Payakumbuh Barat Kejar Target Vaksinasi Covid-19

oleh -177 klik
Camat Payakumbuh Barat, Ul Fakri. FOTO SYAFRILNITA
Camat Payakumbuh Barat, Ul Fakri. FOTO SYAFRILNITA

JERNIHNEWS.COM Guna mengejar capaian target vaksinasi agar Herd Immunity atau kekebalan imun kelompok , Tim Satgas Covid-19 di Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh aktif menjalankan program vaksinasi Covid-19.

Camat Payakumbuh Barat, Ul Fakhri, S.Sos ketika dihubungi di kantronya, Senin (15/11/2021) optimis capaian Vaksinasi Covid-19 di kecamatan yang dipimpinnya bisa terealisasi sesuai target hingga akhir 2021. "Kita siap dan optimis bisa mencapai 70 hingga 80 persen capaian vaksinasi di Payakumbuh Barat. Namun, kita tetap memacu target 100 persen," katanya.

Menurutnya, Kecamatan Payakumbuh Barat memiliki 17 kelurahan, dan merupakan kecamatan dengan kelurahan paling banyak dibanding empat kecamatan lainnya di Kota Payakumbuh. Kecamatan ini juga merupakan kecamatan dengan tingkat mobilitas tinggi dan masyarakatnya heterogen.

"Tingkat mobilitas di Payakumbuh Barat sangat tinggi oleh karena itu kita harus tetap waspada. Untuk vaksinasi Covid-19, kita di Payakumbuh Barat tentu punya sasaran paling banyak juga, lebih kurang 40 persen dari target vaksinasi Kota Payakumbuh datang dari kita," sebut Ul Fakhri.

Dikatakan, saat ini kesadaran masyarakat Kota Payakumbuh, khususnya Payakumbuh Barat untuk menerima dosis vaksin Covid-19 sudah meningkat. Ia berharap, ke depan agar tidak ada lagi masyarakat yang termakan hoax (berita bohong) tentang vaksin Covid-19.

"Program kita jelas, kita menuntut lurah untuk terus berinovasi dalam meningkatkan capaian Vaksinasi di kecamatan Payakumbuh Barat, menggencarkan sosialisasi, mengajak masyarakat untuk tidak percaya dengan berita-berita bohong yang beredar, dan menggerakkan program vaksinasi door to door" sebutnya.

"Vaksin ini aman dan sehat, jadi mari kita vaksin" tambahnya.

Ul Fakhri mengatakan, program vaksinasi door to door sangat efektif untuk menjangkau masyarakat yang belum melakukan vaksinasi Covid-19 karena alasan tertentu. Selain itu, vaksinasi dor to door ini juga bisa menggerakkan niat masyarakat untuk mau di vaksin.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Payakumbuh, Kecamatan Payakumbuh Barat merupakan kecamatan yang paling banyak penduduknya. Berdasarkan data sensus penduduk 2020 yang dikeluarkan BPS, penduduk Payakumbuh Barat berjumlah 54.534 jiwa.(syn)