Pesan Riza: Carilah Walikota yang Moralitasnya Baik

oleh -375 klik
Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, ST, MT.
Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, ST, MT.

JERNIHNEWS.COM-Masa tugas Walikota Payakumbuh Riza Felepi hanya tinggal 10 bulan lagi. Dia berpesan kepada masyarakat Payakumbuh agar bisa melek dan cerdas dalam memilih pemimpin untuk Kota Payakumbuh ke depannya. Pilih yang amanah jangan yang hanya sekedar menghabiskan anggaran saja.

Sejumlah sosok yang disebut-sebut akan menjadi calon kandidat Walikota Payakumbuh ke depan. JNC
Sejumlah sosok yang disebut-sebut akan menjadi calon kandidat Walikota Payakumbuh ke depan. JNC

"Carilah Walikota nan amanah. Kalau indak beko manandehan sajo karajonyo, lah jaleh pulo kito akan jadi sabana tandeh. Saroman apolah tandehnyo anggaran kito nantik, samantaro nan kini sajo lah babak belur kito dek Covid-19 ko," kata Riza Falepi kepada media usai meresmikan gedung baru kampus UM Sumbar di Kota Payakumbuh, Senin (22/11/2021), bersamaan dengan Milad UM Sumbar ke-66 Tahun 2021.

Apalagi, saat ini kondisi keuangan Pemko Payakumbuh yang harus "mangakeh" atau bekerja keras mencari anggaran, karena saat ini negara dan dunia sedang berjibaku melawan Covid-19.

Riza menyampaikan, setiap lembaga pendidikan saja tentu mencari dosen hebat, harusnya begitupula bila suatu daerah mencari pemimpin, menurut Riza kepala daerah bagi kota ini haruslah orang berintegritas yang tinggi, jangan sampai orang yang moralitasnya rendah. Setiap rupiah harus dipastikan untuk rakyat.

"Ini bisa kita dapatkan bila pemimpin yang hatinya memang untuk mengabdi, yang sudah selesai dengan dirinya, kita harus lihat track recordnya. Kenapa saya mewanti-wanti? Karena ini kewajiban kita semua, memastikan pemimpin Kota Payakumbuh ke depan adalah orang terbaik," kata Riza, sebagaimana dikutip dari Kominfo Payakumbuh.

Menurut Riza, dirinya harus buka suara terkait ini, mencari pemimpin tidak bisa bicara dengan diam-diam, publik harus tahu karena pemimpin yang dipilih inilah yang akan menggunakan duit negara untuk kepentingan masyarakat, bukan duit untuk masuk ke kantongnya.

"Kita harus menjadi kota yang bisa membangun kemakmuran bagi masyarakat, tak melulu mengurus orang miskin saja, sementara itu kerja mengurus orang miskin ini tidak gampang, semuanya akan berkutat pada kawasan kumuh, rumah tidak layak huni, tak punya septic tank, hingga pengangguran," kata Riza.

Di samping itu, kata Riza, kota ini harus siap dengan investasi untuk menjadi pusat perekonomian baru, makmur, dan mampu melayani rakyat.

Sejauh ini sejumlah nama telah mengapung di masyarakat akan menjadi kandidat calon Walikota Payakumbuh yang akan ikut bertarung di Pilkada Serentak 2024. Mereka di antaranya seperti, Erwin Yunaz (Wakil Walikota Payakumbuh), Supardi (Ketua DPRD Provinsi Sumbar), Irsyad Syafar (Wakil Ketua DPRD Sumbar), Joni Hendri (pengusaha/Ketua IKK Jakarta), Almaisyar (pengusaha), YB. Dt. Parmato (anggota DPRD Kota Payakumbuh) dan lainnya. (erz)