Joni Hendri: Payakumbuh Luar Biasa Dipimpin Riza Falepi

oleh -462 klik
Joni Hendri, S.Kom, MM.
Joni Hendri, S.Kom, MM.

JERNIHNEWS.COM-Perantau Kota Payakumbuh di Jakarta, Joni Hendri, S.Kom, MM yang sukses membangun berbagai usaha di ibukota, mengucapkan selamat kepada Walikota Payakumbuh Riza Falepi, sehubungan Payakumbuh meraih Terbaik I di bidang pelayanan investasi tingkat nasional. Penghargaan diserahkan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Bangunan Rumah Gadang WP. Dt. Rajo Mantiko Alam dari pasukuan Simabur di Lingkungan Koto Baru Balai Janggo yang terkena proyek pelabaran jalan, namun diserahkan dengan baik-baik ke Pemko Payakumbuh. IST
Bangunan Rumah Gadang WP. Dt. Rajo Mantiko Alam dari pasukuan Simabur di Lingkungan Koto Baru Balai Janggo yang terkena proyek pelabaran jalan, namun diserahkan dengan baik-baik ke Pemko Payakumbuh. IST

"Kami mengucapkan selamat kepada Bapak Walikota Riza Falepi. Payakumbuh di bawah kepemimpinan beliau jadi luar biasa," kata Joni Hendri, kepada jernihnews.com, Jumat (26/11/2021).

Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Gubernur Sumbar Mahyeldi yang menerima penghargaan di bidang kemudahan layanan investasi tingkat nasional. IST
Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Gubernur Sumbar Mahyeldi yang menerima penghargaan di bidang kemudahan layanan investasi tingkat nasional. IST

Menurut Joni Hendri yang juga Ketua Umum Ikatan Keluarga Koto Nan Gadang (IKK) Jakarta, Riza Falepi tidak saja piawai dalam membangun infrastruktur, tapi juga dalam memberikan layanan perizinan dan investasi. Masyarakat dan pelaku usaha diberikan berbagai kemudahan melalui layanan yang diinovasikan dengan teknologi.

"Jika kita lihat jalan-jalan di Kota Payakumbuh bagus dan mulus. Kita juga dapat lihat berbagai fasilitas yang dibangun untuk kebutuhan masyarakat. Fasilitas kebugaran, olahraga, dan yang luar biasa juga adalah pembangunan di kawasan Batang Agam. Kalau ada salju, rasanya kawasan Batam Agam seperti di Switzerland," kata Alumni SMAN 2 (dulu 3) Payakumbuh.

Joni Hendri juga menyebut kepiawaian Riza Falepi merangkul masyarakat di dalam program pembangunan. Hal itu dimulai dari pembangunan Jl. Sudirman Payakumbuh ke arah Koto Nan Gadang dari satu jalur menjadi dua jalur. Masyarakat dengan senang hati menyerahkan tanahnya saat pelebaran jalan, sehingga Jl. Sudirman bisa terlihat indah, luas dan rapi. Kanan dan kirinya juga dibangun tratoar.

Demikian juga dengan pembangunan drainase dan pelebaran jalan lingkungan. Masyarakat juga memberikan dukungan kepada Pemko Payakumbuh dengan menyerahkan tanahnya. Bahkan sebagian juga merupakan tanah pusako tinggi, seperti halnya di Lingkungan Koto Baru Balai Janggo, Kelurahan Kapalo Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara.

"Itu tanah pusako dan juga bangunan rumah gadang Dt. Rajo Mantiko Alam juga terkena pelebaran jalan. Begitu juga dengan halaman rumah gadang Pak Wali Riza Falepi Dt. Ampek Suku juga terkena. Tapi demi pembangunan, tanah itu diserahkan kepada Pemko," kata Joni Hendri membeberkan.

Ke depan, ujar Joni Hendri, Kota Payakumbuh tentu harus terus maju dan berinovasi sehingga kemajuan tersebut juga seiring dengan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya. "Semoga Payakumbuh ke depan terus semakin maju," kata pria yang namanya telah jadi buah bibir sebagai suksesor Riza Falepi ke depan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kerja keras dan inovasi Pemko Payakumbuh di bawah kepemimpinan Walikota Riza Falepi dalam membangun sistem Mal Pelayanan Publik (MPP) berbuah manis dengan penghargaan Terbaik I Pelayanan Investasi Tingkat Nasional dari Kementerian Investasi dan BKPM. Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo kepada Walikota Riza Falepi, Rabu (24/11/2021) Hotel Ritz Calton, Jakarta.

Kota Payakumbuh mendapat penghargaan peringkat pertama sebagai kota terbaik tingkat nasional dalam Pelayanan Investasi Tahun 2021 atas Penilaian Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha.

Tentu ini menjadi satu kado terindah bagi Kota Payakumbuh yang akan berulang tahun ke-51 pada 17 Desember 2021. Kota Payakumbuh satu-satunya kota kecil sebagai pemuncak pada acara tersebut. Dengan keterbatasan anggaran bukan sesuatu yang tidak mungkin bahwa Kota Payakumbuh mampu bersaing dengan kota besar lainnya di Indonesia. (erz)