Perjuangkan Monumen Bela Negara Gubernur Sumbar Temui Ketua MPR-RI

oleh -294 klik
Gubernur Sumbar Mahyeldi saat audiensi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Gedung MPR RI, Selasa (16/11/2021). DISKOMINFOTIK SB
Gubernur Sumbar Mahyeldi saat audiensi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Gedung MPR RI, Selasa (16/11/2021). DISKOMINFOTIK SB

JERNIHNEWS.COM-Perjuangkan percepatan pembangunan kawasan Monumen Bela Negara, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi bersama Sekretaris Daerah, Hansastri dan Kepala Kesbangpol, Jefrinal Arifin, serta Kepala Badan Penghubung Provinsi Sumatera Barat, Andre Setiawan melakukan Audensi dengan Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo, Selasa, (16/11/2021) di Jakarta.

Pertemuan yang digelar di ruang rapat Ketua MPR RI ini juga di hadiri oleh beberapa perwakilan dari Lintas Budaya Fundation. Dalam pertemuan ini, Buya Mahyeldi berbincang akrab dengan Ketua MPR-RI, walaupun ini kali pertama kedua sosok ini bertemu langsung.

Pertemuan kali ini memfokuskan pembicaraan tentang pembangunan kawasan Monumen Bela Negara di Koto Tinggi kabupaten Limapuluh Kota, karena monument ini merupakan tonggak sejarah Pemerintahan Darurat Indonesia (PDRI) karena pada saat itu ibu kota Negara Indonesia jatuh ke tangan Belanda pada saat agresi militer Belanda tahun 1948.

Pengerjaan pembangunan Monumen Bela Negara telah dimulai sejak tahun 2012, didahului dengan penyusunan rencana induk hingga seminar nasional, baik di Padang maupun di Jakarta. Selanjutnya pembangunan telah dimulai dengan APBN. Namun sejak 7 tahun belakangan pembangunan terhenti dikarenakan keterbatasan anggaran. Sedangkan anggaran daerah sangat terbatas. Karena diperlukan percepatan pembangunan di kawasan tersebut, maka diminta pemerintah pusat menganggarkan kembali dana pembangunan tersebut.

Buya Mahyeldi berharap dan meminta agar Ketua MPR RI dapat menjembatani kepada pihak-pihak terkait agar proses kelanjutan pembangunan dapat berjalan secepatnya.

"Dengan memperingati Hari Bela Negara ke-73 tahun 2021 ini kita menginginkan adanya perubahan yang signifikan atas pembangunan kawasan Monumen Bela Negara," ujar Buya Mahyeldi setelah pertemuan.

Di samping itu Buya Mahyeldi juga secara resmi mengundang Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo untuk menghadiri Peringatan Hari Bela Negara ke-73 tahun 2021 di Koto Tinggi, Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat.

Bambang Soesatyo selaku ketua MPR RI menyambut baik undangan Gubernur Sumatera Barat dan akan menjadwalkan untuk menghadiri Peringatan Hari Puncak Peringatan Hari Bela Negara ke-73 tahun 2021.

Sedangkan percepatan pembangunan kawasan Monument Bela Negara sesuai dengan Inpres Percepatan Penyelesaian Pembangunan Monumen Bela Negara di Provinsi Sumbar ini, ketua MPR RI akan mencoba melakukan follow Up kepada pihak terkait untuk mempercepat prosesnya.(Ef.Bphb)

Sumber: Diskominfotik Sumbar