Vaksinasi, Lurah Payolansek Amiruddin Optimis Capai Target 70 persen

oleh -195 klik
Pelaksanaan Vaskisnasi Covid-19 di Kelurahan Payolansek, Kota Payakumbuh. IST
Pelaksanaan Vaskisnasi Covid-19 di Kelurahan Payolansek, Kota Payakumbuh. IST

JERNIHNEWS.COM- Untuk mengejar capaian Vaksinasi Covid-19, Pemerintah Kota Payakumbuh gencar lakukan kegiatan vaksinasi di kelurahan-kelurahan. Capaian vaksinasi tersebut guna menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok.

Kelurahan Payolansek, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh sangat mendukung program vaksinasi yang di geliatkan Pemko Payakumbuh. Kelurahan yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 4.552 jiwa ini sudah 4 kali menggelar vaksinasi di kantor kelurahan.

"Insya Allah, kita kelurahan Payolansek optimis mencapai target Vaksinasi Covid-19 70 persen" kata Lurah Payolansek Amiruddin, S.Sos, MM., Selasa (16/11) di Payolansek.

Baca Juga

Ia mengatakan, pada vaksinasi kali ini pihaknya menargetkan 100 orang terima dosis vaksin. Namun, di luar dugaan sampai berita ini di turunkan sudah 102 orang yang sudah menerima dosis vaksin Covid-19 di Payolansek.

"Alhamdulillah, lebih dari target awal kita. Sebenarnya hari ini kita menargetkan 100 orang, namun sekarang saja sudah 102 orang yang tervaksin, padahal masih berjalan" katanya.

Amiruddin berharap, kedepannya tingkat kesadaran masyarakat untuk mau divaksin berubah, karena dengan divaksin akan mampu menciptakan herd immunity.

"Kita apresiasi warga kita yang sudah mau ikut mensukseskan program vaksinasi ini. Mudah-mudahan dengan sudah divaksin lebih dari 70 persen, kita akan kembali menjalani kehidupan normal seperti sebelum pandemi, ekonomi masyarakat kita kembali bergeliat, dan sekolah kembali tatap muka 100 persen" sebutnya.

Ia mengatakan, untuk menarik atau merangsang minat masyarakat ikut vaksinasi Covid-19, pihaknya memberikan bingkisan kepada masyarakat.

"Kita dari kelurahan Payolansek memberikan bingkisan kepada warga yang ikut vaksinasj, yang sumber dananya dari donatur peduli vaksinasi Covid-19," kata Amiruddin.

Dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Selasa (16/11) kelurahan Payolansek dibantu tim vaksinator dari Puskesmas Payolansek sebanyak 7 orang dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

Selain gencar melakukan program pemberian vaksin di kelurahan, pihaknya juga melakukan program vaksinasi door to door. Vaksinasi door to door ini menurutnya sangat meringankan masyarakat dan mengurangi terjadinya kerumunan.

"Untuk vaksinasi door to door ini kita Kelurahan Payolansek sudah menggelar sebanyak dua kali. Kita menurunkan tim untuk bergerilya mencari data warga yang belum divaksin, nah setelah data warga didapatkan tim langsung mengirimkan data warga tersebut ke kelurahan, yang selanjutnya kita input, dan warga tersebut otomatis dapat nomor antrian vaksinasi," katanya.(syn)