 266 lulusannya pada wisuda yang ke-75, Sabtu (27/11/2021) di Ballroom The ZHM The Premier Hotel, Padang. Pada kesempatan tersebut Rektor ITP Dr. Ir. Hendri Nofrianto, MT juga mengekspos kesuksesan kampus yang dipimpinnya memperoleh dana hibah Rp3 miliar lebih dari pemerintah.

Yang diwisuda kali ini dari Program Studi Ahli Madya (D3), sebanyak 44 orang, dan Program Sarjana (S1) sebanyak 222 orang. Terdapat 3 wisudawan terbaik yang disebutkan namanya oleh Rektor ITP.

Mereka yang lulus dengan predikat "Dengan Pujian" adalah Doni Agusman, dari Program Diploma Tiga Teknik Sipil, Fakultas Vokasi, dengan IPK 3,91. Lulusan termuda pada Fakultas Teknik adalah Salsabila Febrinda dari Program Sarjana Teknik Informatika, dengan Indek Prestasi Kumulatif 3,82. Kemudian, lulusan termuda pada Fakultas Vokasi adalah Randu Apriza Dirni dari Program Vokasi Teknologi Listriks, dengan Indek Prestasi Kumulatif 3,61.

"Kami atas nama pimpinan serta seluruh civitas akademika Institut Teknologi Padang mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan atas keberhasilan saudara menyelesaikan studi," kata Rektor.

Pada kesempatan yang sama, Rektor juga menyampaikan prestasi ITP yang berhasil mendapatkan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), Program Bantuan Program Studi Menjadi Model Center Of Excellence Merdeka Belajar Kampus Merdeka (CoE MBKM), dan menjadi salah satu perguruan tinggi pendamping SMK Pusat Keunggulan (SMK -- PK).

ITP pada tahun ini menerima hibah PKKM sebesar Rp 2,3 miliar, Rp 160 juta dari hibah CoE, Rp50 juta dari hibah SMK-PK dan bantuan alat senilai Rp 500 juta pada hibah P3TP. Yang jika ditotal mencapai lebih dari Rp 3 miliar.

"Alhamdulillah ITP satu-satunya perguruan tinggi swasta di Sumatera Barat yang mendapatkan Hibah PKKM, dan ini telah sama-sama kita rasakan manfaatnya antara lain program magang mahasiswa di perusahaan yang ada di Indonesia, workshop metoda pembelajaran khusunya model pembelajaran PjBL dan Case Study yang secara nyata mengajak dosen dan mahasiswa untuk lebih interaktif dengan pelaksanaan pembelajaran berpusat pada mahasiswa," ungkap Rektor.

Hal senada juga diutarakan Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang (YPTP), Drs. H. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd

"Melihat perkembangan prestasi akademik lulusan setiap periode wisuda terdapat, peningkatan yang signifikan, baik segi IPK dengan predikat "Sangat Memuaskan" dan "Dengan Pujian" semakin meningkat, demikian pula masa studi mahasiswa yang bisa menamatkan "Tepat Waktu" semakin meningkat," kata Zulfa dalam sambutannya.

Menurutnya, hal ini terjadi karena didukung kualitas proses pembelajaran, proses pelayanan akademik serta kelengkapan sarana dan prasarana pembelajaran; dan yang tidak kalah pentingnya adalah semakin baiknya kualitas dosen.

Di samping itu, pemberian beasiswa yang semakin meningkat dari berbagai sumber juga sangat mempengaruhi meningkatnya kualitas dan kuantitas prestasi akademik mahasiswa serta percepatan masa studi.

Pada tahun akademik 2020/2021 jumlah penerima beasiswa sebanyak 544 orang dari 2.142 orang mahasiswa (25,59 %) yang berasal dari Bidik Misi/KIP 278 mhs, Beasiswa Yayasan Pendidikan Teknologi Padang 120 mahasiswa, BAZNAS melalui Bazda Kota Padang 55 mahasiswa, Beasiswa PPA 41 mahasiswa,dan beasiswa dari Bank Nagari 50 mahasisswa dengan total dana sebesar Rp 2.004.350.000.

Beliau menargetkan untuk tahun akademik yang akan datang, jumlah mahasiswa penerima beasiswa meningkat menjadi 30 % dari jumlah mahasiswa terdaftar.

"Diharapkan sumber beasiswa ini berasal dari Alumni ITP, perusahaan yang berada di bawah naungan YPTP, perusahaan/industri/pemda yang telah menjalin kerjasama dengan ITP ataupun sumber lainnya," imbuhnya.(peb/itp)