1 Rumah Ludes Terbakar di Jl. Sudirman Payakumbuh

oleh -816 klik
Rumah keluarga Joni Ismeri yang terbakar di Jl. Sudirman, Lingkungan Koto Baru Balai Janggo, Kelurahan Kapalo Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara, Senin (15/11/2021) pukul 05.30 WIB. ERZ/IST
Rumah keluarga Joni Ismeri yang terbakar di Jl. Sudirman, Lingkungan Koto Baru Balai Janggo, Kelurahan Kapalo Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara, Senin (15/11/2021) pukul 05.30 WIB. ERZ/IST

JERNIHNEWS.COM-Satu unit rumah di Jl. Sudirman, Lingkungan Koto Baru Balai Janggo, Kelurahan Kapalo Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh, Kota Payakumbuh ludes terbakar, Senin (15/11/2021) sekitar pukul 05.30 WIB. Api melahap bangunan itu begitu cepat sehingga tak sampai dalam waktu setengah jam, seluruh rumah ludes terbakar.

Meskipun tidak ada korban jiwa, namun dalam musibah ini 2 orang mengalami luka bakar akibat tertimba reruntuhan material bangunan yang terkabar. Mereka adalah Edison (54 tahun) dan Tendra (22 tahun). Luka bakar terdapat di kepala, pundak dan punggung. Sedangkan Rahmad (10 tahun) selamat.

Rumah milik keluarga Joni Ismeri atau yang dikenal dengan panggilan Jon Dalimo itu saat kebakaran dihuni oleh tiga orang, yakni adiknya Edison dan anaknya Tendra serta cucunya Rahmad. Sedangkan Joni Ismeri saat kejadian tengah berada di Kota Pekanbaru, Riau.

Informasi yang diperoleh Jernihnews.com, dari ketiga penghuni rumah, yang paling mengetahui terjadinya kebakaran adalah Rahmad. Dia membangunkan kakek dan omnya, lalu lari menyelamatkan diri melalui jendela. "Awak kalua dari jendela," kata Rahmad saat ditemui di lokasi kebakaran.

Sedangkan Edison dan Tendra yang terlambat menyelamatkan diri tertimpa reruntuhan material rumah yang terbakar. Kini keduanya mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Adnan WD Payakumbuh.

Sebanyak tiga unit mobil pemadam kebakaran yang diturunkan untuk memadamkan api. Petugas berhasil melokalisir api, sehingga tidak menjalar ke bangunan di sebelahnya. Di sebalah kanan banguna ada rumah gadang. Sedangkan di sebelah kirinya rumah drg. Yandra Ferry, MM.

Lurah Kapalo Koto Dibalai Candra Januardi begitu menerima kabar langsung mendatangi lokasi kebakaran. Menurutnya, api sangat cepat melumat rumah milik Joni Ismeri tersebut. Namun masih untung, api berhasil dilokalisir sehingga tidak merambat ke rumah lain yang ada di sekitarnya. "Saya tadi juga mendatangi korban, Pak Edison dan Tendra di RSUD Adnan WD. Keduanya mengelami luka bakar," sebut Candra.

Beberapa orang petugas kepolisian juga langsung turun ke tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran. Kepolsek Payakumbuh AKP. Eldi Viarso juga mendatangi TKP. Sambil menunjukkan video kobaran api kebaran, AKP Eldi mengatakan kebakaran itu terjadi ketika hari sudah mulai terang. Api begitu cepat membesar. Warga juga banyak yang berdatangan. Garis polisi langsung dipasang di rumah yang sehari-hari juga menjual BBM ketengan tersebut. (erz)