Kelas Inspirasi SMPN 2 Payakumbuh Jadi Row Model

oleh -495 klik
Kelas Inspirasi SMPN 2 Payakumbuh dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dr. Dasril, S.Pd, MM, Kamis (18/11/2021). Kelas Inspirasi ini berkerja sama dengan alumni SMP 2 Payakumbuh yang dulu bernama SMPN 3 Payakumbuh. Nara sumber perdana Pro. Dr. Ir. Yose Rizal, M.Sc, Ph.D guru besar Unand yang merupakan alumni sekolah ini tahun 1971. ERZ
Kelas Inspirasi SMPN 2 Payakumbuh dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dr. Dasril, S.Pd, MM, Kamis (18/11/2021). Kelas Inspirasi ini berkerja sama dengan alumni SMP 2 Payakumbuh yang dulu bernama SMPN 3 Payakumbuh. Nara sumber perdana Pro. Dr. Ir. Yose Rizal, M.Sc, Ph.D guru besar Unand yang merupakan alumni sekolah ini tahun 1971. ERZ

JERNHNEWS.COM-Bersinergi dengan alumni, SMPN 2 Payakumbuh melaksanakan Kelas Inspirasi guna memberikan motivasi dan insprasi kepada para siswanya. Kelas Inspirasi ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dr. Dasril, S.Pd, MM, Kamis (18/11/2021). Sebagai narasumber pertama, Prof. Dr. Ir. Yose Rizal, M.Sc, Ph.D, dosen Unand, alumni tahun 1971.

Para alumni turut hadir dipembukaan Kelas Inspirasi SMPN 2 Payakumbuh. ERZ
Para alumni turut hadir dipembukaan Kelas Inspirasi SMPN 2 Payakumbuh. ERZ

Kelas Inspirasi untuk perdana ini diikuti oleh seluruh siswa SMP 2 Payakumbuh yang berjumlah 874 orang. Kadis Pendidikan Kota Payakumbuh Dr. Dasril mengapresiasi Kelas Inspirasi yang dilaksanakan SMPN 2 Payakumbuh. Terlebih penyelenggaraan Kelas Inpirasi ini merupakan sinergi antara sekolah dan para alumni. Dasril berharap kegiatan Kelas Inpirasi ini ke depan menjadi row model di Kota Payakumbuh.

"Ini adalah ide dan kegiatan yang luar biasa. Ke depan harus menjadi row model dan dikembangkan guna memberi motivasi dan inspirasi kepada para siswa. Pada kesempatan perdana, nara sumbernya juga luar biasa Bapak Prof. Dr. Ir. Yose Rizal, M.Sc, Ph.D. Alumni SMP banyak orang-orang hebat. Termasuk juga Walikota Payakumbuh dua periode Bapak Capt. Joserizal Zain juga alumni SMP 2 Payakumbuh yang dulu bernama SMP 3 Payakumbuh," sebut Kadisdik Dasril, dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan Kelas Inspirasi secara resmi.

"Sekarang tantangan itu untuk anak-anak kami siswa SMPN 2 Payakumbuh. Jadikanlah para alumni --alumni yang telah sukses sebagai contoh. Sebagai inspirasi. Jangan anak-anak kami menjadi pecundang setelah tamat," pungkas Dasril.

Kepala SMPN 2 Payakumbuh Desfiwati, S.Pd, M.Si dalam sambutannya memaparkan prestasi yang telah diraih sekolah yang dipimpinnya sejak dua tahun belakangan. Terselenggaranya kegiatan Kelas Inspirasi berawal dari kerisauan turun drastisnya semangat, disipilin, tata krama, dan motivasi siswa. Barangkali hal itu juga tidak terlepas dari dampak pandemi corona, di mana selama 1,5 tahun siswa belajar daring atau jarak jauh. Dia berterima kasih kepada alunmi yang telah bersinergi sehingga terlaksananya Kelas Inspirasi SMPN 2 Payakumbuh.

Desfiwati menyebut bahwa banyak alumni SMPN 2 Payakumbuh yang sukses yang dapat menjadi contoh bagi para siswa. "Alumni kita banyak jadi orang hebat, orang sukses. Ini membuktikan bahwa sekolah kita bukan sekolah kaleng-kaleng," kata Desfiwati bersemangat.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Komite SMPN 2 Payakumbuh Adrisman Damir, S.Pd yang juga alumni sekolah ini. Berikutnya Ketua Alumni SMPN 2 Payakumbuh Drs. Wal Asri, MM, Zamzawir, Rosmaini, Bujang Wira Atmaja, Yetni M Azmi Chaniago, Yon Erizon dan lainnya.

Dalam pemaparann ya di hadapan para siswa dan hadirin lainnya Prof. Yose Rizal juga mennyampaikan kisahnya dalam menempuh pendidikan mulai dari SD, SMP, SLTA, Unand, hingga menyelesaikan S2 dan S3 di Amerika Serikat. Dia mengatakan pentingnya memiliki kemampuan Bahasa Inggiris. Karena untuk mengakses ilmu pengetahuan dibutuhkan kemampuan berbahasa Inggris. Demikian juga tentang perlu menguasai teknologi digital.

Kesuksesan sebut Prof. Yose Rizal yang merupakan putra Nagari Koto Nan Gadang, memerlukan kerja keras, ketekunan dan keuletan. Karena tidak ada yang datang tiba-tiba, tanpa melalui usaha. "Di zaman sekarang harus berusaha. Karena tidak ada yang diperoleh dengan hanya bim salabim," sebut Guru Besar Fakultas Peternakan Unand tersebut.

Kelas Inspirasi SMPN 2 Payakunbuh rutin dilaksanakan dan telah disusun jadwalnya. Nara sumbernya adalah para alumni. Mantan Deputi Gubernur Bank Indonesi, Dr. Iramady Irdja juga akan menjadi nara sumber dalam Kelas Inspirasi berikutnya.

Siswa SMPN 2 Payakumbuh antusias dengan kegiatan Kelas Inspirasi. Karena materi disampaikan memang hal-hal yang perlu bagi mereka dan mungkin belum mereka dapatkan sebelumnya. Apalagi mereka bisa mendengar langsung kisah lika-liku para alumni hebat yang menjadi nara sumber. Mereka makin bersemangat karena kegiatan Kelas Inspirasi juga diselingi dengan doorprize atau kuis. (erz)