Kejar Target, Payolansek Laksanakan Vaksinasi Door To Door

oleh -249 klik
Pendataan vaksinasi door to door di Kelurahan Payolansek, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kamis (18/11/2021). Ini dilakukan untuk mengejar target capaian vaksinasi. IST
Pendataan vaksinasi door to door di Kelurahan Payolansek, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kamis (18/11/2021). Ini dilakukan untuk mengejar target capaian vaksinasi. IST

JERNIHNEWS.COM- Mengejar capaian vaksinasi Covid-19 dalam membentuk kekebalan kelompok atau Herd Immunity, Kelurahan Payolansek, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh mengefektifkan vaksinasi door to door.

Lurah Payolansek Amiruddin, S.Sos, Kamis (18/11/2021) mengatakan, bahwa vaksinasi door to door menyasar masyarakat yang belum menerima dosis vaksin saat gebyar vaksinasi dan masyarakat yang akan menerima vaksin dosis kedua.

"Sasaran vaksinasi door to door adalah kelompok masyarakat yang memang belum terakses oleh kegiatan vaksinasi selama ini yang digelar di kantor kelurahan. Selain itu, kita juga menerima masyarakat yang ingin mendapatkan dosis kedua," kata Amiruddin saat melayani masyarakat yang akan divaksin bersama vaksinator dari Puskesmas.

Baca Juga

Ia mengatakan, sekarang kesadaran masyarakat Kelurahan Payolansek dan sekitar akan pentingnya vaksin Covid-19 sudah mulai timbul. Bahkan, pihaknya sudah tidak sulit mengajak masyarakat untuk mau divaksin.

"Kesadaran masyarakat sudah mulai timbul, masyarakat sudah peduli dengan pentingnya vaksin untuk menuju herd immunity. Bahkan sudah ada masyarakat yang mendaftar secara online melalui WA," katanya.

Dikatakan, untuk hari ini, Kamis (18/11/2021) vaksinasi door to door Kelurahan Payolansek digelar di rumah Sukri Datuak Rajo Imbang, salah seorang warga RT 2/RW 2 yang peduli akan pentingnya vaksinasi Covid-19. Pihaknya menargetkan sebanyak 50 orang dapat menerima dosis vaksin Covid-19.

"Hari ini target kita 50 orang, namun Alhamdulillah sampai saat ini sudah 111 orang yang mendaftar untuk divaksin," sebutnya, Kamis sore.

Amiruddin berpesan, masyarakat yang belum tervaksin agar secepatnya untuk datang ke titik-titik vaksinasi yang sudah disiapkan. Selain itu, pihaknya juga menerima pendaftaran vaksinasi secara online, baik melalui link vaksin online yang disediakan Pemko Payakumbuh atau melalui Whatsapp kelurahan.

"Syarat vaksin mudah, masyarakat cukup datang dengan membawa KTP atau Kartu Keluarga. Nanti sebelum divaksin, tim vaksinator akan melakukan screening apakah yang bersangkutan bisa menerima vaksin Covid-19 atau tidak. Hari ini, kita menyediakan vaksin pfizer untuk dosis pertama dan Sinovac untuk dosis kedua" katanya.

"Dengan telah divaksin, kita berharap akan segera tercipta herd immunity hingga ekonomi kita kembali stabil," katanya berharap.

Dalam kegiatan vaksinasi door to door di Kelurahan Payolansek itu, hadir juga Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan tokoh masyarakat.(syn)