Limapuluh Kota Mesti Belajar ke Tanah Datar

oleh -338 klik
H.Irsyad Syafar, Lc, M.Ed
H.Irsyad Syafar, Lc, M.Ed

JERNIHNEWS.COM-Hasil merisaukan yang diperoleh kafilah Kabupaten Limapuluh Kota pada ajang MTQ Sumbar Ke-39 di Kota Padang Panjang memang perlu menjadi perhatian serius bagi Pemkab Limapuluh Kota ke depan. Kenyataan pahit ini mesti menjadi cambuk untuk melakukan pembenahan secara maksimal. Kabupaten Limapuluh Kota bisa berguru kepada Kabupaten Tanah Datar.

"Pertama, tetap kita berikan semangat dan ucapan selamat kpd Kafilah Kabupaten Limapuluh Kota yang sudah selesai mengikuti MTQ. Kedua, hasil yang kurang memuaskan ini tentunya menjadi cambuk untuk berbenah secara maksimal," kata Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar, Lc, M.Ed yang berasal dari Dapil Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh kepada jernihnews.com, Senin (22/11/2021).

Menurut politisi PKS tersebut, Kabupaten Limapuluh Kota patut belajar kepada Pemkab Tanah Datar yang sukses membangun dan mengembangkan pondok-pondok AlQuran. Sehingga Kabupaten Tanah Datar bisa menjadi juara umum di MTQ Sumbar ke-38 di Kota Solok tahun 2019 dan menjadi Juara II pada MTQ Sumbar ke-39 di Kota Padang Panjang Tahun 2021.

"Itu tentu butuh kerja keras dan pembinaan yang berkesinambungan. Pemkab Limapuluh Kota perlu segera menyusun langkah dari sekarang untuk sukses MTQ Provinsi Sumbar berikutnya," ujar Irsyad Syafar.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, capaian kafilah Kabupaten Limapuluh Kota di MTQ Sumbar ke-39 di Kota Panjang sungguh merisaukan. Kabupaten yang dipimpin Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan Wabup Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) ini hanya berada pada posisi terakhir, di atas atas Mentawai.

Pada MTQ ke-38 Tahun 2019 di Kota Solok, Kafilah Kabupaten Limapuluh Kota berada pada posisi 13. Entah kenapa, tahun ini, peringkatnya justru jatuh ke posisi 16, karena ada peringkat kembar di urutan 10 yang dihuni Kota Payakumbuh dan Kota Solok. Berikutnya juga ada peringkat ganda di urutan 16, yakni Kabupaten Solok dan Kabupaten Limapuluh Kota. (erz)