MTsN 5 Liko Gelar Lokakarya Multi Media Berbasis IT

oleh -195 klik
Kegiatan Lokakarya Multimedia Berbasis IT untuk membuat bahan pengajaran yang dilaksanakan MTsN 5 Kabupaten Limapuluh Kota (7-8 November 2021). IST
Kegiatan Lokakarya Multimedia Berbasis IT untuk membuat bahan pengajaran yang dilaksanakan MTsN 5 Kabupaten Limapuluh Kota (7-8 November 2021). IST

JERNIHNEWS.COM-MTsN 5 Kabupaten Limapuluh Kota melaksanakan Lokakarya Multia Media Berbasis IT dengan para peserta guru dan tenaga kependidikan (tendik) pada 7-8 November 2021. Lokakarya ini bertema "Penguatan Multimedia dalam Pengembangan Pembelajaran Berbasis IT".

Peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan dalam penggunaan IT memang tengah giat dilakukan, terlebih pada masa pandemi proses pembelajaran lebih sering dilakukan secara daring. Begitupun proses pembelajaran yang dilaksanakan di MTsN 5 Lima Puluh Kota.

Lokakarya dibuka Kepala Kantor Kementerian Agama Lima Puluh Kota yang diwakilkan kepada Kepala Madrasah, Muhardi Datuak Manggoga. Dalam pembukaan lokakarya ini, Muhardi menyampaikan bahwa kegiatan lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan mutu profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan dalam penggunaan media berbasis IT. Karena media IT mengalami pengembangan setiap saat.

"Guru harus mampu menyesuaikan media pembelajaran dengan aplikasi-aplikasi terbaru dan terupdate. Semoga dengan adanya kegiatan ini guru mampu menciptakan media pembelajaran yang menarik bagi siswa," katanya sebagaimana dilansir dari portal Kemenag Sumbar.

Pada kesempatan ini dihadirkan narasumber yang membimbing peserta lokakarya dalam menggunakan aplikasi "Lectora", Danar Widya Nugroho, salah satu tenaga pengajar pada SMKN 2 Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Proses penyampaian materi oleh narasumber diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta dengan praktek langsung menggunakan laptop masing-masing. Pada akhir sesi, narasumber memberikan doorprize kepada salah satu peserta yang mempresentasikan hasil kerja menggunakan aplikasi ini.

Kegiatan hari kedua, Senin (08/11/2021) dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, H. Naharudin yang memberikan materi tentang Moderasi Beragama.

"Kerukunan umat beragama bukan hanya mencakup rukun dengan yang seagama saja tapi juga lintas agama dan kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah. Ini tertuang dalam tri kerukunan umat beragama," katanya.

Kehadiran Kakan Kemenag juga sekaligus menutup kegiatan lokakarya yang dilaksanakan.

Dalam penutupan kegiatan lokakarya ini, Muhardi menegaskan, "Setelah adanya kegiatan ini diharapkan semua guru mampu membuat media pembelajaran sesuai yang sudah dipelajari untuk diterapkan pada proses pembelajaran semester genap tahun pelajaran 2021/2022".

Dia berharap semoga penyampaian materi dengan menggunakan media ini, bisa menarik perhatian siswa dan membuat siswa menjadi lebih semangat dalam belajar. (Mauli.D)

EDITOR: erz