Dorong Percepatan Vaksinasi, Satgas Covid-19 Payakumbuh Gelar Apel Gabungan

oleh -277 klik
Rapat gabungan Tim Satgas Covid-19 Kota Payakumbuh di Balai Kota yang dilaksanakan usai apel gabungan yang dipimpin Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira, Rabu (17/11/2021). IST
Rapat gabungan Tim Satgas Covid-19 Kota Payakumbuh di Balai Kota yang dilaksanakan usai apel gabungan yang dipimpin Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira, Rabu (17/11/2021). IST

JERNIHNEWS.COM- Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Payakumbuh menggelar apel gabungan, Rabu (17/11/2021) di halaman kantor Balai Kota. Apel yang dipimpin Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawiraini dalam rangka percepatan Vaksinasi Covid-19 di Payakumbuh.

Usai apel, tim Satgas Covid-19 Payakumbuh menggelar rapat koordinasi di Aula Pertemuan Ngalau Indah Lantai lll kantor Balai Kota.

Dalam rapat tersebut, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda, menghimbau agar satgas terus mendukung kegiatan vaksinasi dan memfokuskan konsentrasi ke titik-titik yang telah disepakati bersama.

"Alhamdulillah, hari ini capaian kita sudah lebih 65 persen, dan bisa kita lihat bersama, dalam melakukan percepatan vaksinasi ini kuncinya adalah kebersamaan, kerjasama dan sama-sama bekerja, meskipun ada beberapa yang belum maksimal, untuk itu mulai hari ini sangat kita harapkan ke depan secara bersama-sama pula kita memaksimalkan potensi yang belum maksimal tadi," ucap Sekda Rida.

Ia menjelaskan, bahwa secara global target sudah hampir tercapai, walaupun sebenarnya jika dilihat dari persentase penerima vaksinasi yang ber-KTP Kota Payakumbuh masih rendah, menurut data Disdukcapil, semoga bulan Desember nanti capaian ini sudah terpenuhi. Ia berharap agar Camat, Lurah, Babinsa dan Babinkamtipmas di lapangan semakin padu.

Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira dalam kesempatan itu mengatakan, bahwa dalam rangka percepatan vaksinasi di wilayah Kota Payakumbuh, Satgas Covid-19 terus melakukan inovasi agar pelaksanaannya dapat lebih mudah, lebih cepat dan lebih praktis supaya kekurangan dari target saat ini dapat segera tercapai.

"Untuk mengejar kekurangan capaian ini makanya kita buatkan sebuah terobosan guna memudahkan dan mengurai antrean dengan aplikasi pendaftaran online, sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengisi lembaran kertas pendaftaran serta bisa memilih kapan dia mau vaksin dan di lokasi mana dia ingin vaksin," sebutnya.

Ia mengatakan, masih dalam upaya percepatan, untuk memudahkan kerja tim Satgas di lapangan, pihak Polres Payakumbuh juga telah melakukan kerjasama dengan pihak Telkomsel dan XL terkait pemberitahuan broadcasting pesan singkat (SMS, Red).

"Pesan yang dikirimkan oleh operator seluler itu terdapat informasi jadwal serta lokasi vaksinasi untuk wilayah Payakumbuh. Di mana di dalam pesan singkat tersebut penerima juga bisa mengklik link yang akan mengantarkan penerima kepada link pendaftaran online, vaksinasi.payakumbuhkota.go.id," tuturnya.

Di tempat terpisah, Camat Payakumbuh Barat Ul Fakhri mengatakan, pihaknya akan terus bekerja keras mengejar target vaksinasi. Ia Optimis jelang akhir tahun 2021, target vaksinasi di Kecamatan Payakumbuh Barat terealisasi.

"Dibanding empat kecamatan lainnya, wilayah kita penduduknya paling banyak, namun kita optimis target capaian vaksinasi kita akan tercapai" katanya.

Ia mengatakan, selain aktif menggelar vaksinasi di beberapa titik, pihaknya juga mengefektifkan kegiatan vaksinasi door to door di Kecamatan Payakumbuh Barat.

"Vaksinasi door to door ini sangat efektif, karena masih banyak masyarakat kita tidak bisa datang ke titik vaksin yang kita siapkan" sebutnya.

Sementara itu, Lurah Payolansek Amiruddi, S.Sos, MM, sangat mendukung program pendaftaran vaksinasi online yang dikembangkan Pemko Payakumbuh. Ia menyebut, sebelumnya pihaknya dari Kelurahan Payolansek juga sudah melakukan inovasi pendaftaran vaksin online tersebut.

"Sebenarnya kita kemarin-kemarin juga sudah melakukan pendaftaran online melalui Whatsapp group. Namun, dengan adanya web atau aplikasi pendaftaran dari Pemda sendiri tentu akan lebih maksimal. Kita dari kelurahan sangat mendukung inovasi ini," sebutnya mengakhiri. (syn)