Peringati Hari Pahlawan, Tabur Bunga di TMP Lurah Kincia

oleh -269 klik
Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, Kapolres Lima Puluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso SIK, Sekretaris Daerah Widya Putra bersama Forkopimda dan Kepala OPD menaburkan bunga di TMP Lurah Kincia, Situjuah Batua, Rabu (10/11/2021). KOMINFOTIK LIKO
Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, Kapolres Lima Puluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso SIK, Sekretaris Daerah Widya Putra bersama Forkopimda dan Kepala OPD menaburkan bunga di TMP Lurah Kincia, Situjuah Batua, Rabu (10/11/2021). KOMINFOTIK LIKO

JERNIHNEWS.COM- Memperingati Hari Pahlawan tahun ini dengan tema ''Pahlawanku Inspirasiku" , Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, Kapolres Lima Puluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso SIK, Sekretaris Daerah Widya Putra bersama Forkopimda dan Kepala OPD melaksanakan upacara tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Lurah Kincia, Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari (10/11/2021)

Kegiatan ziarah dan tabur bunga dilaksanakan setelah Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-76 tahun 2021 di Lapangan Upacara kantor Bupati Kabupaten Limapuluh Kota. Bupati Safaruddin mengatakan bahwa peringatan Hari Pahlawan di tahun ini merupakan yang pertama bagi beliau sebagai Bupati, karena sekarang masih di tengah pandemi Covid-19, upacara dilakukan dengan waktu yang lebih singkat, terbatas, dan sederhana.

Tema Hari Pahlawan tahun ini memiliki makna bahwa semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan harus dapat menginspirasi dan menggerakkan seluruh elemen bangsa untuk mengemban misi bersejarah yaitu mengalahkan kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas.

Meskipun peringatan hari pahlawan hanya dilaksanakan dengan ziarah, Bupati Safaruddin berpesan agar harus selalu mengenang jasa para pahlawan yang pada waktu itu telah bersusah payah merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

"Perjuangan para pahlawan patut dijadikan inspirasi bagi generasi penerus. Merupakan suatu kewajiban bagi penerus untuk menjaga kemerdekaan dan melanjutkan pembangunan. Kita hendaknya selalu mengingat sejarah panjang para pejuang dalam merebut kemerdekaan. Paling penting kita bisa melanjutkan pembangunan untuk memberantas kemiskinan dan kebodohan," kata Bupati Safaruddin sebagaimana dilansir dari Kominfotik Liko.

Bupati Safaruddin menegaskan, saat ini berjuang tidak hanya membawa senjata saja. Tetapi perjuangan dilakukan sesuai dengan kemampuan dan kondisi yang ada. Bangsa kita sedang diuji dengan pandemi Covid-19, petugas-petugas yang terlibat langsung berjuang dalam penanganan Covid-19 ini tentunya sudah menjadi pahlawan bagi masyarakat. Kita sebagai warga negara yang baik juga bisa menjadi pahlawan bagi sekitar kita dengan bersama sama bergotong royong supaya mau melaksanakan Vaksinasi agar Pandemi ini dapat diatasi sehingga pembangunan berjalan dengan sebagai mana mestinya," katanya.

Kegiatan tabur bunga ini juga diikuti Camat Situjuah Limo Nagari, Wali Nagari, TNI, Polri, Niniak Mamak, dan sejumlah siswa sekolah di Kecamatan Situjuah Limo Nagari ditutup dengan peletakan karangan bunga sebagai tanda penghargaan atas jasa para pahlawan. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tahunnya.(*)