Diterpa Hujan Badai, Mimbar Utama MTQ Sumbar Ke-39 Roboh

oleh -681 klik
Mimbar utama MTQ Sumbar ke-39 di Kota Padang Panjang yang sedang dalam pengerjaan roboh diterpa hujan badai, Selasa (26/10/2021) malam. MTQ Tingkat Sumbar itu akan dilangsungkan 12 s/d 19 November 2021. FB-RM
Mimbar utama MTQ Sumbar ke-39 di Kota Padang Panjang yang sedang dalam pengerjaan roboh diterpa hujan badai, Selasa (26/10/2021) malam. MTQ Tingkat Sumbar itu akan dilangsungkan 12 s/d 19 November 2021. FB-RM

JERNIHNEWS.COM-Mimbar utama pelaksanaan Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Sumatera Barat ke-39 di Kota Padang Panjang yang sedang dalam pengerjaan dikabarkan roboh, karena diterpa angin badai dan hujan, Selasa (26/10/2021) malam. MTQ ini akan dilangsungkan 12-19 November 2021, atau 2 pekan lagi.

"Akibat diterpa angin dan diguyur hujan, panggung Mimbar Utama MTQ Nasional Tingkat Provinsi XXXIX di Padang Panjang, roboh Selasa tadi malam (26/10/2021)," tulis Romi Manaseh, salah seorang warga Padang Panjang di halaman FB-nya sembari juga memajang foto mimbar yang roboh.

Menurut Romi, panggung yang masih dalam pengerjaaan di stadion Bancah Laweh itu, rencananya akan digunakan untuk acara pembukaan MTQ yang berlangsung mulai tanggal 12 hingga 19 November 2021.

"Semoga bisa dibuat lebih tahan oleh pemko setempat dan tidak gampang roboh tertiup angin," katanya.

Data BMKG, Selasa (26/10/2021) kecepatan angin 18 km/jkelembapan 100%, titik embun 20 C, jarak pandang 16 km, ketinggian awan 2.000 m.

Sekretaris Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, AP, M.Si, selaku ketua Pelaksana Acara langsung mendatangi lokasi. Sonny mengatakan, kejadian setelah shalat Isya. Penyebabnya, karena hujan lebat disertai angin yang sangat kencang sehingga merobohkan panggung yang sedang dalam pengerjaan. Panggung yang roboh juga menimpa motor sekitar 6 unit.

"Alhamdulillah tidak menimpa orang yang sedang bekerja," kata Sonny Budaya Putra, sebagaima dikutip di lama yang sama.

Ratna Anita Nita salah seorang warga yang menanggapi kejadian itu, mengatakan bahwa Lapangan Banca Laweh sangat rentan terhadap angin kencang. Dia juga mengungkap kejadian yang hampir serupa di lokasi yang sama. Parahnya dulu, menimbulkan korban.

"Butuh perhitungan matang, karena bisa berakibat fatal," sebutnya.

Menurut dia, sebaiknya MTQ dipusatkan di Islamic Center. Selain lokasi yang bagus dan agak luas juga menjadi perhatian bagi tamu-tamu bahwa Padang Panjang punya masjid yang bagus

"Juga menghindari kecelakaan dalam acara mengingat cuaca sangat ektrim. Kita harus antisipasi dari sekarang , agar tidak korban lagi. Hal ini perlu dikaji ulang lagi oleh pemko," katanya. (fb-RM)

EDITOR: erz